27 Pengertian Kewirausahaan Menurut Para Ahli (Lengkap)

27 Pengertian Kewirausahaan Menurut Para Ahli (Lengkap) – Kewirausahaan merupakan sebuah sikap atau kemampuan untuk menjadikan atau membuat suatu yang baru yang bernilai dan bermanfaat untuk diri sendiri dan orang lain. Dalam dunia usaha istilah kewirausahaan sudah tidak asing lagi didengar. Lalu apa sebenarnya pengeritian dari kewirausahaan? Berikut ini kami akan memberikan penjelasan dengan lengkap tentang kewirausahaan yang dikemukakan oleh beberapa ahli, dengan masing-masing pendapatnya. Untuk itu silakan simak ulasan dibawah ini dengan seksama.

27 Pengertian Kewirausahaan Menurut Para Ahli (Lengkap)

Mari kita bahas pengertian kewirausahaan dengan seksama.

Pengertian Kewirausahaan Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah definisi dari kewirausahaan yang dibahas oleh sang ahli.

1. Mas’ud Machfoeds Dan Mahmud Machfoedz

Mas’ud Machfoeds Dan Mahmud Machfoedz mengemukakan pengertian Wirausaha adalah seorang yang mempunyai inovasi untuk mengubah kesempatan menjadi suatu ide yang bisa di jual, mampu, memberikan nilai plus lewat usaha, biaya, waktu dan kecakapan yang bertujuan untuk mendapatkan keuntungan.

2. Arif F. Hadipranata

Arif F. Hadipranata mengemukakan pengertian Wirausaha adalah sosok yang mengambil resiko yang dibutuhkan untuk mengelola dan mengatur segala urusan serta menerima sejumlah keuntungan financial maupun non financial.

3. Kasmir

Kasmir mengemukakan pengertian Wirausaha adalah seorang yang berjiwa pemberani yang berani mengambil resiko untuk membuka sebuah usaha di berbagai kesempatan yang ada.

4. Harvey Leinbenstein

Harvey Leinbenstein mengemukakan pengertian Kewirausahaan adalah mencakup berbagia kegiatan yang diperlukan untuk melaksanakan dan menciptakan perusahaan pada saat dimana pasa belum berbentuk/belum teridentifikasi dengan jelas, atau beberapa komponen fungsi produksinya belum terindentifikasi secara penuh.

5. Frank Knight

Frank Knight mengemukakan pengertian Wirausaha adalah seseorang yang mencoba untuk menyikapi dan memprediksi perubahan pasar. Penjelasan ini menekankan peranan seorang wirausahaan dalam menghadapi ketidakstabilan pada dinamika pasar. Seorang wirausahaan diisyaratkan untuk melakukan seluruh fungsi manajerial mendasar seperti pengawasan dan pengarahan.

6. Geoffrey G. Meredit et al

Geoffrey G. Meredit et al mengemukakan pengertian Wirausaha adalah orang yang memiliki kemampuan melihat dan menilai kesemaptan kesemaptan bisnis mengumpulkan sumber sumber daya yang dibutuhkan guna mengambil keuntungan daripadanya serta mengambil tindakan yang tepat guna memastikan kesuksesan.

7. Soeharto Prawiro

Soeharto Prawiro mengemukakan pengertian Kewirausahaan adalah suatu nilai yang diperlukan untuk memulai suatu usaha (star-up phase) dan perkembangan usaha (venture growth)

8. A. Pekerti

A. Pekerti mengemukakan pengertian Kewirausahaan adalah kemampuan seseorang dalam mendirikan, mengatur, mengembangkan dan melembagakan perusahaan yang dimilikinya.

9. Penrose

Penrose mengemukakan kegiatan kewirausahaan meliputi berbagai peluang yang terindentifikasi didalam suatu sistem ekonomi. Kemampuan atau kapasitas kewirausahaan berbeda dengan kapasitas manajerial

10. Dan Stein dan Jhon F.Burgess

Dan Stein dan Johon F.Burgess mengemukakan pengertian Wirausaha adalah seseorang yang mengorganisasikan, mengelola dan berani mengambil resiko untuk menciptakan sebuah peluang usaha dan usaha baru.

11. J. B Say

J.B Say mengemukakan pengertian Wirausaha adalah pengusaha yang dapat mengelola berbagai sumber daya yang dimiliki secara ekonomis dan meningkatkan produktivitas yang rendah menjadi tinggi.

12. Soeparman Spermahamidjaja

Soeparman Spermahamidjaja mengemukakan pengertian Kewirausahaan adalah suatu kemampuan (ability) dalam berfikir kreatif dan berperilaku inovatif yang dijadikan dasar, sumber daya, tenaga penggerak tujuan, siasat kiat dan proses dalam menghadapi tantangan hidup.

13. S. Wijandi

S.Wijandi mengemukakan pengertian Kewirausahaan adalah suatu sifat keberanian, keutamaan dalam keteladanan dalam mengambil resiko yang bersumber pada kemampuan sendiri.

14. Andrew J Dubrin

Andrew J Dubrin mengemukakan pengertian Wirausaha adalah seseorang yang menjalankan dan mendirikan suatu usaha yang inovatif.

15. Thomas W Zimmerer

Thomas W Zimmerer mengemukakan pengertian Kewirausahaan adalah penerapan keinovasian dan kreativitas untuk pemecahan masalan dan memanfaatkan kesejahteraan diri di lingkungan dan masyarakat

16. Peter F Drucker

Peter F Drucker mengemukakan pengertian Kewirausahaan adalah suatu kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda (ability to create the new an different)

17. Raymond

Raymond mengemukakan pengertian Wirausaha adalah seseorang yang inovatif, kreatif dan mampu mewujudkan kreatifitasnya agar meningkatnya kesejahteraan diri di lingkungan dan masyarakat

18. Robbin Dan Coulter

Robbin dan Coulter mengemukakan pengertian Kewirausahaan adalah suatu proses dimana seseorang maupun suatu kelompok individu menggunakan usaha yang terorganisir dan sarana untuk mencari sebuah peluang dan menciptakan suatu nilai yang tumbuhdengan memenuhi kebutuhan dan keinginan melalui sebuah inovasi dan keunikan, tidak mempedulikan apapun sumber daya yang digunakan pada saat ini.

19. Kathleen

Kathleen mengemukakan pengertian Wirausaha adalah seseorang yang menjalankan, mengatur, dan berani mengambil risiko bagi pekerjaan yang dijalankannya dalam dunia usaha.

20. Achmad Sanusi

Achmad Sanusi mengemukakan pengertian Kewirausahaan adalah suatu nilai yang dibutuhkan untuk memulai sebuah usaha dan perkembangan usaha

21. Joseph Schumpeter

Joseph Scumpeter mengemukakan pengertian Wirausaha adalah seseorang yang mendapat peluang dan menciptakan suatu organisasi untuk mengejar sebuah peluang tersebut.

22. Richard Cantillon

Richard Cantillon mengemukakan pengertian Kewirausahaan adalah pekerjaan itu sendiri (wirausaha). Seorang pengusaha membeli barang pada saat ini pada harga tertentu dan menjualnya pada masa yang akan datang dengan harga tidak menentu. Jadi definisi ini lebih menekankan terhadap bagaimana seseorang berisiko atau ketidakpastian.

23. Jean Baptista Say

Jean Baptista Say mengemukakan pengertian Wirausaha adalah agen yang menggabungkan berbagai alat produksi dan menemukan nilai produk.

24. Raymond W.Y Kao

Raymond W.Y Kao mengemukakan pengertian Wirausaha adalah orang yang mampu menciptakan dan merancang suatu gagasan menjadi realita.

Pengertian Kewirausahaan Menurut Para Ahli

25. Syamsudin Suryana

Syamsudin Suryana mengemukakan pengertian Wirausaha adalah seseorang yang memiliki karakteristik percaya diri, berorientasi pada tugas dan hasil, pengambil resiko yang wajar, kepemimpinan yang lugas, kreatif menghasilkan inovasi, serta berorientasi pada masa depan.

26. Prawirokusumo

Prawirokusumo mengemukakan pengertian Wirausaha adalah mereka yang melakukan upaya-upaya kreatif dan inovatif dengan jalan mengembangkan ide dan meramu sumber daya untuk menemukan peluang dan perbaikan hidup.

27. Keputusan Menteri Koperasi Dan Pembinaan Pengusaha Kecil No. 961/KEP/M/XI/1995

Keputusan Menteri Koperasi Dan Pembinaan Pengusaha Kecil No. 961/KEP/M/XI/1995 mengemukakan:

  • Wirausaha adalah orang yang mempunyai semangat, sikap, perilaku dan kemampuan kewirausahaan
  • Kewirausahaan adalah semangat, sikap, perilaku dan kemamppuan seseorang dalam menangani usaha atau kegiatan yang mengarah pada upaya mencari, menciptakan serta menerapkan cara kerja, teknologi dan produk baru dengan meningkatkan efisiensi dalam rangka memberikan pelayanan yang lebih baik dan atau memperoleh keuntungan yang lebih besar.

Itulah telah dijelaskan tentang 27 Pengertian Kewirausahaan Menurut Para Ahli (Lengkap), semoga dapat bermanfaat. Terimakasih telah mengunjung blog kami dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.