Hewan Reptil : Pengertian, Ciri, Struktur, & Klasifikasinya

Posted on

Hewan Reptil : Pengertian, Ciri, Struktur, & Klasifikasinya – Apakah Anda pernah mendengar istilah hewan reptil ? lantas apakah itu hewan reptil ? Pada kesempatan kali ini Studi News akan menjelaska mengenai apa itu hewan reptil yang meliputi atas  ciri, struktur beserta dengan kalisfikasinya.

Hewan Reptil : Pengertian, Ciri, Struktur, & Klasifikasinya

Mari kita bahas bersama mengenai pengertian hewan reptil terlebih dahulu.

Pengertian Reptil

Reptil yakni jenis hewan vertebrata atau hewan yang bertulang belakang yang berdarah dingin serta memiliki sisik di seluruh tubuhnya. Reptil ini juga termasuk dalam tetrapoda, yang merupakan hewan yang memiliki empat kaki. Biasanya reptil berkembang biak dengan cara bertelur, sebagai mana telurnya tersebut akan diselubungi oleh suatu membran amniotik. Keberadaan hewan reptil sendiri sangat mudah di jumpai, sebab reptil sendiri pasti disemua benua kecuali di benua atlantik.

Ciri-Ciri Reptil

Beriku ini adalah beberapa ciri dari diantaranya yaitu:

  • Kulit dari reptil sendiri bersisik dan juga kering yang mana  sisik tersebut terbuat dari suatu zat tanduk yang berfungsi untuk melindungi dari kekeringan.
  • Reptil termasuk dalam jenis hewan yang jalannya melata sebagai mana seluruh tubuh menelungkup ke permukaan tanah, sedangkan pada sejenis ular bergerak dengan cara mengerutkan otot yang ada di kedua sisi tulang belakang secara bergantian.
  • Reptil memiliki dua pasang kaki serta disetiap kakinya mempunyai cakar. Sedangkan pada hewan penyu kakinya memipih yang berbentuk kayuh bergna untuk membantu berenang.
  • Reptil sendiri berkembang biak dengan cara bertelur atau disebut juga dengan ovipar pada penyu sedangkan pada ular boa bertelur melahirkan atau disebut juga dengan ovovivipar. Fertilisasi secara internal, alat kelamin jantan disebut sebagai hemipenis.
Baca Juga:  Gerak Jatuh Bebas (GJB) : Pengertian, Ciri, Besaran, & Rumus

Klasifikasi Reptil

Kalisifikasi dari hewan reptil diantaranya yaitu Squamata, Crocodilia, Chelonia dan Rhynchocephalia berikut merupakan penjelasannya

1. Ordo Squamata

Squmata yakni jenis hewan reptil yang biasanya memiliki kulit bersisik. Ordo Squamata merupakan ordo terbesar dari kelas reptil. Hewan reptil termasuk kedalam ordo squamata diantaranya yaitu.

Contohnya : yaitu pada bangsa ular dan kadal.

2. Ordo Crocodilia

Ordo Crocodilia ialah jenis bangsa buaya. Ordo crocodilian memiliki sebuah sisik yang tebal serta terbuat dari suatu keratin yang mana diperkuat dengan adanya sebuah lempengan tulang yang disebut dengan skuta yang man digunakan sebagai pelindung. Berbeda dengan ular, sisik pada buaya dapat rontok satu persatu. Buaya juga memiliki otot yang sangat kuat pada bagian ekornya. Pada Kepala ordo crocodilian berbentuk piramida, keras serta kuat yang ditambah dengan adanya gigi yang runcing yang berfungsi untuk mencabik-cabik mangsanya.

Contoh : dari Ordo Crocodilia diantaranya adalah Buaya Air Tawar, Buaya Air Asin serta berbagai jenis bangsa buaya lainnya.

3. Ordo Chelonia

Ordo chelonian yakni jenis hewan reptilian yang memiliki cangkang, memiliki bentuk tubuh yang pendek dan juga lebar yang dilindungi oleh karapas serta plaston, tidak bergigi dan pada bagian lidah tidak bisa menjulur. Cangkang pada jenis ordochelonian meruppakan termasuk dalam bagian dari tulang belakang serta modifikasi dari tulang rusuk yang berfungsi sebagai pertahanan berguna untuk perlindungan diri dari predator. Sedengakan pada cangkang bagian atas dari chelonian disebut dengan karapaks dan untuk pada cangkang bagian bawahnya disebut dengan plaston.

Contoh : dari Ordo chelonian merupakan Kura-kura dan penyu.

4. Ordo Rynchochephalia

Jenis reftil ini termasuk dlam ordo terakhir dari kelas reptil. Hewan yang termasuk ke dalam ordo rynchochephalia adalah Tuatara yang merupakan satu satunya spesies yang termasuk dalam ordo rynchochephalia. yang mana dikabarkan bahwa hewan tuatara ini sudah hidup sejak dari zaman dinosaurus. Tuatara ini juga berasal dari pulau lepas pantai yang ada di Selandia Baru. Ciri-ciri dari tuatara sendiri yakni terdapat duri yang berderet di sepanjang tulang belakang serta memiliki mata ketiga yang berfungsi untuk mengenali sebuah perbedaan antara gelap dan terang.

Baca Juga:  √ Pengertian Flora dan Fauna, Klasifikasi, Manfaat & Contoh (Lengkap)

Hewan Reptil : Pengertian, Ciri, Struktur, & Klasifikasinya

Manfaat Reptil Bagi Manusia

  • Merupakan predator alami, misalnya sepert ular memakan tikus, bengkarung memakan serangga.
  • Bisa digunakan sebagai bahan pangan, misalnya daging ular, daging kura-kura, serta telur penyu.
  • Minyak ular atau racun ular juga daat dimanfaat kan sebgai bahan pada obat-obatan.
  • Pada kulit buaya, ular, biawak dan juga penyu dapat digunakan sebagai bahan baku pembuatan tas, sepatu dan lain sebgainya.

Demikianlah sedikit ulasan mengenai Hewan Reptil : Pengertian, Ciri, Struktur, & Klasifikasinya semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan ilmu pengetauhan anda. Terima kasih.