Herbivora : Pengertian, Ciri, dan Contoh (Lengkap)

Posted on

Herbivora : Pengertian, Ciri, dan Contoh (Lengkap) – Apakah Anda pernah mendengar istlah hewan herbivora ? Lantas apakah itu hewan herbivora ? Pada kesempatan kali ini Studi News akan membahas tentang apa itu hewan herbivora yang meliputi ciri dan contohnya. Mari kita simak pembahasan berikut ini.

Herbivora : Pengertian, Ciri, dan Contoh (Lengkap)

Mari kita bahas bersama mengenai pengertian dari hewan herbivora terlebih dahulu.

Pengertian Hewan Herbivora

Kata Herbivora sendiri berasal dari bahasa Latin yaitu“Herba” yang artinya Tumbuhan dan kata “Vora” yang memiliki arti Dimakan atau Dilahap.

Jadi definisi dari hewan herbivora yaitu binatang atau serangga yang hanya makan tumbuh-tumbuhan seperti sayuran, buah buahan, daun, umbi bahkan akar.

Jenis hewan herbivora ini hanya akan mengkonsumsi jenis makhluk hidup yang memerlukan fotosintesis untuk hidup serta beberapa tanaman parasit yang memberi makan pada tanaman lain juga dianggap sebagai herbivora.

Ciri-Ciri Hewan Herbivora

Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri dari hewan herbivora, yaitu:

  • Makanan utama dari hewan jenis herbivora yaitu rerumputan.
  • Hewan herbivora berkembang biak dengan cara vivipar (beranak).
  • Biasanya hewan yang termasuk dalam golongan hewan herbivora yaitu hewan mamalia atau hewan menyusui.
  • Hidup secara berkelompok.
  • Hewan herbivora sebagian besar hidup di darat, sebab sumber makan mereka berada di darat.
  • Golongan hewan yang berdarah panas
  • Mamiliki gigi geraham yang lebar.
  • Hewan herbivora kebanyakan berkaki empat.
  • Tergolongan dalam jenis hewan vertebrata yang mempunyai tulang belakang.

Herbivora : Pengertian, Ciri, dan Contoh (Lengkap)

Contoh Hewan Herbivora

Berikut ini adalah beberapa contoh dari hewan herbivora, diantaranya yaitu.

Baca Juga:  Simbiosis : Pengertian, Fungsi, Jenis & Contohnya (Lengkap)

1. Kelinci

Kelinci merupakan jenis hewan mamalia yang mana terbagi menjadi dua jenis yaitu kelinci di alam liar serta kelinci peliharaan.

Makanan utama dari kelinci yaitu berbagai tanaman dan sayuran seperti sawi, wortel dan juga jenis tumbuhan serta buah-buahan lainnya.

2. Rusa

Rusa sendiri asalnaya dari Australia dan Antartika is jugs tergolong dalam jenis hewan herbivora, lebih tepatnya termasuk dalam golongan spesies cerviade yang mana hewan tersebut hanya makan rumput dan gula sebagai makanan utamanya.

3. Kuda

Kuda yakni salah satu dari sepuluh jenis mamalia modern yang berasal dari genus equua. Hewan merupakan hewan yang berperan penting dalam pengangkutan barang-barang. Tak hanya itu bahkan kuda juga menjadi salah satu hewan yang digunakan untuk perang dari jaman Nabi.

4. Panda

Pamda merupakan salah satu binatang pemakan tumbuhan yang banyak di temukan di wilayah Cina Barat-Tengah. Panda merupakan hewan yang suka memakan bambu muda.

Perburuan liar merupakan salah satu alasan mengapap hewan yang satu ini manjadi langka. Panda sendiri hidup secara berkelompok dan tinggal satu wilayah. Jenis Panda Raksasa telah ditetapkan sebagai spesies yang terancam kepunahanya.

5. Jerapah

Hewan denga nama ilmiah Giraffa Camelopardalis merupakan hewan endemik Afrika yang berkuku genap. Hewan ini mempunyai gelar sebagai hewan pemakan tumbuhan yang paling tinggi di dunia, sebab jerapah mempunyai ketinggiannya mencapai 5,5 meter dan beratnya 1365 kg.

Ukuran dari jerapah jantan lebih besar dibandingkan dengan ukuran jerapah betina, memiliki leher yang tinggi sehingga memudahkan jerapa untuk memakan dedaunan dan tumbuh-tumbuhan dari pohon yang tinggi pula.

6. Kambing

Kambing juga termasuk dalam jenis hewan herbivora, kambing sendiri mempunyai gigi geraham yang digunakan untuk mengunyah rumput-rumputan. Kambing mempunyai kaki empat yang memungkinkan untuk berlari yang sangat kencang sehingga bisa menghindar dari ancaman serangan binatang buas.

Baca Juga:  √ Pengertian Kompas, Fungsi, Macam dan Cara Penggunaannya

7. Badak

Badak merupakan salah satu jenis satwa yang keberadaanya sudah trancam punah. Di Indonesia sendiri mempunyai badak bercula satu yang hanya berada di ujung provinsi Banten yang merupakan Taman Marga Satwa Ujung Kulon. Badak juga termasuk dalam jenis hewan pemakan tumbuhan. Makanan favorit dari badak yaitu buah-buahan dan dedaunan.

8. Tapir

Tapir juga termasuk dalam jenis hewan pemakan tumbuhan, biasabta tapir memakan dedaunan serta rerumputan yang mengandung air. Tapir bertahan hidup di hutan serta du pinngiran sungai. Bentuk dari tapir yaitu mempunyai tubuh seperti babi, dan telinga yang mirip denga badak serta moncongnya yang panjang mirip dengan trenggiling, sementara pada lenguhannya lebih mirip suara burung dibandingkan binatang mamalia.

Tapir termasuk jenis hewan soliter, yang merupakan hewan yang hidup menyendiri serta suka bersosialisasi dengan hawan lainnya. Biasanya, tapir aktif pada siang hari, dan beristirahat di malam hari.

Demikianlah penjelasan mengenai Herbivora : Pengertian, Ciri, dan Contoh (Lengkap) dari Studi News. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan ilmu pengetahuan bagi para pembaca. Terima Kasih.