Karnivora : Pengertian, Ciri, dan Contohnya (Lengkap)

Posted on

Karnivora : Pengertian, Ciri, dan Contohnya (Lengkap) – Apakah anda pernah mendengar istilah hewan karnivora ? lantas apakah itu hewan karnivora ? Pada kesempatan ini Studi News akan menjalaskan mengenai hewan karnivora beserta dengan ciri dan contohnya. Mari simak pembahasan berikut ini.

Karnivora : Pengertian, Ciri, dan Contohnya (Lengkap)

Mari kita beahas bersama mengenai pengertian karnivora terlebih dahulu

Pengertian Karnivora

Kata semdir Karnivora berasal dari bahasa Latin “caro” yang artinya daging sedangkan “vorare” memiliki arti makanan. Hewan Karnivora yaitu jenis hewan pemakan daging.

Ciri-Ciri Hewan Karnivora

Berikut ini adalah beberapa ciri dari hewan karnivora diantaranya yaitu:

  • Pemakan daging.
  • Hewan karnivora termasuk dalam golongan hewan menyusui atau mamalia.
  • Hewan karnivora tergolong dalm hewan buas, meskipun ada juga yang tidak (contohnya kucing).
  • Mempunyai kuku serta taring yang tajam, yang digunakan untuk mengoyak daging mangsanya.
  • Mempunyai kemampuan dalam berburu.
  • Sebagian besarnya hidup di darat.
  • Mempunyai gerakan yang cepat
  • Sebagian besar dari hewan karnivora mempunyai tulang belakang atau disebut juga dengan vertebrata.
  • Mempunyai penglihatan dan pendengaran yang tajam

Karnivora : Pengertian, Ciri, dan Contohnya (Lengkap)

Contoh Hewan Karnivora

Berikut ini adalah beberapa contoh dari hewan karnivora

1. Ikan Hiu

Ikan hiu yaitu jenis sekelompok ikan yang memiliki kerangka tulang yang lengkap serta mempunyai bentuk tubuh ramping. Ikan hiu termasuk dalam hewan karnivora yang hidup di dalam air.

Ikan hiu bernafas dengan mengunakan lima liang insang bahkan bahkan terkadang ikan hiu bernafas dengan enam sampai tujuh insang. Hal itu tergantung pada jenis spesies hiu.

Baca Juga:  Omnivora : Pengertian, Ciri, dan Contohnya (Lengkap)

Ikan hiu mempunyai tubuh yang dilapisi dengan kulit demal denticles yang berguna untuk melindungi tubuhnya dari kerusakan serta untuk menambah dinamika air. Hiu biasanya mempunyai deret gigi yang bisa digantikan. Sebagian besar dari jenis ikan hiu merupakan ikan pemangsa yang ganas.

2. Harimau

Harimau juga termasuk hewan yang tergolong dalam hewan mamalia sebab harimau mempunyai tulang belakang dan berdarah panas. Harimau yaitu spesies kucing terbesar dari jenisnya, bahkan harimau sendiri dapat melebihi ukuran singa. Tak hanya itu harimau juga termasuk dalam hewan karnivora, biasanya mereka memburu mangsa dengan ukuran badan yang agak besar.

Contohnya dari hewan buruannya yaitu seperti rusa, kijang, domba, zebra, babi dan beberapa jenis hewan mamalia lainnya. Apabila harimau tidak menemukan hewan-hewan tersebut, maka harimau akan mencari hewan dengan ukuran lebih kecil. Contohnya seperti landak.

3. Rajawali

Hewan yang termasuk dalam jenis hewan karnivora selanjutnya yaitu Rajawali Totol. Rajawali Totol yaitu hewan karnivora atau hewan pemakan daging yang banyak tersebar pada hutan dataran rendah di Benua Eropa serta Benua Asia, seperti di Finlandia hingga Tiongkok.

Biasnya hewan karnivora memiliki ciri yaitu, mempunyaiukuran antara 62-74 centimeter, memiliki bulu berwarna gelap pucat, serta bentuknya yang ramping. Kelebihan dari Rajawali Totol ini yaitu bisa terbang tinggi dalam waktu yang lama.

4. Buaya

Buaya, selain dianggap sebagai binatang yang pemakan daging buaya juga termasuk dalam anggota hewan reptil. Buaya mempunyai habitat utama di air tawar, danau, rawa serta pada tempat yang lembab. Meskipun terdapat juga dari sebagian kecil jenis buaya hidup di daerah perairan air payau atau danau.

5. Serigala

Serigala merupakan seekor hewan yang termasuk dalam keluarga canidae dengan yang mana ia memiliki kebiasaan melolongnya yang sangat mengerikan di tengah malam.

Baca Juga:  Pupil : Pengertian, Fungsi, Ukuran & Kelainannya

Serigala memburu berbagai jenis animalia, terutama dari bangsa aves dan pengerat. Bahkan manusia juda menjadi target buruannya apabila persediaan makanannya sudah sangat terbatas. Serigala memiliki gigi yang tajam dan cakarnya yang runcing yang mana digunakan sebagai senjata utamanya dalam melumpuhkan mangsa.

6. Beruang

Beruang yakni jenis hewan yang masih tidak sedikit spesiesnya diberbagai penjuru dunia. Beruang memiliki ukuran yang sedang serta mempunyai ukuran yang besar. Di Indonesia juga terdapat beruang pribumi dari Bengkulu.

7. Komodo

Komodo merupakan hewan yang termasuk dalam hewan langka yang tidak sedikit ditemui di pulau komodo Indonesia, komodo sendiri termasuk dalam kategoru kadal terbesar di dunia. Komodo mempunyai struktur kulit yang sangat tebal dan juga keras. Ukuran dari komodo sendiri bisa mencapai ukuran hingga 3 meter pada saat sudah berumur tua. Kekuatan dari komodo terletak pada ekor serta rahangnya yang kuat ditambah lagi dengan air liur komodo yang terkenal sangat beracun.

Demikian lah sedikit ulasan mengenai Karnivora : Pengertian, Ciri, dan Contohnya (Lengkap) dari Studi News. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan ilmu pengetahuan anda. Terima kasih.