Omnivora : Pengertian, Ciri, dan Contohnya (Lengkap)

Posted on

Omnivora : Pengertian, Ciri, dan Contohnya (Lengkap) – Apakah Anda pernah mendengar istilah hewan Omnivora ? Lantas apakah itu hewan omnivora ? Pada kesempatan kali ini Studi News akan menjelaskan tentang hewan omnivora yang akan dibahas secara lengkap. Mari simak pembahasan berikut ini.

Omnivora : Pengertian, Ciri, dan Contohnya (Lengkap)

Mari kita bahsa bersama mengenai pengertian omnivora terlebih dahulu.

Pengertian Omnivora

Secara bahasa kata Omnivora sendiri berasal dari Bahasa Latin, yaitu dari kata Omne yang memiliki arti Makanan sedangkan Vorera yang artinya Semua. Jadi Omnivora yakni sebutan untuk golongan hewan yang memakan tumbuh-tumbuhan dan juga daging atau hewan lain.

Omnivora yaitu kombinasi antara hewan herbivora dan juga hewan karnivora. Hewan omnivora ada yang hidup di darat dan juga ada yang hidup di air. Omnivora ini juga disebut dengan sarwaboga.

Ciri-Ciri Hewan Omnivora

  • Memakan tumbuh-tumbuhan dan juga daging.
  • Pencernaan yang kompleks
  • Gigi yang tajam yang terdapat pada bagian depan nya
  • Gigi datar pada bagian belakang
  • Sebagian besar dari hewan omnivora bukan termasik hewan mamalia dan sebagian yang lain adalah mamalia
  • Sebagian besar dari hewan omnivora berkembang dengan cara bertelur dan sebagiannya beranak.

Keuntungan Hewan Omnivora

  • Memakan berbagai macam produk serta memiliki pola makan yang lebih fleksibel.
  • Bisa memilih komponen makanan mereka dari kedua spesies antara tanaman dan hewan yang ada di sekitar mereka dan maka dari itu memiliki lebih banyak pilihan dibandingkan dengan hewan herbivora dan karnivora.
Baca Juga:  √ Pengertian Sitoplasma, Struktur, Bagian dan Fungsinya

Kerugian Hewan Omnivora

  • Sistem pencernaannya dirancang untuk makan baik tumbuhan serta hewan.
  • Tidak memiliki kemampuan sama seperti pencernaan yang dikhususkan seperti pada sistem pencernaan yang terdapat pada hewan herbivora
  • Pilihan makanan mereka berdasarkan musim. Jika sedangmusim gugur dan juga musim dingin hewan omnivora akan kesulitan untuk mencari makanan.

Contoh Hewan Omnivora

Berikut ini adalah beberapa contoh dari hewan omnivora diantaranya yaitu:

1. Ayam

Ayam merupakan termasuk hewan ternak yang mampu untuk dibudidayakan dengan sedemikian rupa sehingga ayam menjadi hewan penghasil nomer 1 di dunia. Biasanya ayam diambil pada bagian daging dan telurnya yang digunakan untuk keperluan konsumsi manusia.

Ayam jugabisa diambil bulunya untuk digunakan sebagai kerajinan. ketika manusia sedang beternak ayam, manusia tidak kesulitan untuk memeliharanya sebab ayam bisa memakan apa saja.

2. Babi

Babi sama seperti ayam. Babi juga diternakan digunkan untuk keperluan konsumsi manusia. Babi bisa memakan apa saja yang ada di sekitarnya. Tak hanya itu bahkan babi juga memakan hewan serta tumbuhan namun babi juga memakan lumpur, sampah, bahkan kotorannya sendiri.

3. Belalang

Belalang yakni serangga insekta yang mempunyai protein tinggi. Kandungan protein tinggi yang terdapat pada belalang didapatkan dari makanan belalang yang mayoritas merupakan serangga-serangga kecil.

Kandungan protein yang ada pada tubuh belalang sendiri juga berasal ketika belalang mengonsumsi kacang-kacangan.

4. Beruang

Beruang memakan tumbuhan dan hewan. Biasanya tubuhan yang dimalam beruang yaitu berbagai jenis daun. Sedangkan binatang yang sering ia jadikan mangsa yakni hewan kecil seperti tikus dan burung.

Omnivora : Pengertian, Ciri, dan Contohnya (Lengkap)

5. Flamingo

Flamingo ialah burung bangau yang memiliki warna merah muda. Flamingo juga termasuk dalam jajaran hewan langka yang mana hewan ini sudah hampir punah. Binatang yang dikonsumsi oleh flamingo adalah ikan-ikan kecil sedangkan jenis tumbuhan yang dikonsumsi oleh flamingo yaitu biji-bijian.

Baca Juga:  √ Pengertian Radioaktif, Jenis, Sifat, Manfaat dan Dampaknya

6. Burung Jalak

Burung jalak merupakan jenis burung khas dari daerah Bali. Burung jalak sendiri memakan serangga serta biji-bijian. Burung jalak termasuk dalam jenis burung yang memiliki nilai ekonomi tinggi karena pada pasaran burung jenis burung jalak mempunyai harga yang tinggi.

7. Burung Kasuari

Burung kasuari termasuk dalam jenis unggas. Burung kasuari sendiri mempunyai sayap namun tidak dapat terbang. Hal tersebut yang menjadikan hewan kasuari tergolong dalam jenis unggas.

Binatang kasuari termasuk dalam fauna khas dari daerah australis yang berada di timur Indonesia yang masuk ke dalam jajaran hewan yang dilindungi sebab keberadaanya hampir punah. Kasuari sendiri mempunyai makanan berupa serangga dan kacang-kacangan.

8. Burung Pelatuk

Burung pelatuk yakni termasuk dalam jenis burung pemakan kayu. Jika sedang memasuki musim dingin burung pelatuk lebih berpindah memakan serangga dari pada kayu.

Hal ini disebabkan pada saat musim dingin pohon akan diselimuti oleh salju sehingga hal ini akan menyulitkan burung pelatuk untuk mengonsumsi kayu.

9. Gorilla

Gorilla ialah sejenis kera besar. Gorilla sendiri memakan daging ayam dan berbagai jenis daun-daunan serta buah-buahan. Gorilla juga termasuk dlam golongan fauna khas asiatis yang hampir punah. Gorilla sendiri banyak dijumpai di penangkaran serta kebun binatang.

10. Ikan Lele

Ikan lele ialah jenis ikan ternak yang memakan segalanya. Bahkan ikan lele sendiri sering digunakan manusia untuk penghuni septiktank sebab ikan lele juga suka memakan kotoran manusia.  Ta hanya itu ikan lele juga dapat memakan ikan kecil dan kacang-kacangan.

Demikianlah sedikit ulasan mengenai Omnivora : Pengertian, Ciri, dan Contohnya (Lengkap). Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan ilmu pengetahuan anda.