Pengertian Abstrak, Jenis dan Fungsinya (Pembahasan Lengkap)

Pengertian Abstrak, Jenis dan Fungsinya (Pembahasan Lengkap) – Pada kesempatan kali ini StudiNews akan membahas mengenai abstrak, yang mencakup pengertian abstrak, jenis abstrak dan juga fungsi dari abstrak.

Pengertian Abstrak, Jenis dan Fungsinya (Pembahasan Lengkap)

Untuk mengetahuinya langsung saja kita simak penjelasannya berikut ini:

Pengertian Abstrak

Secara umum, abstrak merupakan suatu penjelasan ringkas tentang isi dari suatu karya tulis ataupun artikel yang biasanya terdapat di bagian awal tulisan untuk menjelaskan secara singkat tentang isi dari karya tulis tersebut.

Istilah abstrak juga digunakan pada bidang lain seperti seni dan hukum.

  • Seni abtsrak adalah jenis kesenian kontemporer yang tidak menggambarkan objek dalam dunia asli tetapi memakai warna dan bentuk yang non-representasional.
  • Abstrak pada bidang hukum adalah pernyataan singkat yang merangkum poin-poin utama suatu dokumen legal.
  • Benda abstrak adalah benda yang tidak kasat mata atau tidak dapat ditangkap oleh panca indera manusia, baik itu nama keadaan, pekerjaan, sifat, ukuran dan lain sebagainya.

Pengertian Abstrak Menurut Para Ahli

Adapun pengertian abstrak menurut para ahli adalah:

1. Clarence W Rowley

Abstrak adalah suatu penyajian isi dokumen secara ringkas dan akurat dalam gaya yang sama dengan dokumen aslinya.

2. Frederick Wilfrid Lancaster

Abstrak merupakan representasi yang ringkas namun akurat dari isi suatu dokumen.

3.  International Standard Organisation (ISO)

Abstrak adalah penjelasan singkat namun akurat yang mewakili isi suatu dokumen tanpa tambahan interpretasi ataupun kritik dan tanpa melihat siapa si pembuat sari karangan tersebut.

4. Kamus besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Abstrak merupakan sesuatu yang tidak berwujud, tidak berbentuk, mujarad, dan niskala. Pengertian lainnya adalah sebagai ikhtisar (suatu karangan, laporan, dan sebagainya) ringkasan, inti.

Jenis-Jenis Abstrak

Pada hakikatnya, abstrak dapat dikelompokkan menjadi beberapa jenis berdasarkan fungsi dan orientasi pembaca. Adapun jenis abstrak tersebut diantaranya adalah

1. Abstrak Informatif

Abstrak informatif merupakan jenis abstrak yang menyajikan informasi dan data secara lengkap sehingga pembacanya tidak harus membaca tulisan aslinya, kecuali bila ingin menggalinya lebih dalam. Dalam jenis abstrak informatif ini, menyajikan hasil dan prinsip-prinsip dari hasil kerja (tujuan, metode), kesimpulan dari artikel asli secara jelas untuk orientasi pembaca yang tidak dapat mengakses dokumen aslinya.

2. Abstrak Indikatif

Abstrak indikatif merupakan jenis abstrak yang menguraikan secara ringkas dan padat tentang masalah yang terdapat pada suatu karya tulisan atau laporan lengkapnya. Adapun tujuan dari abstrak indikatif ini adalah  untuk menjelaskan isi informasi asli secara singkat, padat dan hanya menyampaikan indikasi sasaran cakupan tulisan.

Fungsi Abstrak

Pada dasarnya fungsi dari abstrak pada suatu karya ilmiah adalah untuk menjelaskan atau menguraikan secara singkat tentang gambaran umum suatu penelitian. Adapun fungsi abstrak lainnya adalah sebagai berikut:

1. Komponen Utama Laporan Hasil Penelitian

Abstrak merupakan komponen utama dari suatu laporan hasil penelitian. Dengan adanya abstrak ini pembaca dapat mengetahui inti hasil dari penelitian tersebut.

Pengertian Abstrak, Jenis dan Fungsinya

2. Gambaran Umum Dari Isi Laporan Penelitian

Abstrak dalam suatu penelitian menjelaskan tentang gambaran umum isi laporan penelitian yang dibuat oleh penulisnya. Sehingga dengan adanya abstrak laporan penelitian akan lebih mudah untuk dipelajari.

3. Bahan Pertimbangan Bagi Pembaca

Abstrak dapat membantu si pembaca untuk mempertimbangkan apakah akan membaca keseluruhan isi laporan penelitian atau tidak. Karena dengan adanya abstrak pembaca mengerti bahwa isi tulisan tersebut sesuai atau tidak dengan apa yang dicarinya.

Demikianlah penjelasan kita kali ini mengenai Pengertian Abstrak, Jenis dan Fungsinya (Pembahasan Lengkap). Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan. Terimakasih.