30 Pengertian Hubungan Internasional Menurut Para Ahli (Lengkap)

30 Pengertian Hubungan Internasional Menurut Para Ahli (Lengkap) – Hubungan internasional merupakan hubungan yang dilakukan antar bangsa atau suatu interaksi manusia antarbangsa secara personal atau kelompok yang dijalaknkan langsung atau tidak langsung dan bisa dalam bentuk persahabatan, permusuhan, persengketean atau peperangan. Untuk itu pada pembahasan kali ini kami akan mengulas tentang definisi hubungan internasional menurut para ahli.

30 Pengertian Hubungan Internasional Menurut Para Ahli (Lengkap)

Untuk lebih detailnya silakan simak ulasan Studinews.co.id berikut:

Pengertian Hubungan Internasional Menurut Para Ahli

Mari kita bahas pengertian hubungan Internasional seperti yang dikatakan para ahli berikut ini.

1. Tulus Warsito

Tulus warsito mengemukakan definisi hubungan internasional adalah studi terhadap interaksi dari politik luar negeri dari beberapa pelosok.

2. Anonymous

Anonymous mengemukakan definisi hubungan internasional adalah studi hubungan tentang unit-unit sebagai bentuk inter-relasi bagian-bagian pada umumnya mengacu pada sistem innere negara-negara. Dalam hal sekarang diakui adanya peranan-peranan aktor-aktor non states seperti PBB, MNC, kelompok teroris tetapi tidaklah sepenting state atau negara.

3. Drs. R. Soeprapto

Drs. R. Soeprapto mengemukakan definisi Hubungan internasional adalah sebagai spesialisasi yang mengintegritaskan cabang-cabang pengetahuan lain yang mempelajari segi-segi internasional kehidupan sosial umat manusia.

4. Dr. Hilman Adil Cleland

Dr. Hilman Adil Cleland mengemukakan definisi Hubungan internasional adalah sebagai subjek akademi yang terutama memperhatikan sebuah hubungan politik antar bangsa.

5. Freddy L. Tobing

Freddy L Tobing mengemukakan definisi Hubungan iternasional adalah sebuah studi tentang hubungan yang ada diantara sebuah entitas politik yang berdaulat yang anarkis sifatnya.

6. Umar Suryadi Bakri

Umar Suryadi Bakri mengemukakan definisi hubungan internasional adalah suatu kumpulan dari cabang-cabang ilmu pengetahuan yang memiliki perhatian terhadap suatu masalah-masalah internasional

7. Edward Hallet Card

Edward Hallet Card mengemukakan definisi hubungan internasional adalah sebuah hubungan yang dinamis dan dialektis yang membahas tentang untuk menciptakan perdamaian dunia.

8. Spengler

Spengler mengemukakan definisi hubungan internasional adalah menjalankan suatu politik untuk menaklukkan dunia dengan senjata yang dalam sebuah bentuk-bentuk kebudayaan baru dan vital.

9. Robert Gilpin

Robert Gilpin mengemukakan definisi hubungan internasional adalah suatu ilmu yang mempelajari tentang ilmu-ilmu ekonomi politik internasional yang lebih mengarah pada politik keamanan militer yang seimbang.

10. George Kennan

George Kennan mengemukakan definisi hubungan internasional adalah lebih membahas kepada prinsip dan tingkah laku dalam sebuah masyarakat sosial.

11. J.C. Johari

J.C. Johari mengemukakan definisi hubungan Internasional adalah sebuah studi tentang interaksi yang langsung diantara negara-negara yang berdaulat disamping itu juga studi tentang pelaku-pelaku non pelosok (non states actors) yang perilakunya memiliki dampak bersama tugas-tugas negara.

12. Mochtar Mas’oed

Mochtar Mas’oed mengemukakan definisi hubungan Internasional adalah hubungan yang sangat kompleksitas karena didalamnya terdapat atau terlibat bangsa-bangsa yang tiap-tiap berdaulat sehingga memerlukan mekanisme yang lebih rumit untuk pada hubungan antar kelompok.

13. Couloumbis dan Wolfe

Couloumbis dan Wolfe mengemukakan definisi hubungan internasional adalah studi yang sistematis mengenai fenomena-fenomena yang dapat diamati dan mencoba mendapatkan variabel-variabel dasar untuk menerangkan perilaku serta mengungkapkan karakteristik-karakteristik atau tipe-tipe hubungan antara unit-unit sosial.

14. John Herz

John Herz mengemukakan definisi hubungan internasional adalah mengidentifikasikan hubungan internasional yang sebagai konsep yang membahas tentang suatu kebijakan luar negeri yang lebih mementingkan keamanan yang menjadi pusat perhatian kepada semua rakyatnya.

15. Stephen Krasner

Stephen Krasner mengemukakan definisi hubungan internasional adalah suatu studi hubungan internasional yang membahas tentang sebuah lingkup dan sifat dasar dari bidang studi hubungan internasional dalam suatu masyarakat intern.

16. Raymond Aron

Raymond Aron mengemukakan definisi hubungan internasional adalah suatu hubungan antar unit politik yang masing-masing mengklaim diri yang berhak untuk menentukan keadilan dan menjadi penengah bagi keputusan untuk berperang atau tidak.

17. Suwardi Wiraatmaja

Suwardi Wiraatmaja mengemukakan definisi hubungan internasional adalah sebagai ilmu sintesa yang menyatukan, menggabungkan dan memadukan berbagai disiplin yang mempunyai perhatian terhadap suatu masalah internasional.

18. Trygive Mathisen

Trygive Mathisen mengemukakan definisi hubungan internasional adalah suatu bidang spesialisasi yang meliputi aspek-aspek internasional dari beberapa cabang ilmu dan merupakan sejarah baru dari politik internasional .

19. Schawarzeneger

Schawarzeneger mengemukakan definisi hubungan internasional adalah sebagai bagian dari ilmu sosilogi yang khusus untuk mempelajari masyarakat internasional.

20. Ishaq Rahman

Ishaq Rahman mengemukakan definisi hubungan internasional adalah ilmu yang diidentikkan dengan hubungan antara negara.

21.Private

Private mengemukakan definisi hubungan internasional adalah studi tentang interaksi antara jenis-jenis kesatuan-kesatuan politik sosial tertentu, termasuk studi atas keadaan-keadaan revelan yang mengelilingi interaksi.

22. Couloumbis

Couloumbis mengemukakan definisi hubungan internasional adalah ilmu yang mempelajari pola-pola aksi dan reaksi diantara negara-negara berdaulat dimana prilaku elit pemerintah merupakan indikatornya.

23. Drs. R. Soeprapto

Drs. R. Soeprapto mengemukakan definisi hubungan internasional adalah sebagai spesialisasi yang mengintegritaskan sebuah cabang-cabang pengetahuan lain yang mempelajari tentang segi-segi internasional kehidupan sosial umat manusia.

Pengertian Hubungan Internasional Menurut Para Ahli

24. Para Tradisionalis

Para Tradisionalis mengemukakan definisi hubungan internasional adalah serupa dengan diplomasi dan strategi serta kerjasama dan konflik atau yang secara lebih sederhana hubungan internasional merupakan studi tentang perang dan damai.

25. Kenneth W. Thompson

Kenneth W. Thompson mengemukakan definisi hubungan internasional adalah suatu studi tentang rivalitas antar bangsa beserta kondisi-kondisi dan sebuah institusi-institusi yang memperbaiki atau memperburuk suatu rivalitas tersebut.

26. J. H. Wolfe

J.H. Wolfe mengemukakan definisi hubungan internasional adalah suatu studi dari suatu pola-pola tindakan (aksi) dan reaksi, yang diantara negara-negara berdaulat yang diwakili oleh sebuah elit-elit yang memerintah mereka.

27. Teuku May Rudi

Teuku May Rudi mengemukakan definisi hubungan internasional adalah mencakup berbagai macam sebuah hubungan atau interaksi yang melintasi sebuah batas-batas wilayah negara dan yang melibatkan pelaku-pelaku yang berbeda kewarganegaraan.

28. Jeremy Bentham

Jeremy Bentham mengemukakan definisi hubungan internasional adalah suatu ilmu yang merupakan suatu kesatuan disiplin dan mempunyai ruang lingkup serta sebuah konsep-konsep dasar.

29. John Lewis Gaddis

John Lewis Gaddis mengemukakan definisi hubungan internasional adalah suatu bidang kajian yang bermanfaat bagi negarawan dalam bentuk usaha untuk membangun dunia yang lebih baik.

30. Daniel S. Papp

Daniel S. Papp mengemukakan definisi hubungan internasional adalah ilmu yang mempelajari masalah-masalah Internasional dan sistem yang membentuk hubungan internasional serta para aktor yang terlibat didalamnya.

Itulah penjelasan saya tentang 30 Pengertian Hubungan Internasional Menurut Para Ahli (Lengkap), semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung di blog kami dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.

Categories IPS