Budi Pekerti : Pengertian, Ciri, Fungsi, dan Contohnya

Posted on

Budi Pekerti – Sahabat pembaca Studi News yang kami banggakan, jumpa lagi bersama kami. Pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan tentang budi pekerti. Pastinya dari anda disini masih anda yang belum tahu secara lengkapnya mengenai apa itu budi pekerti.

Budi Pekerti : Pengertian, Ciri, Fungsi, dan Contohnya

Mari kita bahas terlebih dahulu mengenan pengertian budu pekerti.

Pengertian Budi Pekerti

Secara etimologi,  kata budi pekerti ini yaitu suatu gabungan yang berasal dari 2 kata yaitu dari kata budi serta pekerti. Sehingga kata budi ini sendiri mempunyai makna sadar, pikiran dan watak. Sedangkan untuk kata pekerti sendiri mempunyai arti perilaku, tabiat, perbuatan, dan juga watak.

Sedangkan secara terminologi, kata budi pekerti meruapakan nilai-nilai perilaku manusia yang mana akan diukur atas kebaikan serta keburukannya lwat ukuran norma agama, tata krama, norma hukum, sopan santun, dan  norma budaya atau adat istiadat suatu masyarakat maupun bangsa.

Dari istilah ini sendiri yaitu sebuah upaya sebagai pembentukan, peningkatan, pengembangan, dan juga untuk perbaikan perilaku terhadap peserta didik agar mau dan bisa untuk melaksanakan tugas hidupnya dengan selaras, dan seimbang diantara lahir batin, material spiritual, jasmani-rohani.

Pengertian Budi Pekerti Menurut Para Ahli

Nah ada juga beberapa pendapat dari para ahlinya mengenai definisinya ini, diantaranya yaitu.

1. KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

Menurut KBBI yaitu suatu tingkah laku, akhlak, dan juga watak. Dan dari bahasa Arabnya sendiri dikenal sebagai akhlak dan ethics pada bahasa Inggris. tak hanya Istilah ini juga sering kali dikenal dengan istilah etika.

2. Ki Sugeng Subagya

Menurut Ki Sugeng Subagya yaitu salah satu perbuatan atau tingkah laku yang mana dibimbing oleh pikiran; perbuatan yang mana realisasi dari isi pikiran; maupun perbuatan yang dikendalikan oleh pikiran.

3. Haidar

Menurut pendapat Haidar yaitu suatu usaha dilakukan dengan sadar dalam rangka untuk menanamkan atau menginternalisasikan nilai-nilai moral pada sikap serta prilaku peserta didik supaya mempunyai sikap dan prilaku yang luhur (berakhlakul karimah) pada kehidupan sehari-hari. baik pada saat berinteraksi dengan Tuhan, dengan sesama manusia ataupun berinteraksi dengan alam/lingkungan.

Fungsi Budi Pekerti

  • Pengembangan yang mana berguna untuk meningkatkan perilaku baik kepada peserta didik yang sudah tertanam pada lingkungan keluarga serta pada masyarakat.
  • Penyaluran yang mana berguna untuk membantu peserta didik yang memilikimempunyau bakat atau skil tertentu supaya bisa berkembang serta dapat bermanfaat secara optimal yang sesuai dengan budaya bangsa.
  • Perbaikan yang mana berguna untuk memperbaiki kesalahan, kekurangan serta kelemahan dari peserta didik dalam bertingkah laku pada kehidupan sehari-hari.
  • Pencegahan yang mana berguna unutk mencegah perilaku negatif yang tidak sesuai dengan ajara agama serta dari norma budaya bangsa.
  • Pembersih yang mana berguna untuk memebersihkan diri terdahap penyakit hati seperti sombong, iri, dengki, dan alin sebagainya supaya disini anak didik tumbuh dan berkembang sesuai dengan ajaran agama dan budaya bangsa.
  • Penyaringan (Filter) yang mana hal berguna untuk menyaring dari budaya-budaya bangsa sendiri serta menyaring dari budaya bangsa lain yang mana hal ini tidak sesuai dengan budi pekerti.

Ciri-Ciri Budi Pekerti

  • Beriman yaitu salah satu Sikap serta perilaku yang manan menunjukkan kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa. Pada keyakinan ini disertai atas kepatuhan dalam mengikuti perintah serta menghindari larangan yang telah berlaku. Yang mana hal in dibuktikan dengan cara taat dalam beribadah serta dalam berperilaku yang sesuai dengan norma agama.
  • Berpikir matang juga sikap serta perilaku yang mana hal ini menunjukkan kemampuan dalam berpikir yang secara objektif serta mampu untuk mengendalikan prasangka serta terbuka dalam koreksi. Termasuk tidak egois untuk mementingkan keinginanya sendiri
  • Mempunyai tanggung jawab sikap erta perilaku yang berani dalam menanggung semua konsekuensi terhdap tindakan sendiri maupun tindakan yang mereka ambil.
  • Jujur sikap serta perilaku yang tidak suka akan kebohongan. Mengatakan apa adanya serta berani untuk mengakui kesalahan.
  • Pemaaf dengan mengampuni sikap serta perilaku terhadap kesalahan orang lain serta tidak menyembunyikan perasaan pada kesalahan orang.
  • Rendah Hati yang mana dalam hal ini tidak menekankan serta untuk memprioritaskan diri terhadap mereka sendiri. Walaupun kenyataannya lebih dari yang lain.
  • Dapat Bersikap Adil sikap serta dapat perilaku yang tidak bias terhadap mempertimbangkan keputusan. Tidak memihak yang termasuk dalam membenarkan kesalahan orang yang salah serta menyalahkan orang yang benar.

Budi Pekerti : Pengertian, Ciri, Fungsi, dan Contohnya

Contoh Budi Pekerti

  • Patuh kepada orang tua
  • Membantu orang tua
  • Menolong sesama teman
  • Menghormati antara umat beragama
  • Berbagi pengetahuan sesama teman
  • Menjalin silaturrahmi antar tetangga

Demikian penjelasan yang dapat kami sampaika tentang Budi Pekerti : Pengertian, Ciri, Fungsi, dan Contohnya. Semoga dengan penjelasan yang telah kami berikan ini anda bisa lebih paham mengenai budi pekerti.

Baca juga: