Gaya Lompat Tinggi : Pengertian, Jenis, dan Tekniknya

Posted on

Gaya Lompat Tinggi : Pengertian, Jenis, dan Tekniknya – Pada kesempatan kali ini Studi News akan mengulas salah satu cabang olahraga lompat tinggi yang mana olahraga ini termasuk dalam olahraga atletik. Untuk mempersingkat waktu mari kita langsung saja ke pembahsannya di bawah ini.

Gaya Lompat Tinggi : Pengertian, Jenis, dan Tekniknya

Mari kita bahas penegrtiannya terlebih dahulu

Pengertian Lompat Tinggi

Lompat Tinggi yaitu termasu dalam salah satu cabang olah raga yang mana disini seorang atlet diharus untuk melakukan lompatan dengan setinggi-tingginya agar bisa mempertoleh poin serta melewati mistar tanpa bantuan alat apapun, sehingga dari sini terbentuklah dari berbagai jenis gaya yang diperbolehkan.

Jenis Gaya Lompat Tinggi

Berikut adalah beberpa jenis gaya yang diperbolehkan dalam olahraga lompat tinggi

1. Gaya Gunting

Gaya gunting yaitu gaya yang sering di lakukan para atlit sebab gaya ini bisa dibilang gaya yang paling klasik dalam ajang perlombaan lompat tinggi.

Gerakan gunting dilakukan dengan cara posisi tubuh yang miring dengan garis mistar yang digunakan untuk melompatan.

2. Gaya Flop

Gaya Flop ini yaitu gaya yang digunakan ketika sedang melakukan ajang perlombaan lompat tinggi sebab dengan cara ini dapat mempermudah untuk melampaui garis mistar ketika sedang melakukan lompatan.

Teknik ini dilakukan apabila arah ayunan kaki memakai bagian bawah maupun punggung yang sedang menghadap kedepan sehingga posisinya ini tidak lagi dalam keadan tegak lurus.

Baca Juga:  √ Pengertian Surat Edaran, Jenis, Fungsi, Ciri & Bagiannya (Lengkap)

3. Gaya Straddle

Gaya straddle sebenarnya hampir sama dengan gaya yang sebelumnya telag di jelaskan, hanya saja pada posisi kakinya yang sedikit membedakan sebab penyempurnaan gaya guling lebih rendah dari gaya gunting.

Dengan adanya gaya ini bisa digunakanuntuk mempertahan rekor nilai yang sebelumnya sudah di dapat dalam ukuran 2,23 meter, rekor ini bisa dikatakan sangat fantastis untuk dunia lompat tinggi sebab tujuannya hanyalah untuk memenangkan ajang perlombaan.

Para atlet lompat tinggi biasanya mempunyai teknik dan gaya masing-masing yang mana telah di persiapkan sebab hal ini berguna dalam memecahkan rekor untuk ajang perlombaan.

4. Gaya Guling Sisi

Gaya Guling Sisi yaitu termasuk dalam salah satu gaya yang sangat berguna akan tetapi gaya ini jarang di dipakai sebab mempunyai resiko yang sangat bahaya bagi setiap atlit.

Lompat tinggi dengan memakai gaya guling sisi bisa dikatakan tidak mudah untuk dilakukan bahkan gaya ini tidak pernah dipakai dalam lompat tinggi.

Teknik Dasar Lompat Tinggi

BErikut adalah teknik-teknik dasar yang ada pada olahraga lompat tinggi

1. Awalan

Dalam olahraga Lompat tinggi biasasanya melakukan awalan akan tetapi awalan ini harus dilakukan dengan beberapa hal seperti :

  • Berlari secepat mungkin untuk mempermudah menuju mistar
  • Mengambil langkah 5 – 10 langkah sebelum melakukan lompatan
  • Gunakan kaki yang terkuat pada saat lompatan

2. Mendarat

Mendarat yaitu teknik pada saat melakukan lompat tinggi sebab momen ini yang membuatg para atlit akan memperoleh  nilai yang melewati tiang mistar maupun ketika sedang jatuh ke matras.

3. Tolakan

Tolakan atau atau disebut juga dengan melompat yang mana dilakukan dengan cara menggunakan kaki terkuat supaya seluruh tubuh terangkat hingga menuju garis mistar yang sebelumnya telah disiapkan

Baca Juga:  √ Pengertian Kepemimpinan, Fungsi, Sejarah dan Macam Gayanya

Peraturan Lompat Tinggi

Berikut ini adalah beberapa peraturan yang ada pada oelahraga lompat tinggi

  • Peserta wajib untuk memakai seragam dan atribut
  • Setiap atlet yang berpartisipasi memiliki kesempatan untuk melewati mistar pembatas
  • Setiap atlet wajib untuk melewati garis tertinggi.
  • Wajib menggunakan satu kaki
  • Saat melewati garis mistar tidak boleh menjatuhkan kepala

Gaya Lompat Tinggi : Pengertian, Jenis, dan Tekniknya

Lapangan Lompat Tinggi

Lapangan yang yang ada pada permainan lompat tinggi terbagi menjadi empat bagian, diantaranya yaitu:

  • Jalur awalan
  • Daerah tolakan
  • Garis mistar dan penyangganya
  • Matras untuk mendarat

Demikian penjelasan dari kami mengenai Gaya Lompat Tinggi : Pengertian, Jenis, dan Tekniknya. Semoga artikel ini dapat membantu anda dalam mencari sebuah informasi. Sekian terima kasih.