Jenis Jenis Seni Musik : Pengertian, Fungsi, & Manfaatnya

Posted on

Jenis Jenis Seni Musik : Pengertian, Fungsi, & Manfaatnya – Di kehidupan sehari-hari pasti kita sering mendengarkan musik. Musik sendiri sama seperti pada cabang seni lainnya, yang mana mamiliki makna-makna tertentu didalamya. Berikut ini kami akan mengulas beberapa jenis-jenis dari seni musik diantaranya yaitu sebagai berikut.

Jenis Jenis Seni Musik : Pengertian, Fungsi, & Manfaatnya

Sebelum memasuki ke jenis-jenisnya alangkah baiknya kita bahas terlebih dahulu mengenai pengetian seni musik.

Pengertian Seni Musik

Kata seni musik terdiri atas 2 kata yakni kata seni dan musik. Kata seni artiya ayitu suatu hasil cipta, rasa, serra karsa manusia yang di wujudkan dalam berbagai sarana. sedangkan arti dari musik yaitu hasil pengolahan suara, melodi, serta harmoni, ritme, vokal, dan juga pada tempo. Jadi secara umum pengertian dari seni musik yaitu hasil cipta, rasa dan krasa manusia yang di wujudkan dalam bentuk olahan suara, melodi, harmoni, ritme, tempot dan juga vokal.

Seni musik meruapakan cabang seni yang memakai olah vokal, melodi, harmoni, ritme, serta tempo yang teratur sebagai sarana dalam mengekspresikan perasaan maupun emosi penciptanya.

Fungsi-Fungsi Musik

Fungsi dari musik diantaranya yaitu:

  1. Musik berfungsi Sebagai Ungkapan Emosional
  2. Musik berfungsi Sebagai Penghayatan Estetis
  3. Musik berfungsi Sebagai Hiburan
  4. Musik berfungsi Sebagai Komunikasi
  5. Musik berfungsi Sebagai Perlambangan
  6. Musik berfungsi Sebagai Reaksi Jasmani
  7. Fungsi Musik Dalam Norma Sosial
  8. Fungsi Musik Dalam Pengesahan Lembaga Sosial
  9. Fungsi Musik Dalam Kesinambungan Budaya
  10. Fungsi Pengintegrasian Masyarakat
Baca Juga:  √ Pengertian Latar, Menurut Para Ahli, Macam Beserta Fungsinya

Unsur-Untur Musik

  • Melodi
    Melodi merupakan salah satu kesatuan frase yang tersusun atas nada-nada dengan urutan, interval, serta tinggi rendah yang teratur.
  • Irama
    Irama yaitu suatu pergantian dari panjang pendek, tinggi rendah, dan keras lembut pada nada atau bunyi dalam suatu rangkaian musik.
  • Birama
    Birama merupakan salah satu unsur seni yang berupa ketukan maupun ayunan berulang-ulang yang hadir secara dengan teratur pada waktu yang bersamaan.
  • Harmoni
    Harmoni yaitu sekumpulan nada yang apabila dimainkan secara bersamaan akan menghasilkan suatu bunyi yang enak dinikmati (didengar).
  • Tangga Nada
    Tangga nada merupakan deret nada yang disusun secara bertingkat, terdapat 2 jenis tangga nada diantaranya yaitu tangga nada diatonis dan pentatonis.
  • Tempo
    Tempo merupakan sebuah ukuran kecepatan birama lagu.
  • Dinamika
    Dinamika yaitu sebuah tanda guna memainkan nada dengan volume lembut atau keras.
  • Timbre
    Timbre yaitu suatu kualitas atau warna bunyi.
  • Ekspresi
    Ekspresi merupakan suatu ungkapan perasaan dari dalam hati yang bisa ditunjukkan melalui ekspresi, apakah tersebut gembira, sedih, romantis, dan berbagai ekspresi lainnya.

Jenis Jenis Seni Musik : Pengertian, Fungsi, & Manfaatnya

Jenis-jenis Seni Musik

1. Blues

Blues yaitu genre musik yang asalnya dari masyarakat Afrika dan Amerika, dan musik ini lahir di sekitar akhir abad ke-19. Ciri-ciri dari musik blues merupakan lirik awalnya yang terdiri tas satu baris yang diulang sebanyak empat kali.

2. Country

Musik country yaitu salah satu genre musik yang populer di Amerika yang mana musik ini asalnya dari Amerika Serikat selatan lebih tepatnya di Atlanta serta Georgia pada tahun 1920. Ciri khas dari musik country yaitu  rata-rata memakai instrumen string seperti alat musaik banjo, gitar akustik, gitar listrik, biola, dan harmonika.

Baca Juga:  √ Pengertian Seni Teater, Unsur dan Contoh Seni Teater

3. Electronic

Musik electronic salah satu jenis musik yang secara keseluruhan memakai alat musik elektronik serta teknologi musik elektronik. Contoh alat musik elektronik yaitu gitar listrik, organ hammond, serta telharmonium.

4. Hip Hop

Musik hip hop yaitu genre musik yang terdiri atas musik berirama dan juga bergaya yang umumnya terdapat rap dan vokal ritmis. Biasanya vokalis membaca lirik lagu seperti sedang membaca biasa namun terdapat ritme tertentu.

5. Jazz

Jazz yaitu termasuk dalam aliran musik yang berasal dari masyarakat Afrika-Amerika pada akhir abad ke-19. Musik ini disebut memiliki alunan yang merdu. Musik ini memperoleh pengaruh besar oleh budaya Eropa dan Afrika Barat.

6. Pop

Musik pop ini memiliki Istilah pop yaitu berasal dari populer yaitu bentuk modern dari rock and roll. Musik pop terbentuk pada tahun 1950-an. Musik ini memiliki melodi lebih lembut dari rock and roll.

7. R & B

R & B (atau RnB) merupakan singkatan dari rhythm & blues yaitu jenis musik yang cukup populer yang mana musik ini berasal dari negara Afrika-Amerika disekitar tahun 1940-an.

8. Rock

Musik rock adalah salah genre musik populer yang mana asalnya dari musik rock and roll di Amerika serikat pada tahun 1950-an. Musik ini memperoleh pengaruh dari blues, jazz, klasik, dan lain sebagainya.

9. Klasik

Musik klasik yaitu seni musik yang berakar dari tradisi musik Barat. Genre musik ini sebelumnya sudah ada sejak abad ke-11.

10. Reggae

Musik reggae yaitu salah satu genre musik yang berasal dari Jamaika yang muncul pada akhir tahun 1960-an. Musik ini dipengaruhi oleh jazz Amerika dan RnB.

Itulah sedikit ulasan mengenai Jenis Jenis Seni Musik : Pengertian, Fungsi, & Manfaatnya, dari Studi News. Semoga dengan adanya artikel ini bisa menambah wawasan ilmu pengetahuan anda. Terima kasih.