√ Pengertian Biografi dan Autobiografi, Perbedaan dan Contohnya

Posted on

Pengertian Biografi dan Autobiografi, Perbedaan dan Contohnya – Pada kesempatan ini StudiNews akan membahas tetnang Biografi dan Autobiografi. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan pengertian antara biografi dan outobiografi dengan secara singkat dan jelas. Untuk lebih jelasnya silahkan simak ulasan berikut ini.

Pengertian Biografi dan Autobiografi, Perbedaan dan Contohnya

Baik biografi maupun autobiografi sekilas memang sama saja, akan tetapi sebenarnya ada perbedaan dari kedua istilah tersebut. Apa sih perbedaan biografi dan autobiografi ?

Pengertian Biografi dan Autobiografi

Untuk dapat mengerti tentang biodata dan cerita kehidupan seseorang biasanya orang akan membaca sebuah biografi atau autobiografi.

  1. Biografi

Biografi sebuah teks atau tulisan yang membahas tentang kehidupan seseorang. Biografi adalah riwayat hidup seseorang yang ditulis oleh orang lain dan biasanya mencangkup nama orang tersebut, nama orang tuanya, tanggal lahir, alamat, peristiwa penting dan menarik yang pernah ia lalui atau dapat juga hasil karya orang tersebut.

Kata Biografi berasal dari bahasa Yunani “bios” yang memiliki arti hidup dan “graphien” yang berarti tulis. Jadi dapat diartikan bahwa Biografi merupakan tulisan yang berisi tentang riwayat hidup seseorang.

Teks biografy sendiri biasanya berisi tentang kelebihan, kekurangan atau masalah yang ditulis oleh seseorang supaya tokoh yang ditulis dalam biografi tersebut dapat diteladani oleh banyak orang.

  1. Autobiografi

Autobiografi disebut juga sebagai otobiografi adalah riwayat hidup seseorang yang ditulis oleh orang itu sendiri tentang diri sendiri untuk mengekspresikan perasaan pribadi yang dirasakan oleh seseorang.

Tujuan Biografi dan Autobiografi

Biografi dan Autobiografi memiliki tujuan yang sama yaitu untuk menyampaikan informasi. Namun pada autobiografi seringkali penulis menyampaikan emosi yang dirasakan saat melakukan cerita yang ditulis tersebut.

Karena memang penulis mengingat dengan jelas dan pernah merasakan peristiwa tersebut serta penulis ingin menyampaikan perasaan tersebut kepada pembaca lewat ceritanya.

Ciri-Ciri Teks Biografi

Teks biografi memiliki beberapa ciri dan karakteristik diantaranya :

  • Teks biografi harus memuat informasi berdasarkan fakta yang ada pada tokoh
  • Ceritanya berbentuk teks narasi
  • Isi yang dimuat merupakan sebuah fakta pengalaman hidup suatu tokoh dalam memecahkan masalah-masalah sampai pada akhirnya sukses, sehingga patut menjadi teladan
  • Strukturnya jelas
Baca Juga:  √ Pengertian Biografi Beserta Ciri & Struktur Biografi (Lengkap)

Jenis-jenis Teks Biografi

Berdasarkan sisi penulisannya teks biografi terbagi menjadi dua jenis yakni :

Autobiografi

Suatu riwayat hidup yang ditulis sendiri oleh tokoh tesebut.

Biografi

Suatu bentuk teks atau riwayat hidup yang ditulis oleh orang lain.

Berdasarkan Izin Penulisan

Biografi berdasarkan izin penulisan terbagi ke dalam dua jenis yakni :

Authorized biography

Authorized biography merupakan biografi yang penulisannya mendapatkan izin atau sepengetahuan tokoh yang akan di tulis cerita hidupnya.

Unauthorized biography

Unauthorized biography merupakan biografi yang penulisannya tanpa seizing dan sepengetahuan tokoh yang akan di tulis kisah hidupnya. Biasanya penulisan unauthorized biography terjadi karena tokoh tersebut telah wafat.

Biografi Berdasarkan Isinya

Biografu berdasarkan isinya terbagi ke dalam dua jenis yakni :

  1. Biografi perjalanan hidup
  2. Biografi perjalanan karir

Perbedaan Biografi dan Autobiografi

Pembeda

Biografi

Autobiografi

Ditulis Oleh

Orang lain

Diri sendiri atau orang yang sama

Gaya Bahasa

Orang ke-3

Orang pertama

Ijin

Biasanya memerlukan ijin dari yang bersangkutanTidak perlu dengan ijin karena menulis tentang diri sendiri

Tujuan

Informatif

Mengekspresikan perasaan probadi dan tentunya informatif

Pengumpulan Data

Dari berbagai narasumber yang dikumpulkan secara lengkap

Pengalaman pribadi

Usia Tokoh

Biasanya yang sudah meninggal atau yang berusia lebih dari 50 tahun untuk mengenangnya atau memberikan penghargaanBiasanya masih muda karena ditulis sendiri secara sadar

Contoh

Biografi Gus Dur yang dikarang oleh Greg Barton dan biografi Chairil yang dikarang oleh Hasan Aspahani serta masih banyak lagiAutobiografi Alex Ferguson dan Nelson Mandela yang dikarang sendiri serta masih banyak lagi

Contoh Biografi dan Autobiografi

Berikut ini adalah contoh dari biografi dan autografi:

Contoh Biografi

Biografi Dr. (H.C.) Drs. H. Mohammad Hatta

Dr. (H.C.) Drs. H. Mohammad Hatta (Populer sebagai Bung Hatta) lahir di Fort de Kock, Sumatera Barat, 12 Agustus 1902 – meninggal di Jakarta, 14 Maret 1980 pada umur 77 tahun, adalah pejuang, negarawan, dan juga Wakil Presiden Indonesia yang pertama. Ia mundur dari jabatan wakil presiden pada tahun 1956, karena berselisih dengan Presiden Soekarno.

Hatta dikenal Sebagai Bapak Koperasi Indonesia. Bandar Udara Internasional Jakarta menggunakan namanya sebagai penghormatan terhadap jasanya sebagai salah seorang proklamator kemerdekaan Indonesia.

Nama yang diberikan oleh orangtuanya ketika dilahirkan adalah Muhammad Athar. Anak perempuannya bernama Meutia Hatta menjabat sebagai Mentri Negara Pemberdayaan Perempuan dalam Kabinet Indonesia Berdatu pimpinan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Ia dimakamkan di Tanah Kusir, Jakarta.

Bung Hatta adalah nama salah seorang dari beribu pahlawan yang pernah memperjuangkan kemerdekaan dan kemajuan Indonesia. Sosok Bung Hatta telah menjadi begitu dekat dengan hati rakyat Indonesia karena perjuangan dan sifatnya yang begitu merakyat.

Baca Juga:  √ Pengertian Kata Serapan Beserta Contoh Kata Serapan (Lengkap)

Besarnya peran beliau dalam perjuangan negeri ini sehingga disebut sebagai salah seorang “The Founding Father’s of Indonesia”. Berbagai tulisan dan kisah perjuangan Muhammad Hatta telah ditulis dan dibukukan, mulai dari masa kecil, remaja, dewasa dan perjuangan beliau untuk mewujudkan kemerdekaan Indonesia.

Namun dalam hal yang rasanya perlu sedikit digali dan dipahami, yaitu melihat Bung Hatta sebagai tokoh organisasi san partai politik . hal ini dikaitkan dengan usaha melihat perkembangan kegiatan dan ketokohan beliau di dunia politik Indonesia saat ini. Maka pantas rasanya kita ikut melihat perjuangan dan perjalanan kegiatan politik Bung Hatta.

Setelah perang dunia I berakhir generasi muda Indonesia yang berprestasi makin banyak yang mendapatkan kesempatan mengenyam pendidikan luar negeri seperti di Belanda dan Kairo (Mesir). Hal ini diperkuat dengan dibelakukanya politik balas budi oleh Belanda.

Bung Hatta adalah salah seorang pemuda yang beruntung, beliau mendapat kesempatan belajar di Belanda. Kalau kita memperhatikan semangat berorganisasi Bung Hatta, sebenarnya telah tumbuh sewaktu beliau berada di Indonesia. Beliau pernah menjadi ketua Jong Sumatera (1918-1921) dan semngat ini makin membara dengan asahan dari kultur pendidikan Belanda / Eropa yang bernafas demokrasi dan keterbukaan.

Contoh AutoBiografi

Nama saya Intan Rinanti biasa di panggil dengan sebutan intan. Saya berjenis kelamin perempuan dan lahir pada tanggal 9 maret 1999. Bapak saya Ipan Ilhammudin, hanya seorang tukang service. Sedangkan Ibu saya Riyanti, seorang ibu rumah tangga yang baik. Saya anak pertama dari tiga bersaudara.

Mereka perempuan, yang pertama namanya Mutiara, dia sekolah kelas 6 dan yang bontot dia masih PAUD. Kalo lagi kumpul kita pasti berisik banget dan sering berantem. Tetapi meskipun kami sering berantem banyak hal yang menyenangkan.

Saya mulai masuk  SD umur 5 tahun setengah. Saya di masukan di SDN BUBULAK 4 yang lumayan jauh dari rumah. Yang saya ingat , waktu saya masih SD, saya adalah seorang anak yang sangat cengeng. Satu hal yang tak mungkin saya lupakan yaitu teman saya yang sudah meninggal yang bernama BUYUNG, dia adalah sahabat terbaikku saat  SD.

Saat kenaikan kelas 4 saya di pindahkan sekolah ke kampung ibu saya di Yogyakarta, karna masalah biaya. Di sana saya di masukan di Madrasah Ibtidaiyah, yang tak bisa saya lupakan adalah murid di MI saya hanya 6 orang saja, dan guru yang sangat baik.  di sana saya sekolah hanya 2 tahun, kenaikan kelas 6 saya pindah lagi sekolah di sekolah sebelumnya.

Baca Juga:  √ Pengertian Adab dan Faktor yang Mempengaruhinya Pada Manusia

Setelah lulus dari SDN BUBULAK 4, saya melanjutkan ke MTsN benda. Saya tau sekolah ini karna di ajak masuk sama kepala sekolahnya (kebetulan kepala sekolahnya saudara). Tadinya gak mau masuk MTsN tapi karna NEM saya rendah terpaksa saya mau. Tapi saat saya jalani di sekolah ini saya suka sekolah ini. Saat MOS gak ada kesan sama sekali. Kelas 7, saya masuk di kelas 74 wali kelasnya Pak TB ENCEP SUMANTRI.

Kebetulan kelas ini kelas terbaik dari semua kelas. di kelas ini hanya satu yang gak bisa di lupakan yaitu saat aku mainan pesawat mainan saat guru b.inggris(MR. ADI) ada di kelas, dan aku langsung di suruh maju kedepan ditanya-tanya sampe mau nangis(haha).

Di kelas 8, saya dapet kelas paling buruk yaitu kelas 8c. Kelas yang paling gak di sukai banyak guru, wali kelas ku Pak Matnaji dia wali kelas yang sabar. Kenangan yang sangat menyedihkan di kelas ini saat sahabat ku telah tiada, NIKITA UMASYAH NATUR. Dia meninggal karna kecelakaan, aku sangat kehilangan dia (huhuhu).

Dan sekarang aku kelas 9, aku mendapatkan kelas yang lumayan asik yaitu 92. Dan wali kelasnya super baik yaitu Pak Muhtar dia wali kelas yang the best (hehehe). Banyak kenangan di kelas ini jadi susah nyebutinya. Guru favorit aku ada 4 yaitu kalo di singkat MAMA: Mahmuddin, Adi Afriadi, Muhtar dan Ade Zaenudin. Tapi yang paling deket sama aku cuma pak Mahmuddin.

Ke empat guru itu guru-guru yang bikin aku semangat. Kenangan yang bener-bener kenangan adalah saat aku bersama sahabatku di OSIS dengan Pembina yang hebat yaitu Pak Mahmuddin dan kawan-kawanku yaitu indah s, fasha, indah nova, farha, tiwi, arani, mila, pipit, isna, kamil, agi, solah, fikri, dll. Mereka adalah keluargaku di sekolah, aku senang bisa kenal mereka semua. Semoga nanti kita semua lulus, mendapatkan nilai yang memuaskan, dan masih bisa kumpul lagi.

Demikian ulasan singkat tentang Pengertian Biografi dan Autobiografi, Perbedaan dan Contohnya. Semoga dapat bermanfaat dan menambah ilmu pengetahuan untuk kita semua. Terima kasih.

√ Pengertian Biografi dan Autobiografi, Perbedaan dan Contohnya
5 (100%) 11 vote[s]