√ Pengertian Iklan Baris, Ciri-Ciri, Jenis Beserta Contohnya

Posted on

Pengertian Iklan Baris, Ciri-Ciri, Jenis Beserta Contohnya – Pada kesempatan ini Studi News akan membahas tentang Iklan Baris. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan pengertian iklan baris, cir-ciri, jenis beserta contohnya dengan secara singkat dan jelas. Untuk lebih jelasnya simak artikel tentang iklan baris berikut ini.

Pengertian Iklan Baris, Ciri-Ciri, Jenis Beserta Contohnya

Anda pasti sering melihat iklan baris yang ada pada media terutama berupa media koran atau surat kabar. Sebelum mengenal lebih jauh terlebih dahulu kita pahami tentang apa iklan baris dan apa saja ciri serta jenisnya.

Pengertian Iklan Baris

Dalam bahasa inggris iklan baris yaitu Classified Advertising yang mana adalah salah satu pilihan dalam promosi jasa atau barang yang umumnya ditemukan pada surat kabar atau koran. Dalam hal ini promosi iklan tersebut adalah pengembangan iklan yang mengutamakan daya tarik dengan menggunakan informasi dan gambar dalam bentuk teks lebih terperinci dan lengkap.

Pada iklan baris lebih menonjolkan inti informasi yang perlu diketahui oleh peminat atau pembacanya. Sebab iklan baris hanya berisikan informasi seperlunya dan hanya membutuhkan beberapa baris sesuai dengan namanya yaitu iklan baris. Pada media cetak koran biasanya mensyaratkan iklan baris minimal 2-3 baris dengan dilengkapi nomor telepon, lamaan dan lain sebagainya sebagai penambah informasi iklan baris itu.

Pada iklan baris sebab tidak memakai gambar sebagai daya tariknya, maka tampilannya dibuat secara berkelompok sesuai isi. Contohnya kelompok barang  yang di jual di pasang dalam baris yang berbeda dengan kelompok barang yang dicari. Kemudian barang yang dijual diklasifikasi lebih jauh contohnya rumah, motor, tanah, mobil dan lainnya.

Baca Juga:  √ Pengertian Intervensi, Jenis dan Bentuknya (Bahas Lengkap)

Penjual atau pembeli biasanya memberikan alamat rumah atau nomor telepon agar barang dapat diambil, dilihat atau dibeli.

Sebab ukuran yang tampak lebih kecil dari iklan pada umumnya, harga iklan baris lebih murah dibandingkan iklan lainnya. Dalam penampilannya lebih sederhana sebab tidak membutuhkan ilustrasi grafis atau art-work. Oleh karena itu umumnya bisa menerima iklan baris untuk segera ditampilkan atau dimuat dalam penerbitan keesokan harinya.

Seiring perkembangan teknologi media, pembuatan iklan baris tidak lagi terbatas pada koran saja namun dapat dengan media lain contohnya internet.

Iklan baris kebanyakan lebih ditumpukkan pada lamaan atau blog dengan menggunakan kaedah baru dilamaan seperti blogger atau wordpress.

Pengertian Iklan Baris Ciri-Ciri Jenis Beserta Contohnya

Ciri-ciri Iklan Baris

Berikit ini adalah ciri dari iklan baris, antara lain yaitu :

  • Di lengkapi dengan nomor telepon yang bisa dihubungi
  • Iklannya berupa inti informasi, yang mana menjadikannya ditulis dengan singkat dan umumnya memiliki 2 hingga 3 baris
  • Bentuk kalimatnya pendek dan sering memakai singkatan, ada juga iklan yang lengkap dengan tambahan gambar yang ukurannya sangat kecil dan tak berwarna.
  • Ditampilkan / dimuat dengan berkelompok sesuai dengan jenis barang atau jasa yang ditawarkan, semisal mobil, rumah, jasa, tanah dan lain sebagainya
  • Biaya pemasangannya murah, karena hanya memerlukan lokasi yang kecil dalam kolom koran
  • Tidak memerlukan ilustrasi grafis (gambar).

Jenis Iklan Baris

Berikut ini adalah beberapa jenis dari iklan baris, antara lain yaitu:

  • Iklan Penawaran (Barang/Jasa) adalah iklan yang menawarkan barang ataupun Jasa
  • Iklan Pencarian adalah jenis Iklan yang memberikan suatu informasi pencarian, bisa mencari barang, orang atau hal-hal lainnya
  • Iklan Penjualan adalah jenis Iklan yang berisikan informasi tentang penjualan barang
  • Iklan Lowongan adalah jenis Iklan yang berisikan informasi tentang lowongan pekerjaan
Baca Juga:  √ Pengertian Kinerja, Karakteristik, Faktor dan Tujuannya (Lengkap)

Contoh Iklan Baris

  • Dibutuhkan: 1.Sales, 2. Staf Admin, Llsn SMA/D3/S1/S2. Hub. 082 334 058 435.
  • Dicari guru B.Arab Llsn SMA/D3/S1/S2 syrt: ikut Test & training dulu; Budi-58640088 Gatot Subroto 33
  • Avanza warna hitam “17, jarang dipakai, mesin ori, surat lengkap, 120 Juta, Nego: 0812 3432 3333.
  • Dcri ART cewek, usia min 20 thn, max 45 thn, krj enak, gaji cukup besar, minat hub: 0819 4542 3332
  • Bth Sgr Sales Wanita Pny motor Max.35 Th B’sedia Kluar daerah Lmr Ke CV. Budi Semarang Jaya. Smg Indah Blok B4 No.20.

Demikian penjelasan tentang Pengertian Iklan Baris, Ciri-Ciri, Jenis Beserta Contohnya, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda.