Mitos adalah : Ciri, Unsur, Jenis dan Fungsinya

Posted on

Mitos adalah : Ciri, Unsur, Jenis dan Fungsinya – Pada kesempatan kali ini Studi News akan mejelaskam tentang pengertian dari Mitos, yang mana Mitos ini sendiri memeliki ciri, unsur, jenis, dan juga fungsinya. Mari kita bahas bersama mengenai Mitos.

Mitos adalah : Ciri, Unsur, Jenis dan Fungsinya

Mari kita simak bersama mengenai pengertian Mitos terlebih dahulu.

Pengertian Mitos

Mitos atau  Mite yaitu suatu cerita prosa rakyat yang menceritakan tentang suatu kisah yang memiliki latar belakang pada masa lalu, yang berisikan penafsiran tentang alam semesta serta adanya makhluk di dalamnya, dan diyaiki cerita tersebut benar terjadi oleh yang menganutnya atau sang empu.

Mitos juga disebut Mitologi, yang mana kadang Mitologi diartikan sebagai cerita rakyat yang dianggap benar-benar terjadi atau bertalian dengan telah terjadi pada suatu tempat, alam semesta, para dewa, adat istiadat, atau konsep dongeng suci. Sehingga Mitos yakni suatu cerita mengenai asal-usul alam semesta, manusia, atau bangsa yang akan diungkapkan dengan cara-cara gaib serta mengandung arti yang sangat dalam.

Pengertian Mitos Menurut Para Ahli

1. Levi – Strauss

Menurut pendapat Levi – Strauss pengertian dari Mitos adalah suatu warisan dalam bentuk cerita tertentu yang mana cerita tersebut turun temurun dari tradisi lisan yang mengisahkan tentang dewa-dewi, manusia pertama, binatang, dan lain sebagainya dengan berdasarkan suatu skema logis yang terkandung didalam nya sehingga memungkinkan kita untuk mengintegrasikan seluruh masalah yang perlu diselesaikan dalam suatu konstruksi sistematis.

2. Webster’s Dictionary

Menurut pendapat Webster’s Dictionary pengertian dari Mitos yaitu suatu perumpamaan atau alegori, yang keberadaannya merupakan hanya sebuah khayal yang tak dapat dibuktikan.

3. Bascom

Menurut pendapat Bascom pengertian dari Mitos atau mite (myth) merupakan suatu cerita prosa rakyat yang ditokohi atau perannya di isi oleh para dewa atau juga makhluk setengah dewa yang mana hal ini terjadi di dunia lain (kahyangan) pada masa lampau sehingga cerita tersebut dianggap benar-benar terjadi oleh empu cerita atau juga penganutnya dan berpedoman dengan terjadinya tempat, alam semesta, para dewa, adat istiadat dan juga dongeng suci.

4. William A. Haviland

Menurut pendapat William A. Haviland pengertian dari Mitos meruakan cerita tentang suatu peristiwa semihistoris yang menjelaskan tentang masalah-masalah akhir kehidupan manusia.

5. Cremers

Menurut pendapat Cremers pengertian dari Mitos yaitu suatu cerita suci simbolik yang menceritakan tentang suatu serangkaian peristiwa atau kejadian nyata dan imajiner yang menyangkut pada asal-usul serta juga perubahan-perubahan alam raya dan juga dunia, dewa-dewi, kekuatan-kekuatan atas suatu kodrati manusia, pahlawan, serta masyarakat.

6. Ahimsa-Putra

Menurut pendapat Ahimsa-Putra pengertian dari Mitos yaitu suatu cerita yang aneh sehingga seringkali sulit untuk dipahami maknanya atau diterima untuk kebenarannya yang karenaa disebabkan oleh kisah yang didalamnya tidak masuk akal atau tidak sesuai dengan apa yang kita temui sehari-hari.

Fungsi Mitos

  • Berguna dalam meningkatkan ikon yang penuh arti serta dapat menerangkan gejala di lingkungan yang sedang dihadapi.
  • Sebagai media pendidikan yang sangat efisien sehingga dapat memantapkan serta menumbuhkan nilai kultur, nilai sosial serta kepercayaan spesifik.
  • Dapat digunakan sebagai kepercayaan masyarakat sebagai penunjangnya guna membangun kebersamaan sosial diantara pesertanya bisa untuk saling mejalin komunitas yang satu dengan satu yang lainnya.
  • Sebagai sarana dalam menumbuhkan dan memantapkan nilai kultur, ide atau pengetahuan spesifik.
  • Sebagai sarana untuk menggairahkan dalam peningkatan keahlian dalam berasumsi.

Ciri-Ciri Mitos

Berikut ini adalah ciri-ciri dari mitos diantaranya yaitu:

1. Distorsif

Distorsif merupakan sebuah kaitan antara form dan concept dimana bersifat distorsif dan deformatif. Concept mendistorsi Form yang menjadikan makna dalam sistem tingkat pertama yang mana bukan lagi makna yang menunjuk pada fakta yang sebenarnya.

2. Intensional

Internasional Ialah sebuah mitos yang tidak ada begitu juga, mitos yang sengaja untuk dibuat, dan dikonstruksikan terhada budaya masyarakat dengan tujuan tertentu.

3. Statement of Fact

Statement of Fact merupakan mitos yang menaturalisasikan pesan sehingga dapat menjadikan kita menerimanya sebagai suatu kebenaran yang tidak harus dibantah. Sesuatu ada secara alami dalam nalar awam.

4. Motivasional

Menurut Barthes, bentuk dari mitos yang berisikan motivasi. Mitos dibuat dengan adanya seleksi pada berbagai konsep yang hendak digunakan menurutu sistem semioting untuk tingkat pertamanya.

Unsur Instrinsik Mitos

  • Tema
  • Alur
  • Latar
  • Penokohan
  • Sudut Pandang
  • Gaya Bahasa
  • Amanat

Jenis-Jenis Mitos

1. Mitos Penciptaan

Mitos penciptaan merupakan salah satu jenis mitos yang memunyai isi tentang kejadian dalam terciptanya sesuatu.

2. Mitos Sejarah

Mitos sejarah mesuakan salah satu jenis mitos yang memiliki isi tentang suatu kejadian yang menjadikan sebuat dalam sistem terjadinya sesuatu.

Mitos adalah : Ciri, Unsur, Jenis dan Fungsinya

Contoh Mitos

  • Mitos menabrak kucing
  • Mitos mendengar ayam pada malam hari
  • Mitos ibu yang sedang mengandung harus bersembunyi di kolong tempat tidur pada saat sedang terjadinya gerhana purnama
  • Mitos tidak diperbolehkan untuk membuka payung pada didalam ruangan
  • Mitos tidak diperbolehkan berfoto dengan orang ganjil atau pada saat bertiga atau lebih
  • Mitos tidak boleh duduk di depan pintu

Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai Mitos adalah : Ciri, Unsur, Jenis dan Fungsinya. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan ilmu pengetahuan bagi para pembaca. Terima Kasih.