45 Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap)

45 Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap) – Jika kita mendengar kata sejarah berarti kita sedang mempelajari tentang peradaban manusia. Karena dengan belajar sejarah, kita dapat mengetahui mengapa dunia bisa seperti saat ini. Maka dari itu, sangatlah penting mempelajari sejarah. Sebelum kita mempelajari sejarah, kita akan terlebih dahulu tau apa itu sejarah. Nah untuk mengetahuinya, marilah kita simak penjelasan berikut ini:

45 Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap)

Mari kita bahas pengertian sejarah dengan seksama.

Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli

Adapun pengertian sejarah menurut para ahli adalah sebagai berikut:

1. J.V. Bryce

Sejarah merupakan catatan dari apa yang telah dipikirkan, dikatakan, dan  diperbuat oleh manusia.

2. Aristoteles

Sejarah adalah suatu sistem yang meneliti kejadian sejak awal dan tersusun dalam bentuk kronologi. Pada masa itu, beliau juga mengartikan sejarah merupakan perostiwa-peristiwa masa lalu yang mempunyai rekod-rekod, catatan, ataupun bukti yang konkret.

3. Herodotus

Sejarah adalah satu kajian untuk menceritakan suatu perputaran jatuh bangunnya seseorang tokoh, masyarakat, dan peradaban.

4. Moh. Hatta

Sejarah bukan hanya sekedar melahirkan cerita dari kejadian masa lalu, sebagai masalah. Akan tetapi pemahaman masa lampau yang didalamnya mengandung berbagai dinamika, yang isinya mungkin problematika pelajaran hidup bagi manusia berikutnya.

5. Benedetto Croce

Sejarah adalah suatu rekaman kreasi jiwa manusia dalam semua bidang baik teoritikal maupun praktikal. Kreasi spiritual ini senantiasa lahir dalam hati dan pikiran manusia yang genius, budayawan, pemikir, yang mengutamakan suatu tindakan dan pemburu agama.

6. Abramiwitz

Sejarah merupakan suatu runtutan peristiwa yang terjadi pada sebuah kejadian.

7. J. Bank

Sejarah adalah semua kejadian atau peristiwa di masa lampau. Sejarah itu dapat membantu para siswa untuk memahami perilaku manusia pada masa yang lampau, masa sekarang dan masa yang akan datang.

8. W.H. Walsh

Sejarah menitikberatkan pada sebuah pencatatan yang berarti dan penting bagi manusia. Catatan itu terdiri dari tindakan-tindakan dan pengalaman-pengalaman manusia dimasa yang lalu pada hal yang penting sehingga merupakan suatu cerita yang berarti.

9. Ertis Stern

Sejarah muncul dari suatu persoalan yang hidup dan bahkan melayani hidup masyarakat. Oleh karenanya sejarah dapat berubah-ubah seiring dengan berubahnya waktu, harapan, dan pemikiran cemas yang timbul dikemudian hari.

10. R.G. Collingwood

Sejarah merupakan sebuah bentuk penyelidikan tentang hal-hal yang telah dilakukan oleh manusia di masa lalu.

11. Kuntowijoyo

Sejarah bersifat diakronis, karena berhubungan dengan waktu. Bersifat ideografis karena sejarah menggambarkan atau menceritakan sesuatu. Bersifat unik karena dari hasil penelitian adalah tentang hal unik. Dan bersifat empiris karena sejarah bersandar pada pengalaman manusia yang sungguh-sungguh.

12. Sunnal dan Haas

Sejarah adalah suatu pelajaran yang kronologi dengan mengartikan serta mencari makna dari suatu peristiwa dan berlalu metode sistematis untuk mengungkap suatu kebenaran.

13. Patrick Gardiner

Sejarah merupakan ilmu yang mempelajari apa yang telah diperbuat oleh manusia.

14. Drs. Sidi Gazalba

Sejarah sebagai masa lampau manusia dan sekelilingnya yang disusun secara ilmiah dan lengkap meliputi urutan fakta masa tersebut dengan tafsiran dan penjelasan yang memberi pengertian dan kepahaman tentang apa yang berlaku.

15. Roeslan Abdulgani

Sejarah adalah salah satu ilmu pengetahuan yang menyelidiki dan meneliti secara sistematis dan keseluruhan perkembangan masyarakat serta kemanusiaan dimasa lalu beserta kejadian-kejadian dengan maksud untuk menilai dengan kritis seluruh hasil penelitiannya tersebut. Kemudian selanjutnya dijadikan sebagai perbendaharaan pedoman bagi penilaian dan penentuan keadaan sekarang serta arah proses masa depan.

16. Costa

sejarah adalah catatan seluruh pengalaman, baik secara individu maupun kolektif bangsa dimana masa lalu tentang kehiduapn umat manusia.

18. Rochiati Wiriatmadja

Sejarah adalah disiplin ilmu yang menjanjikan moral, etika, kebijaksanaa, nilai-nilai spiritual, dan kultural karena kajiannya yang bersifat memberikan pedoman kepada keseimbangan hidup, harmoni dalam nilai-nilai, keteladanan dalam keberhasilan dan kegagalan, dan cerminan pengalaman kolektif yang dapat menjadi kompas untuk kehidupan masa depan.

19. E. H Carr

Sejarah merupakan dialog yang tidak pernah selesai antara masa sekarang dan masa lalu, suatu proses interaksi yang berkesinambungan antara sejarawan dan fakta-fakta yang dimilikinya.

20. Moh. Yamin

Sejarah adalah ilmu pengetahuan yang disusun atas hasil penyelidikan beberapa peristiwa yang dibuktikan dengan kenyataan.

21. W.J.S. Poerwodarminta dalam Kamus Umum Bahasa Indonesia

Sejarah memiliki tiga pengertian yaitu

  • Kesusastraan lama, silsilah dan asal usul
  • Kejadian yang benar-benar terjadi di masa lampau
  • Ilmu pengetahuan

22. KBBI

Sejarah adalah asal usul keturunan sililah, kejadian atau peristiwa yang benar-benar terjadi pada masa lampau, riwayat, tambo, cerita dan pengetahuan atau uraian tentang peristiwa dan kejadian yang benar-benar terjadi dimasa lampau.

23. Robin Winks

Sejarah adalah pelajaran tentang manusia dalam kehidupan masyarakat.

24. Cleveland

Sejarah adalah sebuah konsep yang akan dilihat untuk mengenali kehidupan manusia.

25. Ibnu Khaldun

Sejarah adalah catatan tentang masyarakat umum manusia atau peradaban manusia yang terjadi pada watak atau sifat masyarakat tersebut.

26. William H.Frederick

Sejarah dalam bahasa arab berarti “syajarotun” yang berarti pohon, keturunan, ataupun asal-usul. Sedangkan dalam bahasa indonesia berarti sejarah. Syajarah atau sejarah berarti gambaran silsilah atau keturunan.

27. Taufik Abdullah

Sejarah adalah suatu tindakan manusia dalam jangka waktu tertentu pada masa lalu, yang dilakukan ditempat tertentu.

28. Norman E. Cantor

Sejarah adalah suatu pelajaran yang diperbuat, dikatakan, dan dipikirkan oleh manusia pada masa lalu.

29. Gustafson

Sejarah adalah puncak pengetahuan manusia dari perbuatan generasi kita mungkin direkam dan dipasang kedalam dimensi yang tepat.

30. Sartono Kartodirdjo

Sejarah adalah bentuk penggambaran pengalaman kolektif dimasa lalu, dan untuk mengungkapnya dapat melalui aktualisasi dan penetasan pengalaman masa lalu. Menceritakan kejadian adalah cara membuat hadirnya kembali peristiwa tersebut dengan cara pengungkapan verbal.

31. Shefer

Sejarah adalah suatu peristuwa yang telah lalu dan benar-benar terjadi.

32. Bernheim

Sejarah adalah sebuah ilmu yang menelusuri serta menempatkan peristiwa-peristiwa tertentu dalam waktu dan ruang mengenai perkembangan manusia baik secara perorangan maupun secara kolektif sebagai makhluk sosial dalam hubungan sebab dan akibat, lahir maupun batin.

33. Ismaun

sejarah adalah suatu ilmu pengetahuan yang membahas mengenai peristiwa-peristiwa yang benar-benar telah terjadi atau berlangsung dalam segala aspeknya pada masa yang lalu. Sejarah adalah rekaman atau catatan pilihan yang disusun secara teliti tentang segala aspek kehidupan umat manusia pada masa lalu.

34. Robert V. Daniels

Sejarah adalah suatu memori pengalaman manusia.

35. John Tosh

Sejarah adalah memori kolektif sumber pengalaman melalui pengembangan suatu rasa identitas sosial orang-orang dan prospek orang-orang tersebut dimasa yang akan datang.

36. Leopold Von Ranke

Sejarah adalah apa yang sungguh-sungguh terjadi.

37. J.V Brice

Sejarah adalah suatu catatatan dari apa yang telah dipikirkan, dikatakan dan diperbuat oleh manusia.

38. Jan Romein

Sejarah adalah Kata “sejarah” memiliki arti yang sama dengan kata history (bahasa Inggris) dan geschichte (bahasa Jerman) yaitu cerita tentang kejadian atau peristiwa yang terjadi pada masa lampau.

39. Henri Pirenne Iseorang

Sejarah adalah sebuah kisah tentang berbagai peristiwa dan aktivitas manusia yang hidup dalam masyarakat.

40. Henry Steele Commager

Sejarah merupakan rekaman keseluruhan tentang masa lampau kesusastraan hukum, bangunan, pranata sosial, agama, filsafat, dan semua yang teringat dalam memori manusia.

41. Nugroho Notosusanto

Sejarah adalah peristiwa-peristiwa yang menyangkut manusia sebagai makhluk bermasyarakat yang terjadi pada masa lampau. Sejarah berarti segala mengenai peristiwa tersebut dan disusun berdasarkan peninggalan-peninggalan dari berbagai peristiwa tersebut.

42. Karl Popper

Sejarah adalah ilmu pengetahuan yang tertarik pada peristiwa-peristiwa spesifik dan penjelasannya. Sejarah sering digambarkan sebagai peristiwa masa lalu sebagaimana peristiwa itu benar-benar terjadi secara aktual.

43. Sir Charles Firth

Sejarah adalah suatu kegiatan merekam kehidupan masyarakat manusia, perubahan masyarakat yang terus menerus, merekam yang  ide-ide yang membatasi aksi-aksi masyarakat dan merekam kondisi material yang telah membantu atau merintangi perkembangannya.

44. Muthahhari

Ada tiga pengertian sejarah dan tiga kedisiplinan sejarah yang saling berkaitan yakni:

  • Sejarah ilmiah, adalah pengetahuan tentang hukum-hukum yang tampak menguasai kehidupan masa lampau yang diperoleh melalui pendekatan dan analisis atas peristiwa-peristiwa masa lampau.
  • Sejarah tradisional, adalah pengetahuan tentang kejadian-kejadian, peristiwa-peristiwa dan keadaan-keadaan kemanusiaan di masa lampau dalam kaitannya dengan keadaan-keadaan masa kini.
  • Filsafat sejarah, yaitu pengetahuan tentang perubahan-perubahan bertahap yang membawa masyarakat dari satu tahap ke tahap lain, ia membahas hukum-hukum yang menguasai perubahan-perubahan ini. Dengan kata lain, ia adalah ilmu tentang menjadi masyarakat, bukan tentang mewujudnya saja.

45. Thomas Charlyle

Sejarah adalah sebuah peristiwa pada masa lalu yang mempelajari tentang biografi orang terkenal. Mereka pada saat itu sebagai penyelamat dan dicatat sebagai orang yang besar dan dicatat sebagai peletak dasar sejarah tersebut.

Demikianlah penjelasan mengenai 45 Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap). Semoga dapat bermanfaat. Sekian dan terimakasih.