Komunikasi Data : Pengertian, Jenis & Tujuannya

Posted on

Komunikasi Data : Pengertian, Jenis & Tujuannya – Apakah anda sekalian pernah mendengar tentang komunikasi data ? Lantas apa itu Komunikasi data? Pada kesempatan kali ini Studi News akan menjelaskan tentang komunikasi data yang meliputi atas pengertian, jenis, dan juga tujuannya. Mari simak pembahasan berikut.

Komunikasi Data : Pengertian, Jenis & Tujuannya

Mari kita bahas bersama mengenai pengertian komunikasi data terlebih dahulu.

Pengertian Teknologi Komunikasi Data

Teknologi Komunikasi Data yaitu suatu proses untuk melakukan pengiriman informasi (data) yang mana sebelumnya telah diubah dalam suatu kode tertentu sebagaimana telah disepakati melalui suatu media transmis dari pengirim (sender) ke penerima (receiver).

Komunikasi data yakni suatu hubungan atau interaksi (pengiriman serta peneriman) antar device yang terhubung pada suatu jaringan, baik itu dalam jangkauan sempit maupun pada jangkauan yang lebih luas.

Jenis-Jenis Komunikasi Data

Berikut ini meruakan jenis-jenis dari komunikasi data, diantaranya yaitu:

Telegraf

Telegraf

Telegraf yakni suatu sistem dalam telekomunikasi yang menggunakan peralatan listik dalam melakukan pengiriman dan menerima sinyal yang mana sesuai dengan kode dalam bentuk pulsa listrik yang masih mengunakan kabel-kabel tembaga dari jarak jauh.

Faksimile

Mesin faks yaitu salah satu peralatan untuk telekomunikiasi yang digunakan dalam melakukan mengirimkan tulisan dan gambar melalui kabel telepon, Mesin faks ini menyalin dokumen yang akan dikirimkan, selanjutnya mengirimkan dokumen tersebut pada nomor faks yang ingin dituju.

Baca Juga:  Cara Kerja Wireless dan Contohnya

Pager

Sebenarnya pager digunakan hanya untuk memanggil saja atau untuk memberikan instruksi dalam satu arah saja atau tidak interaktif. Infromasi yang akan disampaikan mula-mula direkam oleh si operator serta ditransformasikan dalam bentuk tulisan dan selanjutnya disampaikan ke mesin pager.

Jaringan Komputer (Email, Website, Media Sosial, dll)

Jaringan komuter meruppakan salah satu alat komunikasi menggunakan memerlukan media internet dalam berkomunikasi.

Sistem Komunikasi data

Komunikasi data yang melibatkan dua buah simpul (biasanya dalam bentuk komputer, namun bisa juga dalam bentuk peralatan yang lain). Komponen-komponen pentingnya di antaranya yaitu :

  • Komputer sebagai tempat untuk memproses data.
  • Terminal atau yang disebut juga dengan peralatan input output berguna untuk mengirimkan atau menerima data.
  • Media transmisi (saluran komunikasi)sebagai tempat penghubung antara pengirim dan juga penerima.
  • Prosesor komunikasi sebagai pendukung dalam melakukan pengiriman atau penerimaan data via media transmisi.
  • Perangkat lunak sebagai pengontrol suatu kegiatan pertukaran informasi.

Macam Isyarat

Sebagai mana data atau informasi yang disampaikan melalui media transmisi terwujud melalui isyarat listrik. Dapat berupa:

  • Isyarat Analog

Isyarat analog atau yang disebut juga dengan isyarat kontinyu, hal ini disebabkan karena memiliki bentuk berupa gelombang yang kontinyu, yang mana membawa informasi dengan mengubah karakteristik pada gelombang.

  1. Amplitude
    Apabila dikaitkan pada suara, yang menentukan ketinggian dari gelombang seta yang menentukan mengenai keras tidaknya suara yaitu Amplitude.
  2. Frekuensi
    Apabila dikaitkan dengan suara, yang menentukan jumlah dari siklus gelombang dalam satu detik yang berimplikasi terhadap kenyaringan suara (melengking atau tidak) yaitu disebut Frekuensi.
  • Isyarat Digital

Isyarat digital atau yang disebut juga dengan isyarat diskret. Isyarat ini tersusun dari dua keadaan, yang mana dapat juga disebut dengan bit. Keadaan 1 didapatkan dengan contohnya diwakili oleh tegangan + 5 volt serta dalam keadaan 0 diwakili oleh 0 volt. Bisanya jumlah kemungkinan nilai yang terbentuk daru kombinasi n buah bit yaitu sebesar 2n buah. COntohnya yaitu seperti dalam sistem ASCII, huruf A yang dinyatakan dengan 01000110.

Baca Juga:  Pengertian LAN (Local Area Network) : Fungsi, & Karakteristik

Prosesor Komunikasi

Prosesor komunikasi yaitu suatu peranti yang bertindak dalam melewatkan data atau informasi terhadap media transmisi atau dengan menerima informasi dari media tranmisi. Contohnya yaitu seperti, modem (modulator-demodulator) :

  • Modulator (digital ke analog)
  • Demodulator (analog ke digital)

selain modem, dapat juga berupa :

  • Front-end Procesor (merupakan pengelolaan komunikasi dalam suatu sistem mainframe)
  • Multiplexer (yang memungkinkan untuk media transmisi bisa digunakan untuk melewatkan data oleh sejumlah sumber secara serentak)
  • Concentrator (untuk mengumpulkan serta menyimpan pesan-pesan yang mana secara sementara dan berasal dari terminal sehingga pesan tersebut telah siap dikirimkan secara serentak ke host)

Kanal

Kanal ini menyatakan seuatu lintasan dalam satu arah guna mentransmisikan data. Media transmisi yang hanya dengan mengenal sebuah kanal disebut dengan istilah jalur sempit (baseband), sedangkan dalam media transmisi yang terdiri dari beberapa kanal disebut juga dengan jalur lebar (broadband).

Laju Data

Yang berkaitann dengan laju data sendiri terdapat dua istilah,istilah tersebut adalah:

  • Laju bit (bit rate) : Laju bit menyatakan tentang jumlah bit per detik
  • Laju baud : Laju baund menyatakan tentang kecepatan isyarat dari analog maupun digital

Komunikasi Data : Pengertian, Jenis & Tujuannya

Tujuan Komunikasi Data

  1. Memungkinkan untuk mengirimkan data dalam jumlah yang besar dengan efesien, tanpa adanya kesalahan dan juga ekonomis dari suatu tempat ke tempat lainnya.
  2. Memungkinkan untkn penggunaan sistem komputer serta peralatan yang pendukung dari jarak jauh (remote computer use).
  3. Memungkinkan untuk penggunaan komputer yang mana secara terpusat atau secara tersebar sehingga hal ini mendukung untuk manajemen dalam hal kontrol, baik itu desentralisasi atau sentralisasi.
  4. Mempermudah yang memungkan dalam pengelolaan serta pengaturan data yang terdapat pada berbagai macam sistem komputer.

Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai Komunikasi Data : Pengertian, Jenis & Tujuannya dari Studi News. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan ilmu pengetahuan bagi para pembaca. Terima Kasih.