31 Pengertian Motivasi Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap)

31 Pengertian Motivasi Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap) – Dalam melakukan suatu tindakan ada alasan yang mendasari seseorang bersemangat yaitu adanya motivasi dalam dirinya. Dengan motivasi orang menjadi lebih terdorong dan lebih antusias dalam bekerja keras untuk mencapai suatu tujuan. Lalu sebenarnya apa pengertian dari motivasi? Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang pengertian motivasi yang dikaji dari pendapat para ahli. Dengan pembahasan lengkap dan ringan, silakan simak ulasan dibawah ini dengan seksama.

31 Pengertian Motivasi Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap)

Mari kita bahas pengertian motivasi terlebih dahulu.

Pengertian Motivasi Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah definisi dari motivasi menurut ahlinya.

1. Mulyasa (2003:112)

Mulyasa mengemukakan pengertian motivasi adalah tenaga pendorong atau penarik yang menyebabkan adanya tingkah laku ke arah suatu tujuan tertentu. Peserta didik akan bersungguh-sungguh karena memiliki motivasi yang tinggi.

2. Henry Simamora

Henry Simamora mengemukakan pengertian motivasi adalah sebuah fungsi dari pengharapan individu bahwa upaya tertentu akan menghasilkan tingkat kinerja yang pada gilirannya akan membuahkan imbalan atau hasil yang dikehendaki.

3. Sardiman (2006:73)

Sardiman mengemukakan pengertian motivasi adalah perubahan energi dalam diri seseoran gyang ditandai dengan munculnya felling dan didahului dengan tanggapan terhadap adanya tujuan.

4. Soemanto

Soemanto mengemukakan pengertian motivasi adalah sebagai suatu perubahan tenaga yang ditandai oleh dorongan efektif dan reaksi-reaksi pencapaian tujuan.

5. Hamalik (1992:173)

Hamalik mengemukakan pengertian motivasi adalah perubahan energi dalam diri atau pribadi seseorang yang ditandai dengan timbulnya perasaan dan reaksi untuk mencapai tujuan.

6. Weiner (1990) dikuti Elliot et al (2000)

Weiner mengemukakan pengertian motivasi adalah kondisi internal yang membangkitkan kita untuk bertindak, mendorong kita mencapai tujuan tertentu dan membuat kita tetap tertarik dalam kegiatan tertentu.

7. Uno (2007)

Uno mengemukakan pengertian motivasi adalah dorongan internal dan eksternal dalam diri seseorang yang diindikasikan dengan adanya; hasrat dan minat; dorongan dan kebutuhan; harapan dan cita-cita; penghargaan dan penghormatan.

8. Sargent

Sargent mengemukakan pengertian motivasi adalah sesuatu apa yang membuat seseorang bertindak

9. Siagian

Siagian mengemukakan pengertian motivasi adalah  dampak dari interaksi seseorang dengan situasi yang dihadapinya.

10. Drs. Moh. Uzer Usman

Drs. Moh. Uzer Usman mengemukakan pengertian motivasi adalah suatu proses untuk menggiatkan motif-motif menjadi perbuatan/tingkah laku untuk memenuhi kebutuhan dan mencapai tujuan/keadaan dan kesiapan dalam diri individu yang mendorong tingkah lakunya untuk berbuat sesuatu dalam mencapai tujuan.

11. Davies, Ivor K

Davies, Ivor K mengemukakan pengertian motivasi adalah kekuatan tersembunyi di dalam diri kita yang mendorong kita untuk berkelakuan dan bertindak dengan cara yang khas.

12. Prof. Drs. Nasution

Prof. Drs. Nasution mengemukakan pengertian motivasi adalah usaha-usaha untuk menyediakan kondisi-kondisi sehingga anak itu mau melakukan sesuatu.

13. Sujono Trimo

Sujono Trimo mengemukakan pengertian motivasi adalah suatu kekuatan penggerak dalam perilaku individu dalam perilaku individu baik yang menentukan arah maupun yang daya tahan (perintence) tiap perilaku manusia yang didalamnya terkandung pula unsur-unsur emosional insane yang bersangkutan.

14. Mitchell, T.R

Mitchel, T.R mengemukakan pengertian motivasi adalah proses yang menjelaskan intensitas, arah, dan ketekunan seorang individu untuk mencapai tujuannya.

15. American Encyclopedia

American Encyclopedia mengemukakan pengertian motivasi adalah sebuah kecenderungan yang ada didalam diri seseorang yang membangkitkan topangan dan mengarahkan tindak-tanduknya.

16. G.R. Terry

G.R. Terry mengemukakan pengertian motivasi adalah sebuah keinginan yang ada pada diri seseorang yang merangsangnya untuk melakukan berbagai tindakan.

17. Edwin B. Flippo

Edwin B. Flippo mengemukakan pengertian motivasi adalah suatu keahlian dalam mengarahkan seorang pegawai dan sebuah organisasi agar dapat bekerja supaya behasil, hingga para pegawai dan tujuan dari organisasi tersebut tercapai.

18. Morgan et al dalam Marwansyah dan Mukaram (2002:151)

Morgan et al mengemukakan pengertian motivasi adalah kekuatan yang mengendalikan dan menggerakkan seseorang untuk melakukan tindakan atau perilaku yang diarahkan pada tujuan tertentu.

19. Malayu

Malayu mengemukakan pengertian motivasi adalah diambil dari kata latin yiatu Movere yang artinya dorongan atau pemberian daya penggerak yang dapat menciptakan suatu kegairahan kerja seseorang agar mereka mau bekerja efektif, bekerjasama dan terintegrasi dengan segala upaya untuk mencapai sebuah kepuasan.

20. Barton dan Martin dalam Marwansyah dan Mukaram (2000:151)

Barton dan Martin mengemukakan pengertian motivasi adalah kekuatan yang menggerakkan perilaku yang memberi arah pada perilaku dan mendasari kecenderungan untuk tetap menunjukkan perilaku tersebut.

21. Azwar

Azwar mengemukakan pengertian motivasi adalah sebuah rangsangan atau dorongan yang dimiliki oleh seseorang atau sekelompok masyarakat yang ingin bekerja sama seara maksimal dalam melakukan sesuatu yang sudah direncanakan untuk mencapai sebuah tujuan yang sudah ditetapkan.

22. Djamarah (2002:34)

Djamarah mengemukakan pengertian motivasi adalah sebagai perubahan energi dalam diri seseorang yang ditandai dengan munculnya feeling dan didahului dengan tanggapan terhadap adanya tujuan.

23. Mc. Donald

Mc. Donald mengemukakan pengertian motivasi adalah sebuah perubahan energi yang ada dalam diri seseorang yang ditandakan dengan adanya rasa (feeling) dan didahului dengan respon adanya sebuah tujuan.

24. Winardi (2007,p1)

Winardi mengemukakan pengertian motivasi adalah motivasi berasal dari kata motivation yang berarti “mengerakkan”. Motivasi merupakan hasil sejumlah proses yang bersifat internal atau eksternal bagi seorang individu yang menyebabkan timbulnya sikap entutiasme dan persistensi dalam hal melaksanakan kegiatan-kegiatan tertentu.

25. Robbins dan Judge

Robbins dan Judge mengemukakan pengertian motivasi adalah suatu proses yang menjelaskan intensitas, arah, dan ketekunan individu agar dapat mencapai tujuannya.

26. A. Anwar Prabu Mangkunegara

A. Anwar Prabu Mangkunegara mengemukakan pengertian motivasi adalah kondisi yang berpengaruh membangkitkan, mengarahkan dan memelihara perilaku yang berhubungan dengan lingkungan kerja.

27. Victor H. Vroom

Victor H. Vroom mengemukakan pengertian motivasi adalah sebuah akibat dari suatu hasil yang ingin diraih atau dicapai oleh seseorang dan sebuah perkiraan bahwa apa yang dilakukannya akan mengarah pada hasil yang diinginkannya.

28. H. Hadari Nawawi

H. Hadari Nawawi mengemukakan pengertian motivasi adalah motivasi seseorang melakukan sesuatu perbuatan atau kegiatan yang berlangsung secara sadar.

29. Fillmore H. Stanford

Fillmore H. Stanford mengemukakan pengertian motivasi adalah Motivation as an energizing condition of the organism that server to direct that organism toward the goal of certain class.

Pengertian Motivasi Menurut Para Ahli

30. KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

KBBI mengemukakan pengertian motivasi adalah dorongan yang timbul pada diri seseorang secara sadar atau tidak sadar untuk melakukan suatu tindakan dengan tujuan tertentu.

31. Wikipedia

Wikipedia mengemukakan pengertian motivasi adalah proses yang menjelaskan intensitas, arah dan ketekunan seorang individu untuk mencapai tujuannya.

Itulah telah dijelaskan tentang 31 Pengertian Motivasi Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap) semoga bisa bermanfaat. Terimakasih telah mengunjungi blog kami dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.