25 Pengertian Psikologi Sosial Menurut Para Ahli (Lengkap)

25 Pengertian Psikologi Sosial Menurut Para Ahli (Lengkap) – Psikologi sosial merupakan suatu ilmu yang mempelajari mengenai hubungan manusia dan kelompok yang berpengaruh terhadap tingkah laku manusia.

Untuk pembahasan kali ini kami akan mengulas secara lebih dalam definisi psikologi sosial yang dikemukan oleh beberapa ahli. Untuk lebih detailya silakan simak ulasan dibawah ini dengan seksama.

25 Pengertian Psikologi Sosial Menurut Para Ahli (Lengkap)

Mari kita bahas pengertian psikologi sosial dengan seksama.

Pengertian Psikologi Sosial Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah definisi dari psikologi sosial yang dibahas oleh sahlinya.

1. Secord Dan Backman (1974)

Definisi Psikologi Sosial menurut Secord dan Backman adalah ilmu yang mempelajari individu dalam konteks sosial.

2. Joseph E. Mc. Grath (1965)

Definisi psikologi sosial menurut Joseph E. Mc. Grath adalah ilmu yang menyelidiki tingkah laku manusia sebgaimana dipengaruhi oleh kehadiran, keyakinan, tindakan, dan lambang-lambang dari orang lain.

3. Dewey dan Huber (1916)

Definisi psikologi sosial menurut Dewey dan Huber adalah studi tentang manusia individual, ketika berinteraksi, biasanya secara simbolis dengan lingkungannya, yaitu dengan lambang yang digunakan oleh manusia untuk saling berinteraksi.

4. Brigham (1956)

Definisi psikologi sosial menurut Brigham adalah studi tentang proses interaksi individu manusia.

5. Watson (1966)

Definisi psikologi sosial menurut Watson adalah ilmu tentang interaksi manusia.

6. Boring, Langveld dan Weld (dalam buku Foundations of Phsycholog)

Definisi psikologi sosial menurut Boring, Langveld dan Weld adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari individu manusia dalam kelompoknya dan hubungan antara manusia dengan manusia.

7. Kenneth J. Gergen dan Mary Gergen

Definisi psikologi sosial menurut Kenneth J. Gergen dan Mary Gergen adalah salah satu disiplin ilmu yang merujuk kajian sistematik ke atas hubungan interaksi sesama manusia.

8. Myers (1990)

Definisi psikologi sosial menurut Myers adalah pengetahuan tentang bagaimana orang brpikir, mempengaruhi dan berhubungan dengan orang lain.

9. Krech, Cructhfield, dan Ballachey (1962)

Definisi psikologi sosial menurut Krech, Cructhfield, dan Ballachey adalah ilmu yang mempelajari tentang peristiwa perilamu interpersonal.

10. Mc. David dan Harrari (1968)

Definisi psikologi sosial menurut Mc. David dan Harrari adalah studi ilmiah yang mempelajari tentang pengalaman dan perilaku yang berkaitan dengan individu lain, kelompok dan budaya.

11. Baron dan Byrne (2006)

Definisi psikologi sosial menurut Baron dan Byrne adalah bidang ilmu sosial yang mencari pemahaman tentang asal mula dan penyebab terjadinya pikiran serta perilaku individu dalam situasi-situasi sosial. Dalam definisi ini lebih menekankan pada pentingnya pemahaman terhadap asal mula dan penyebab terjadinya perilaku dan pikiran.

12. Shaw dan Costanzo (1970)

Definisi psikologi sosial menurut Shaw dan Costanzo adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tingkah laku individu sebagai fungsi dari rangsang sosial.

13. Mc Grath

Definisi psikologi sosial menurut Mc.Grath adalah saintifik yang berkenaan dengan tingkah laku.

14. Hartley (1970)

Definisi psikologi sosial menurut Hartley adalah cabang ilmu sosial yang berusaha memahami perilaku individu dalam konteks sosial.

15. Michener dan Declamater (1999)

Definisi psikologi sosial menurut Michener dan Declamater adalah studi ilmiah tentang sebab-sebab dan perilaku manusia

16. Jones dan Gerard (1967)

Definisi psikologi sosial menurut Jones dan Gerard adalah sub disiplin dari ilmy psikologi yang fokus pada studi ilmiah tentang perilaku individu yang berfungsi sebagai perangsang sosial.

17. Taylor, Peplau dan Sears (2009)

Definisi psikologi sosial menurut Taylor, Peplau dan Sears adalah studi ilmiah tentang bagaimana orang berpikir, mempengaruhi, dan berhubungan dengan orang lain.

18. Sherif dan Sherif

Definisi psikologi sosial menurut Sherif dan Sherif adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari pengalaman dan tingkah laku individu manusia yang dalam kaitannya dengan situasi-situasi perangsang sosial. Dalam pengertian ini tingkah laku telah dihubungkan dengan situasi-situasi perangsang sosial.

19. Berhm dan Kassin

Definisi psikologi sosial menurut Berhm dan Kassin adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari cara individu berpikir, merasa dan bertingkah laku dalam setting sosial.

20. A. M. Chorus

Definisi psikologi sosial menurut A.M. Chorus adalah ilmu yang mempelajari tingkah laku manusia sebagai anggota suatu masyarakat.

21. Hubert Bonner

Definisi psikologi sosial menurut Hubert Bonner adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tingkah laku manusia.

22. Sherif dan Musfer (1956)

Definisi psikologi sosial menurut Sherif dan Musfer adalah ilmu yang mempelajari tentang pengalaman dan perilaku individu yang berkaitan dengan situasi stimulis social. Stimulus social diartikan bukanhanya manusia tetapi benda-benda dan hal-hal lain yang diberi makna sosial.

Pengertian Psikologi Sosial Menurut Para Ahli

23. David O Sears (1994)

Definisi psikologi sosial menurut David O Sears adalah sebuah ilmu yang berusaha secara sistematis untuk memahami perilaku sosial yang mengenai bagaimana kita mengamati orang lain dan situasi sosial, bagaimana orang lain berreaksi terhadap kita dan bagaimana kita dipengaruhi oleh situasi social.

24. Gordon Allport (1985)

Definisi psikologi sosial menurut Gordon Allport adalah sebuah ilmu pengetahuan yang berusaha memahami dan menjelaskan bagaimana pikiran, perasaan dan tingkah laku seseorang yang dipengaruhi oleh kehadiran orang lian, baik secara nyata atau actual, dalam bayangan atau imajjinasi, dan dalam kehadiran yang tidak langsung (implied).

25. Wikipedia

Definisi psikologi sosial menurut Wikipedia adalah suatu studi tentang hubungan antara manusia dan kelompok.

Itulah telah dijelaskan tentang 25 Pengertian Psikologi Sosial Menurut Para Ahli (Lengkap), semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah mengunjungi blog kami dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.