Akulturasi : Pengertian, Jenis, Dampak, dan Faktornya

Posted on

Akulturasi : Pengertian, Jenis, Dampak, dan Faktornya – Apakah Anda pernag mendengar istilah akulturasi ? Lantas apakah itu akulturasi ? pada kesempatan kali ini Studi News akan menjelaskan tentang apa itu akulturasi yang meliputi atas jenis, dampak dan faktornya. Mari simak pembahasan berikut.

Akulturasi : Pengertian, Jenis, Dampak, dan Faktornya

Mari kita bahas bersama mengenai pengetian akulturasi terlebih dahulu,

Pengertian Akulturasi

Akulturasi yaitu salah satu proses sosial yang ada dalam masyarakat dimana terjadi suatu interaksi antara dua budaya yang berbeda sehingga hal ini dapat menimbulkan terjadinya budaya baru, namun unsur serta sifat dari budaya yang asli masih tetap ada.

Proses akulturasi juga sering terjadi terhadap kelompok-kelompok minoritas atau imigran yang amana secara budaya atau etnis berbeda dari masyarakat mayoritas pada tempat mereka bermigrasi.

Namun, proses dari akulturasi ini juga terjadi terhadap budaya masyarakat mayoritas yang mana mengadopsi unsur dari budaya masyarakat minoritas sebab terdapat interaksi pada tingkat individu serta kelompok, baik itu secara langsung, melalui media, seni, maupun sastra.

Pengertian Akulturasi Menurut Para Ahli

Untuk lebih jelasnya mari kita simak penjelasan dari para ahlinya,

1. KBBI

Di kutip dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Akulturasi yaitu suseatu yang terjadi terhadap penyerapan dalam suatu budaya dari kelompok lain yang mana terdapat saling interaksi didalamnya.

Baca Juga:  √ 28 Pengertian Sosialisasi Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap)

2. Dwi Hayudiarto

Menurut Dwi Hayudiarto Akulturasi ialah suatu perpaduan antara dua kebudayaan yang secara perlahan mulai diterima tanpa adanya menghilangkan kebudayaan yang aslinya.

3. Koentjaraningrat

Menurut Koentjaraningrat Akulturasi ialah proses sebagai mana masuknya kebudayaan asing secara perlahan yang bisa diterima tanpaadanya  menghilangkan kebudayaan yang aslinya.

4. Nardy

Menurut Nardy Akulturasi yakni suatu proses sosial yang dihadapi oleh suatu kelompok manusia ketika mereka sedang menghadapi masuknya budaya asing.

5. John W. Berry

Menurut John W. Berry Akulturasi yakni suatu perpaduan dari dua buah kebudayaan yang dikarenakan terdapat kontrak antar kelompok.

6. Hasyim

Menurut Hasyim Akulturasi ialah suatu hasil perpaduan antara dua kebudayaan yang terdapat padakehidupan manusia.

7. Suyono

Menurut Suyono Akulturasi yakni suatu perpaduan antara dua atau lebih kebudayaan yang mana saling bertemu serta saling menerima.

8. Soerjono Soekanto

Menurut Soerjono Soekanto Akulturasi iialah proses sosial yang terjadi ketika suatu kelompok masyarakat dengan suatu kebudayaannya dipertemukan dalam unsur-unsur kebudayaan asing sebagai mana unsur-unsur kebudayaan asing tersebut lambat laun akan melebur ke dalam kebudayaan asli, yang mana tidak menghilangkan kepribadian dari kedua unsur kebudayaan tersebut.

Faktor Yang Mempengaruhi Akulturasi

Terdapat 2 faktor yang dapat mempengaruhi Alkulturasi yaitu faktor Internal dan Eksternal, Berikut penjelasannya.

1. Faktor Internal

  • Bertambah dan berkurangnya penduduk
  • Terdapat penemuan baru
  • Discovery, penemuan ide atau alat baru sebelumnya ide atau alat tersebut belum pernah ditemukan.
  • Invention ataupenyempurnaan dalam penemuan
  • Innovation atau pembaruan yang diterapkan pada kehidupan masyarakat sehingga hal ini dapat menambah, melengkapi maupun mengganti yang sudah ada.
  • Konflik yang terjadi didalam masyarakat
  • Pemberontakan atau juga revolusi

2. Faktor Ekternal

  • Perubahan alam
  • Peperangan
  • Pengaruh dari kebudayaan lain yang melalui difusi (penyebaran kebudayaan), dan akulturasi (pembauran antara budaya yang masih terlihat sifat aslinya di setiap masing-masing kebidayaan), asimilasi (pembauran antara budaya yang mana menghasilkan suatu budaya yang sama baru ciri khas budaya lama itu tidak terlihat lagi).
  • Dampak Terjadinya Akulturasi
  • Terdapat pergantian cara pandangan mengenai kehidupan yang ada pada masyarakat dari yang sebelumnya sudah lama ke kondisi yang baru, contohnya yaitu seperti silaturahmi pada orang tua dan saudara yang mana harus dengan cara bertatap muka, namun kini sudah bisa dilakukan melalui telepon, pesan singkat dan video call.
  • Adanya pergantian pergaulan serta makin bebasnya kondisi yang mana diibaratkan tabu, seperti interaksi antar remaja yang sekarang makin bebas.
  • Bebasnya pandangan masyarakat terhadap pengetahuan yang luas, contohnya seperti penciptaan baru yang sudah di ketahui serta teknologi yang maju.
  • Pergantian karakter, rasa malu serta kemahiran masyarakat.
Baca Juga:  √ Bentuk Intrusi Magma dan Ekstrusi Magma Serta Penjelasannya

Akulturasi : Pengertian, Jenis, Dampak, dan Faktornya

Jenis-Jenis Akulturasi

Berikut ini adalah beberapa jenis dari Akulturasi diantaranya yaitu.

1. Substitusi

Substitusi yakni penggantian unsur yang sudah lama diganti dengan unsur yang baru dimana terdapat penambah nilai lebih dalam ppenggunaannya.

2. Sinkretisme

Membentuk sebuah sistem baru dari unsur budaya yang lama secara bersama dengan unsur budaya baru . Dari perpaduan ini terjadi dalam suatu sistem keagamaan.

3. Penambahan (Addition)

Addition yakni unsur budaya lama yang dilakukan dengan adanya penambahan dengan unsur budaya baru yang menjadikan terdapat pemberian sebuah nilai tambah.

4. Penggantian (Deculturation)

Unsur budaya yang sudah lama hilang diganti dengan unsur budaya yang baru. Contohnya seperti delman, atau andong yang sekarang diganti dengan angkot atau angkutan motor.

5. Originasi

Terdapat unsur budaya baru yang tentunya tidak dikenal dengan memunculkan perubahan besar terhadap kehidupan yang ada di masyarakat. Seperti masuknya listrik ke desa.

6. Penolakan (Rejection)

Akibat dari proses perubahan sosial budaya yang sangat cepat, sehingga hal ini juga memberikan dampak negatif yang terjadi dalam penilaian terhadap beberapa anggota masyarakat yang belum siap serta tidak setuju dengan adanya proses pencampuran tersebutMisalnya seperti beberapa orang yang masih percaya dengan kepada dukun.

Demikianlah ulasan mengenai Akulturasi : Pengertian, Jenis, Dampak, dan Faktornya dari Studi News. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan ilmu pengetahuan Anda. Terima Kasih.