Jalan Cepat Adalah : Tujuan Beserta Dengan Manfaatnya Lengkap

Posted on

Jalan Cepat Adalah : Tujuan Beserta dengan Manfaatnya Lengkap – Pada kesempatan yang mambahagiakan ini Studi News akan menjelaskan tentang salah satu materi yang terdapat pada mata pelajaran penjaskes yaitu tentang materi jalan cepat. Disini kami akan menjelaskan materi jalan cepat yang meliputi atas tujuan dan manfaat yang terdapat pada olahraga jalan cepat tersebut. Seperti apa penjelasannya ? Mari simak penjelsannya dibawah ini.

Jalan Cepat Adalah : Tujuan Beserta dengan Manfaatnya Lengkap

Pengertian dari Jalan cepat adalah salah satu cabang olahrga yang mana hal ini dilakukan dengan cara bergerak kedepan secara cepat dan tanpa hubungan terputus dengan tanah. Setiap melakukan langkahan, kaki depan disini harus menyentuh tanah pada saat kaki belakang sebelum meninggalkan tanah. Kaki harus dalam keadaan lurus sehingga keadaan kaki mempunyai posisi yang tegak lurus.

Jalan cepat juga dapat diartikan sebagai aktivitas berjalan yang  dilakukan cukup cepat yang mana hal ini juga termasuk dalam salah satu bentuk olah raga tetapi berbeda dengan olah raga yang lain.

Tujuan Jalan Cepat

  • Untuk memperkuat otot punggung dan juga otot perut.
  • Untuk menggerakkan kaki di sepanjang garis lurus.
  • Untuk menjaga lutut agar tetap lurus dalam fase pendukung.
  • Mencegah supaya bahu dan lengan agar selalu.
  • Memperoleh gerakan yang fleksibel dan berguna bagi tubuh manusia.

Ciri-Ciri Jalan Cepat

  • Mengangkat bagian paha kaki dan diayun ke depan lutut.
  • Tungkai bagian bawah bergantung secara rileks dengan mengayunkan paha ke arah depan.
  • Tungkai bawah juag ikut terayun ke depan sehingga disini lutut menjadi lurus.
  • Tumit kaki adalah sebuah cara ketika sedang mendaratkan kaki ke tanah.
  • Dilakukan bersamaan dengan mengangkat tumit, lalu ujung kaki tumpu lepas dari tanah dan ganti dengan kaki yang diayunkan.
  • Posisi badan ketika sedang melangkah dengan posisi kepala, punggung, dada, pinggang, hingga tungkai bawah harus sedikit maju ke depan.
  • Sikut bisa dilipat 90 derajat, lalu ayunan lengan kiri ke depan bersamaan dengan mengangkat paha dan kaki kanan.
  • Koordinasi gerakan yang bisa dilakukan antara lengan kiri bersamaan dengan kaki kanan serta pada lengan kanan bersamaan dengan kaki kaki kiri jalan cepat.
Baca Juga:  √ Pengertian Konsep, Ciri, Fungsi, Unsur dan Karakteristiknya (Lengkap)

Jalan Cepat Adalah : Tujuan Beserta Dengan Manfaatnya Lengkap

Manfaat Jalan Cepat

Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan dari olah raga jalan sehat

1. Fleksibilitas Tubuh

Olahraga ini secara otomatis akan menghasilkan otot otot akan mengendur serta juga bisa memberikan ruang agar dapat  bergerak bebas. Namun jika jalan cepat ini dilakukan secara rutin dan baik maka otot otot dalam tubuh akan mengalami kelenturan maupun fleksibilitas yang baik bagi tubuh.

2. Meningkatkan Fisik

Olaraga lari cepat juga bisa melatih dengan baik untuk kecukupan tenaga serta fisik dalam tubuh, sebab disini tubuh nantinya akan terbiasa ketika sedang melakukan olahraga secara rutin mana bisa dilakukan pada anggota tubuh salah satunya kaki.

3. Melancarkan Sirkulasi Dalam Tubuh

Olahraga jalan cepat juga bisa melancarkan sirkulasi peredaran pada darah yang ada dalam tubuh, sehingga tubuh akan menjadi lebih segar serta organ dalam tubuh pun ikut bisa merasakan dampak positif dari olaharaga lari cepat ini.

4. Mengencangkan Tubuh

Olahraga jalan cepat juga bisa membuat kulit menjadi kencang, sebab biasanya bagi orang yang berhasil diet dan menurutkan berat badan, kulitnya akan terasa menjadi kenodor. Dengan melakukan olah raga jalan cepat, yang memerlukan gerakan otot perut dan otot kaki nantinya akan mengencangkan tubuh.

5. Mengurangi Lemak

Olahraga jalan cepat juga bisa mengurangi lemak sebab dalam olahraga ini tubuh bisa mengeluarkan banyak keringat yang mana hal ini dihasilkan dari pembakaran lemak pada tubuh.

6. Menjaga kesehatan jantung

Olahraga jalan cepat baik untuk menjaga kesehatan jantung sehingga bisa bermanfaat untuk membantu dalam mengontrol tekanan darah serta mengurangi lemak-lemak yang ada pada tubuh dan juga faktor-faktor yang dapat memperbesar peluang seseorang untuk terkena tekanan darah tinggi.

Baca Juga:  √ Pengertian Perusahaan Manufaktur, Fungsi dan Cirinya (Lengkap)

7. Mencegah atau mengontrol diabetes

Setiap melakukan olahraga Jalan cepat selama 20-30 menit dalam sehari, yang mana hal ini dapat membantu untuk menurunkan kolesterol dan berpeluang untuk memperoleh aspek penting untuk membantu mencegah serta mengelola makanan yang terpendam pada tubuh.

Demikian penjelasan tentang Jalan Cepat Adalah : Tujuan Beserta dengan Manfaatnya Lengkap dari kami. Semoga dengan adanya artikel ini bisa menambah wawasan anda.