√ 11 Cara Meningkatkan Daya Ingat dan Konsentrasi (Lengkap)

Posted on

11 Cara Meningkatkan Daya Ingat dan Konsentrasi (Lengkap) – Pada kesempatan ini StudiNews akan membahas tetang Meningkatkan Daya Ingat dan Konsentrasi. Yang mana dalam kesempatan hal ini menjelaskan cara meningkatkan daya ingat dan konsentrasi dengan secara singkat dan jelas. Untuk lebih detailnya silahkan simak ulasan berikut ini.

11 Cara Meningkatkan Daya Ingat dan Konsentrasi (Lengkap)

Otak adalah organ yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Organ ini berfungsi dari mulai untuk berpikir hingga sampai alam bawah sadar. Umum diketahui, fungsi kerja otak menurun pada orang-orang berusia lanjut. Itulah kenapa kakek dan nenek kita kerap kali menderita penyakit pikun atau mudah lupa.

Cara Meningkatkan Daya Ingat dan Konsentrasi

Meski demikian, tidak sedikit pula orang muda yang mudah lupa alias daya ingatnya tidak baik. Apakah Anda salah satu dari mereka? Nah dalam hal ini ada beberapa solusinya yang bisa anada coba dirumah.

Berikut 11 cara yang dapat membantu Anda meningkatkan daya ingat dan konsentrasi.

  1. Berolahraga Dengan Teratur

Walaupun dengan berolahraga bagian yang digerakkan adalah fisik, namun ternyata otak juga turut meningkat kemampuannya. Saat manusia berolahraga, otak akan bekerja pada kapasitas maksimalnya. Sehingga memicu perbanyakan sel saraf yang kemudian akan memperkuat ikatan antar sel otak dan menjaganya dari kerusakan.

Selain itu, sel saraf juga mengeluarkan protein yang bernama fakto neurotropis. Protein ini akan memicu produksi berbagai zat kimia untuk otak yang lebih sehat serta peningkatan kemampuan kognitif, termasuk kemampuan belajar.

Baca Juga:  √ Pengertian Inovasi, Ciri, Jenis dan Tujuannya (Lengkap)

Sebuah penelitian pada tahun 2010 yang telah dipublikasikan dalam jurnal Neuroscience juga telah membuktikan bahwa olahraga secara rutin. Tidak hanya meningkatkan aliran darah menuju otak, namun juga dapat membuat penyelesaian pekerjaan dua kali lebih cepat dibanding mereka yang tidak berolahraga.

  1. Perhatikan Asupan Gizi dari Makanan

Untuk meningkatkan daya ingat otak, tentunya otak Anda perlu diberikan nutrisi yang baik untuk menjaga memori. Sebetulnya cukup sederhana menjaga asupan makanan untuk otak. Dengan cara lebih banyak mengonsumsi sayuran serta mengurangi makanan yang banyak mengandung gula.

Beberapa zat tambahan lainnya yang sangat baik untuk perkembangan otak adalah omega-3 dan MCT (medium-chain triglycerides). Omega-3 sangat mudah didapatkan dari ikan salmon, minyak ikan, kedelai, bayam dan makanan laut. Sementara itu MCT adalah zat yang sangat tinggi kadarnya dalam minyak kelapa.

  1. Terus Mempelajari Hal Baru

Otak harus terus bekerja sehingga sel-sel di dalamnya tetap saling terhubung. Salah satu cara menguatkan daya ingat dan konsentrasi adalah dengan mempelajari berbagai macam hal baru.

Mempelajari hal baru yang membutuhkan kemampuan kognitif seperti menjahit atau merajut menurut sebuah penelitian memang cukup berhasil dalam menjaga daya ingat pada para lansia.

Kuncinya hanya satu, yaitu mencari aktivitas yang disukai dan menstimulasi otak. Berbagai pilihan dapat dilakukan misalnya membaca buku, mempelajari instrumen musik, merakit puzzle, berkebun, atau membuat kerajinan tangan.

  1. Hindari Multitasking

Multitasking memang diperlukan dalam pekerjaan sehari-hari, apalagi bagi para ibu rumah tangga yang setiap hari selalu sibuk di rumah. Namun, ternyata terlalu sering menyelesaikan pekerjaan secara multitasking dapat berdampak negatif pada daya ingat.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa setiap manusia rata-rata membutuhkan sekitar 8 detik untuk menyimpan memori ke dalam otak. Sehingga ketika misalnya seseorang menelepon sambil mengangkut barang belanjaan dan meletakkan kunci, kemungkinan Anda akan tidak fokus dan beberapa menit kemudian tidak berhasil mengingat salah satunya.

Sebaliknya, orang yang fokus menyelesaikan suatu pekerjaan akan memiliki ingatan yang lebih baik. Oleh karena itu, selesaikan satu pekerjaan sebelum Anda mulai mengerjakan pekerjaan lain.

  1. Melatih Konsep Mnemonik

Konsep mnemonik dikenal pula dengan jembatan keledai. Anda mungkin pernah diajarkan untuk lebih mudah mengingat sesuatu dengan cara membuat jembatan keledai ini.

Baca Juga:  √ Pengertian Mahasiswa Menurut Para Ahli Beserta Peranannya Lengkap

Mnemonik dapat dilakukan dengan berbagai cara, antara lain:

  • Membuat akronim atau singkatan.
  • Memvisualisasikan suatu benda untuk mengingat hal yang harus dilakukan.
  • Memotong-motong informasi sehingga lebih mudah untuk diingat, seperti saat mencoba mengingat nomor telepon.
  1. Tidur Cukup saat Malam Hari

Sebuah penelitian yang dilakukan di Harvard University membuktikan bahwa manusia akan memiliki otak yang lebih kuat ingatannya . Apabila mendapatkan tidur yang cukup di malam hari. Tidur cukup juga dapat meningkatkan kemampuan Anda untuk hal-hal yang lebih menantang.

Tidur yang cukup juga berlaku untuk pekembangan otak balita. Balita yang dibiasakan untuk tidur siang terbukti akan memiliki kemampuan kognitif yang lebih baik ketika dewasa nantinya.

  1. Melakukan Permainan Otak / Olah otak

Cara lainnya untuk meningkatkan daya ingat adalah dengan melakukan permainan otak, yang dapat membuat otak sedikit berpikir sehingga tetap terhubung sel-sel di dalamnya. Jika seseorang tidak atau jarang mengasah kemampuan otak, sel-sel dalam otak mulai terdegenerasi sehingga menjadi mudah lupa.

Cobalah secara rutin melatih otak dengan melakukan permainan otak paling tidak selama 20 menit dalam sehari. Jika Anda tidak terlalu menyukai permainan otak, Anda bisa belajar bahasa asing atau mengembangkan hobi dan kemampuan baru.

  1. Repetisi Ingatan

Bahkan seorang penghafal yang baik perlu waktu untuk mengulang-ulang hafalannya sehingga lebih sempurna. Pengulangan atau repetisi adalah sebuah cara yang rasanya memang dibutuhkan jika ingin meningkatkan kemampuan otak untuk meningat sesuatu.

Setelah mempelajari sesuatu, berikan jeda beberapa saat, kemudian lakukan review kembali atas apa yang telah Anda pelajari. Hal ini akan membuat otak terlatih untuk membuka ingatan masa lalu sehingga tidak mudah melupakan hal-hal penting.

Repetisi ingatan dapat dilakukan dengan bantuan mencatat hal yang penting di buku catatan, mengulangi nama seseorang yang baru dikenal berulang-ulang,serta mengulang kalimat yang dikatakan seseorang pada Anda.

  1. Hidup Terorganisir/Mengatur Aktivitas

Sering melupakan suatu acara, hari ulang tahun, atau janji pertemuan dengan rekan kerja?

Baca Juga:  √ Pengertian Korupsi, Jenis dan Faktornya (Pembahasan Lengkap)

Mulailah untuk hidup lebih terorganisir untuk mengurangi pikun karena kecerobohan diri sendiri. Milikilah sebuah agenda harian atau install aplikasi organizer yang banyak secara gratis dibagikan untuk digunakan pada smartphone Anda.

Memiliki agenda harian akan membuat seseorang lebih fokus dan meningkatkan ingatan. Jika memiliki sebuah agenda, usahakan membawa ke mana pun agenda tersebut sehingga ketika ada hal yang perlu dicatat, Anda sudah siap sedia dan tidak lupa untuk mencatatnya.

  1. Visualisasikan

Bagi orang-orang yang tidak memiliki ingatan fotografis (photographic memory), mengingat nama orang dan wajahnya bisa menjadi suatu hal yang sulit. Terkadang orang hanya mengenali wajah orang lain tanpa mampu mengingat namanya. Di lain waktu, ada orang yang hanya sanggup mengingat nama dan tidak terbayang wajahnya.

Untuk masalah ini, ada baiknya Anda melakukan visualisasi demi ingatan yang lebih baik tentang orang lain. Visualisasi dapat dilakukan misalnya dengan mengambil foto bersama saat bertemu, dan menyimpannya di ponsel sebagai foto kontak, sehingga ketika dihubungi selanjutnya, Anda sudah mengenali nama dan wajah orang tersebut.

  1. Aktif bersosialisasi

Jangan putuskan hubungan silaturahmi dengan orang-orang di sekitar Anda. Bercengkrama dengan teman, sahabat, dan orang-orang tercinta adalah salah satu cara meningkatkan daya ingat yang efektif. Berkumpul dengan mereka, memungkinkan Anda terbebas dari stres dan depresi.

Demikian ulasan tentang 11 Cara Meningkatkan Daya Ingat dan Konsentrasi (Lengkap). Semoga dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan kita semua. Terimakasih.