Pengertian Adab dan Faktor yang Mempengaruhinya Pada Manusia

Pengertian Adab dan Faktor yang Mempengaruhinya Pada Manusia – Adab merupakan salah satu hal yang sangat penting bagi manusia tentunya. Bahkan ada yang mengatakan beradab terlebih dahulu baru berilmu.

Manusia yang beradab sangat identik dengan seseorang yang beretikan dan bertanggung jawab. Selama dua abad pertama setelah kemunculan Islam, istilah adab ini telah membawa implikasi makna etika dan sosial. Namun masih banyak diantara kita yang masih bingung apa itu adab.

Pada kesempatan kali ini StudiNews akan membahas mengenai pengertian adab beserta faktor yang mempengaruhinya. Untuk mengetahuinya penjelasannya langsung saja kita simak sebagai berikut:

Pengertian Adab dan Faktor yang Mempengaruhinya Pada Manusia

Berikut ini adalah penjelasan mengenai adab beserta faktornya:

Pengertian Adab

Adab secara bahasa berarti sebuah akhlak mulia dalam bentuk tingkah laku, tabiat ataupun aturan yang didasarkan pada agama dan norma. Adapun adab juga berasal dari bahasa arab yakni mendidik atau pendidikan. Menurut bahasa yunani adab berarti kebiasaan atau etika.

Sehingga pada intinya adab merupakan sebuah perilaku yang menunjukkan kehalusan dan kebaikan budi pekerti, kesopanan, dan akhlak untuk mendidik diri sendiri juga menjadikan orang yang paham aturan dan bertanggung jawab.

Faktor Yang Mempengaruhi Adab

Pemahaman yang berhubungan dengan adab memang tidak dapat dilakukan secara langsung atau instan, akan tetapi semua itu membutuhkan proses. Pada dasarnya adab manusia sendiri dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Agama

Agama pada hakikatnya merupakan suatu pondasi dalam kehidupan sehari-hari maupun untuk bekal hidup ke depannya. Mereka yang memperoleh pendidikan agama yang baik dan juga tepat akan mengetahui bahwa betapa pentingnya adab dalam kehidupan.

Bagi mereka yang beriman akan patuh terhadap aturan agamanya dan cenderung akan takut pada hal yang dilarang yakni melakukan suatu keburukan, sehingga dengan demikian akan lebih mudah menanamkan adab. Manusia tentunya akan tentram hidupnya, bahagia, apabila patuh terhadap hukum syara’.

2. Adat Istiadat

Merupakan salah satu hal yang dapat mempengaruhi sikap manusia, yang nantinya akan berpengaruh pada adab. Adat istiadat ini sangat erat dengan sikap yang dilakukan secara turun temurun dan sudah dipertahankan sejak lama. Sehingga hal inilah yang dapat mempengaruhi kebiasaan manusia sehari-harinya.

Namun justru terkadang ada beberapa kondisi adat istiadat yang tidak sesuai dengan ajaran agama, dan juga hukum. Mereka akan membenarkan apa yang menurut mereka benar, walaupun itu bukan kebenaran sesungguhnya. Sehingga dalam hal ini perlu memilah adat istiadat agar menjadi manusia yang beradab.

3. Nafsu

Merupakan salah satu pendorong manusia untuk mendapatkan sesuatu, seperti makan, menginginkan kemewahan, ambisi, hubungan biologis, dan lain sebagainya.

Nafsu manusia merupakan hal yang paling sering menjerumuskan mereka, terutama jika tidak dikendalikan oleh nurani ataupun berpegang teguh pada agama.

Oleh karena itu, untuk memperbaiki adab manusia harus senantiasa mempertahankan nafsu baik pada jiwanya. Selain itu juga harus rajin menjalankan perintah dalam agama dan menjauhi segala larangannya.

4. Undang-Undang

Adalah sebuah aturan dasar dalam kehidupan bernegara. Dimana aturan tersebut dibuat sebaik mungkin demi kemakmuran rakyatnya. Namun tidak adanya aturan undang-undang yang bersifat negatif. Sehingga manusia yang beradab tentu akan berperilaku sesuai dengan aturan undang-undang.

Pengertian Adab dan Faktor yang Mempengaruhinya Pada Manusia

Pentingnya Adab

Adab merupakan salah satu hal yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Pelajarilah dahulu adab dan akhlaknya, barulah ilmunya. Sehingga manusia beradab adalah seorang manusia yang bertanggung jawab terhadap kewajiban ataupun haknya. Seseorang yang beradab juga dapat menjadi pribadi yang adil dan dapat dijadikan sebagai pemimpin, dan ia akan selalu memperbaiki diri untuk menyempurnakan akhlaknya.

Hal yang paling penting dari adab juga dapat menumbuhkan kecintaan kita kepada sang Pencipta dan kepada sesama manusia. Karena mencegah manusia dari hal yang buruk.

Nah itulah tadi penjelasan mengenai Pengertian Adab dan Faktor yang Mempengaruhinya Pada Manusia. Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan. Terimakasih.