Isi Teks Sumpah Pemuda Yang Benar dan Asli (Pembahasan Lengkap)

Isi Teks Sumpah Pemuda Yang Benar dan Asli (Pembahasan Lengkap) – Sumpah pemuda merupakan salah satu peristiwa penting dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia. Dalam peristiwa sumpah pemuda ini diikrarkan pada tanggal 28 oktober 1928 di jakarta yang merupakan kongres pemuda kedua.

Isi Teks Sumpah Pemuda Yang Benar dan Asli (Pembahasan Lengkap)

Nah untuk mengetahui lebih jelas mengenai teks sumpah pemuda, studinews kali ini akan membahas terlebih dahulu mengenai sejarah sumpah pemuda. Berikut penjelasannya:

Sejarah Sumpah Pemuda

Latar belakang sumpah pemuda bermula pada saat diadakannya kongres sumpah pemuda kedua. Kongres tersebut diadakan pada tanggal 27-28 oktober 1928 dan digelar dikota Batavia atau Jakarta. Kongres tersebut menghasilkan sebuah ikrar yang disepakati oleh para pemuda.

Namun, istilah sumpah pemuda sendiri tidak dikemukakan pada saat kongres, akan tetapi setelah kongres. Ikrar sumpah pemuda pun menjadi salah satu peristiwa penting dalam rentetan perjuangan kemerdekaan Indonesia.

Tokoh Sumpah Pemuda

Dalam sumpah pemuda, ada beberapa tokoh-tokoh yang berperan penting dalam menyelenggarakan dan menyusun naskah sumpah pemuda. Rumusan naskah sumpah tersebut ditulis oleh Moehammad Yamin pada secarik kertas yang diberikan kepada Soegondo saat Sunario sedang berpidato pada sesi terakhir kongres.

Soegondo kemudian menyetujui ide Moehammad Yamin dan setelahnya disetujui pula oleh anggota kongres lain. Kemudian bunyi sumpah pemuda pun dibacakan oleh Soegondo dan kemudian arti sumpah pemuda dijelaskan panjang lebar oleh Moehammad Yamin.

Bunyi Sumpah Pemuda

Secara umum, ada 2 jenis naskah teks sumpah pemuda yaitu naskah sumpah pemuda asli dengan naskah ejaan lama serta teks sumpah pemuda dengan ejaan baru yang disempurnakan.

Teks Sumpah Pemuda Asli

Bunyi sumpah pemuda yang asli masih menggunakan ejaan lama. Berikut ini teks sumpah pemuda yang asli dan otentik sebagaimana tercantum di dinding museum sumpah pemuda dengan ejaan van ophuysen.

Soempah Pemuda

Pertama: Kami poetra dan poetri Indonesia, mengakoe bertoempah darah jang satoe, tanah Indonesia.
Kedoea: Kami poetra dan poetri Indonesia mengakoe berbangsa jang satoe, bangsa Indonesia.
Ketiga: Kami poetra dan poetri Indonesia mendjoendjoeng bahasa persatoean, bahasa Indonesia.

Teks Sumpah Pemuda Ejaan Baru

Naskah sumpah pemuda tersebut kemudian diubah menjadi ejaan baru. Perubahan tersebut dilakukan dengan menggunakan ejaan yang disempurnakan. Berikut ini adalah naskah sumpah pemuda dengan ejaan baru.

Sumpah Pemuda

“Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia
Kami putra dan putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia
Kami putra dan putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia”

Isi Teks Sumpah Pemuda Yang Benar dan Asli

Hari Sumpah Pemuda

Hari sumpah pemuda diperingati setiap tanggal 28 Oktober. Hal ini sesuai dengan Keputusan Presiden No. 316 Tahun 1959 tentang peringatan hari Sumpah Pemuda.

Demikianlah penjelasan singkat kita mengenai Isi Teks Sumpah Pemuda Yang Benar dan Asli (Pembahasan Lengkap). Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan kita semua. Sekian dan terimakasih 🙂