Mailing List : Pengertian, Fungsi, Jenis dan Contohnya

Posted on

Mailing List : Pengertian, Fungsi, Jenis dan Contohnya – Pada kesempatan yang membahagiakan ini Studi News akan menjelaskan menganai apa itu Mailing list yang meliputi atas fungsi jenis beserta dengan contohnya. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai apaitu mailing list mari simak penjelasan berikut ini.

Mailing List : Pengertian, Fungsi, Jenis dan Contohnya

Mari kita bahas pengertian dari mailing list terlebih dahulu.

Pengertian Mailing List

Mailing list yaitu sebuah alamat e-mail yang bisa dipakai oleh pengguna internet untuk melakukan suatu kegiatan saling berbagi atau saling tukar menukar berbagai macam informasi.

Mailing list (Milis) dapat untuk membuat surat yang di kirimkan terhadap setiap orang yang dapay di lakukan dengan hanya mengirimkan ke mailing listnya saja. Metode yang digunakan untuk mengirimkan e-mail ini bisa di atur apakah ini dapat di terima oleh semua orang atau langsung bisa di terima.

Fungsi Mailing List

Dapat diguankan untuk berkomunikasi yang mana memakai teknologi yang sangat minimalis serta membuat seluruh anggota milis bisa menerima sautu e-mail yang sudah di kirimkan oleh seorang anggotanya tanpa harus melakukan pengiriman yang di lakukan satu persatu pada setiap anggotanya.

Untuk melakukan hubungan pada suatu komunitas seperti dengan saudara dalam satu keluarga besar atau dengan teman-teman yang terbesar di seluruh daerah yang sudah tersebar. Maka si mailing list bisa di manfaatkan untuk menjadi jalan agar bisa memperlancar suatu komunikasi.

Baca Juga:  √ Pengertian Keyboard, Jenis dan Fungsinya (Pembahasan Lengkap)

Kelebihan Mailing List

  • Anggota milis bisa memperoleh informasi terkini dari sesama anggota.
  • Mudah untuk mendapatkan informasi terbaru, misalnya yaitu informasi lowongan kerja dan lain sebagainya.
  • Menambah relasi.

Kekurangan Mailing List

  • Tidak begitu praktis atau simpel karena hal ini membutuhkan untuk tiap hari membuka Email guna menghindari penumpukan email yang masuk.
  • Pengiriman balasan juga akan memakan kuota space email yang besar karena adanya kiriman dari yang terdahulu.

Jenis – Jenis Mailing List

  • Announcement-type List : ialah proses komunikasi yang ada pada mailing list yang mana dilakukan hanya 1 arah, artinya anggota pada mailing list tidak memiliki otorisasi guna membalas hanya menerima pesan maupun email dari mailing list saja.
  • Discussion-type List : Ialah disini anggota dapat berkomunikasi dengan 2 arah, anggota mailing list bisa menerima serta mengirim pesan untuk sesama anggota milis.

Cara Menggunakan Mailing List

Berikut ini merupakan cara penggunaan mailing diantaranya:

  • Disini anda perlu mendaftarkan diri pada grup yang anda minati. Pada umumnya ditemukan pada grup Google atau grup Yahoo.
  • Saat mendaftar, Anda akan diminta mengisi database sehingga semua informasi menganai anggota grup bisa diringkas dengan jelas.
  • Setelah mendaftar, Anda bisa mengirim pesan ke milis pada saat ada sesuatu yang harus dikirim. Setiap anggota milis bisa menulis apa saja yang ingin mereka kirim selama informasi tersebut benar dan bisa diandalkan. Informasi ini bisa juga diteruskan ke anggota lain.

Mailing List : Pengertian, Fungsi, Jenis dan Contohnya

Manfaat Mailing List

Seperti yang telah dijelaskan diatas , milis merupakan media komunikasi atau media yang penggunanya bisa bertukar dan menukar pesan, informasi, dan berbagai melakukan komunikasi lainnya.

Milis sendiri tidak mewajibkan pengguna untuk bertemu langsung maupun berkomunikasi. Dengan milis, para pengguna bisa bertukar informasi kapan saja, di mana saja, yang mana tanpa adanya batasan waktu dan juga jarak. Milis membuat komunikasi antara orang menjadi lebih mudah dan bisa mempercepat pekerjaan. Hal ini juga bisa diapaki sebagai sarana  untuk berbagi berita, informasi, dan lain  sebgainya.

Baca Juga:  √ Pengertian Domain, Fungsi, Jenis & Contohnya (Pembahasan Lengkap)

Contoh Mailing List

  • Group Yahoo yakni dengan alamat groups.yahoo.com. Agar bisa mengikuti mailing list ini memerlukan email Yahoo.
  • Group Google ialah dengan alamat groups.google.com. Agar bisa mengikuti mailing list pada group ini memerlukan email google atau GMail.

Itulah penjelasan mengenai Mailing List : Pengertian, Fungsi, Jenis dan Contohnya dari kami. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi anda para pembaca.