Emigrasi : Pengertian, Penyebab, Jenis, Dampak dan Contohnya

Emigrasi : Pengertian, Penyebab, Jenis, Dampak dan Contohnya – Pada kesempatan ini StudiNews akan membahas tentang Emigrasi. Yang mana dalam pembahasan kali ini menejalaskan seputar emigrasi mulai dari pengertian emigrasi, penyebab, jenis, dampak dan contohnya secara singkat dan jelas. Untuk lebih jelasnya silahkan simak ulasan berikut ini.

Emigrasi : Pengertian, Penyebab, Jenis, Dampak dan Contohnya

Emigrasi memengaruhi ekonomi negara-negara yang terlibat dalam cara positif dan negatif, tergantung pada kondisi ekonomi negara saat ini. Orang beremigrasi karena berbagai alasan, termasuk meningkatkan peluang seseorang untuk bekerja atau meningkatkan kualitas hidup.

Pengertian Emigrasi

Emigrasi merupakan relokasi orang dari satu pengertian negara untuk tinggal secara permanen di negara lain. Ini adalah proses yang sama dengan imigrasi yang merupakan gelombang masuknya orang dari negara lain. Perbedaan antara kedua istilah tersebut adalah dari sudut pandangnya. Kedua jenis relokasi adalah bagian dari proses yang disebut migrasi.

Pengertian Emigrasi Menurut Para Ahli

Adapun definisi emigrasi menurut para ahli, diantaranya yaitu:

Wikipedia

Emigrasi adalah tindakan seseorang untuk meninggalkan negara atau wilayah asal untuk menetap di negara lain. Ini adalah sama halnya seperti imigrasi tetapi dari perspektif negara asal. Ada banyak alasan mengapa orang mungkin memilih untuk beremigrasi.

Beberapa adalah karena alasan agama, kebebasan politik atau ekonomi atau melarikan diri. Lainnya memiliki alasan pribadi seperti pernikahan. Beberapa orang yang pada awalnya tinggal di negara-negara kaya beriklim dingin memilih untuk berpindah ke negara yang beriklim hangat ketika mereka pensiun. Orang yang melakukan emigrasi disebut emigran.

KBBI

Emigrasi merupakan perpindahan dari tanah air sendiri ke negeri lain untuk tinggal menetap di sana.

Oxford Dictionaries

Emigrasi adalah tindakan meninggalkan negara sendiri untuk menetap secara permanen di negara lain atau pindah ke luar negeri.

Jenis Migrasi

Emigrasi merupakan salah satu bentuk migrasi yang merujuk pada pindahnya seseorang ke negara lain. Selain emigrasi terdapat beberapa tipe dasar migrasi lainnya, antara lain:

Migrasi Internal

Ini adalah perpindahan dalam suatu negara atau benua.

Migrasi Eksternal

Ini adalah perpindahan di negara bagian atau benua yang berbeda.

Imigrasi

Ini adalah perpindahan dari suatu negara ke negara baru.

Transfer Penduduk

Ini terjadi ketika pemerintah mendorong atau memaksa sekelompok orang keluar dari suatu negara atau wilayah. Ini biasanya didasarkan pada etnis atau agama. Ia juga dikenal sebagai migrasi paksa.

Migrasi yang “didorong”

Ini juga disebut migrasi yang dipaksakan. Sekelompok orang atau individu meninggalkan suatu negara atau wilayah karena situasi yang tidak menguntungkan karena faktor politik, agama, sosial.

Migrasi langkah

Ini adalah migrasi yang dilakukan langkah demi langkah dari jarak yang lebih pendek ke tujuan yang agak jauh. (Misalnya: dari kota ke provinsi ke ibukota ke luar negeri, ke luar negeri.)

Migrasi Berantai

Ini adalah rangkaian atau koneksi migrasi dalam keluarga atau sekelompok orang seperti etnis. Itu dimulai dengan satu individu yang membawa anggota keluarga lain setelah beberapa waktu (Misalnya: Pecinan)

Intercontinental

Ini adalah pergerakan orang-orang antar pengertian benua (Misalnya: orang-orang dari Filipina ke Amerika Serikat)

Intracontinental

Ini adalah pergerakan orang antar negara di benua tertentu (Misalnya: orang-orang dari Filipina ke Singapura)

Interregional

Ini adalah pergerakan orang di dalam negara. Sifatnya domestik yang bermigrasi dari desa ke kota dan sebaliknya. Ini biasanya pergerakan orang dari pedesaan ke kota untuk mencari peluang. (Misalnya orang-orang dari Cebu Filipina ke Manila Filipina)

Migrasi Pedesaan-Perkotaan

Biasanya merupakan migrasi antardaerah dengan daerah asal dari desa atau pedesaan ke tujuan tertentu yang merupakan wilayah perkotaan di negara tersebut. Tujuannya biasanya untuk menemukan menemukan peluang yang lebih baik untuk menghasilkan uang. (misalnya orang-orang dari Argao ke Kota Cebu).

Migrasi Musiman

Ini biasanya karena alasan iklim atau penanaman. Orang-orang di masa lalu pindah dari satu tempat ke tempat lain untuk tujuan penanaman dan pemanenan tanaman. Saat ini, orang berpindah dari satu tempat ke tempat lain karena iklim. Beberapa pensiunan pindah dari satu tempat ke tempat lain selama musim dingin.

Migrasi Kembali

Beberapa orang kembali ke negara atau tempat asal setelah hidup lebih lama dari alasan yang mereka tinggalkan. Banyak orang muda Filipina pindah ke Amerika Serikat untuk mencari tempat yang lebih baik untuk mencari nafkah. Pada akhirnya ketika mereka pensiun, mereka kadang-kadang cenderung pensiun di Filipina karena keterikatan mereka dengan keluarga dan teman-teman.

Dampak Positif dan Negatif Emigrasi

Efek atau dampak imigrasi pada negara penerima telah menerima banyak perhatian, tapi lebih sedikit yang pengaruhnya terhadap negara pengirim. Data yang tersedia menunjukkan bahwa, di internet, emigrasi memiliki efek positif pada negara pengirim. Misalnya, dengan mengurangi jumlah tenaga kerja di negara pengirim, emigrasi membantu mengurangi pengangguran dan meningkatkan pendapatan pekerja yang tersisa.

Beberapa negara telah mencoba untuk membatasi imigrasi, dengan keyakinan bahwa itu tidak meningkatkan pembangunan ekonomi. Namun, bukti menunjukkan bahwa, karena manfaat yang disebutkan di atas, ini mungkin mengakibatkan penurunan ekonomi yang lebih besar daripada yang ditakutkan oleh negara-negara tersebut.

Berdasarkan hal tersebut, dapat dikatakan bahwa emigrasi dapat membawa dampak atau pengaruh yang positif maupun negatif.

Dampak Positif Emigrasi

Adapun untuk dampak positif terjadinya perpindahan dalam pengertian penduduk antara negara (emigrasi) ini, antara lain adalah sebagai berikut;

  • Meningkatnya hubungan baik di antara kedua Negara
  • Wawasan pengetahuan penduduk kedua negara bertambah
  • Meningkatkan pendapatan orang-orang yang bekerja di luar negeri karena upah buruh di negara tersebut jauh lebih tinggi dibandingkan di negara asal.
  • Para emigran yang sering mengirim uang ke rumah, meningkatkan standar hidup keluarga mereka dan dengan demikian berkontribusi pada ekonomi rumah tangga dan neraca perdagangan negara-negara tersebut.

Dampak Negatif Emigrasi

Beberapa dampak negatif emigrasi pada individu dan keluarga:

  • Kesulitan emosional dan psikologis dalam meninggalkan semua yang diketahui di wilayah asal, meninggalkan lingkaran sosial, dan kadang-kadang bahkan meninggalkan keluarga di wilayah asal.
  • Kesulitan yang melekat ketika pindah ke tempat baru, misalnya kesulitan menemukan tempat tinggal, mencari pekerjaan, menetap, dan lain-lain yang mungkin dalam masyarakat yang belum diketahui kebiasaan dan tata bahasanya.
  • Menghadapi stigma atau diskriminasi karena emigran adalah orang asing.
  • Kesulitan dalam mencari teman baru dan lingkaran sosial baru dan karenanya merasa kesepian, terisolasi.

Contoh Emigrasi

Emigrasi berarti meninggalkan negara untuk tinggal di negara lain. Misalnya, jika seseorang yang tinggal di Norwegia pindah ke Prancis, mereka akan pindah dari Norwegia dan berimigrasi ke Prancis.

Contoh lain, misalnya orang Indonesia pergi bekerja ke luar negeri, misalnya para Tenaga Kerja Indonesia yang bekerja di Malaysia.

Dalam sejarah, berikut adalah contoh emigrasi: Selama kelaparan kentang di Irlandia antara tahun 1845 dan 1849, sekitar 1,5 juta orang dewasa dan anak-anak beremigrasi dari Irlandia untuk mencari kehidupan yang lebih baik di tempat lain, negara yang menjadi tempat tujuan utama mereka adalah Amerika Serikat.

Demikian ulasan singkat tentang Emigrasi : Pengertian, Penyebab, Jenis, Dampak dan Contohnya. Semoga dapat bermanfaat dan menambah ilmu pengetahuan untuk kita semua. Termiakasih.