√ Pengertian Administrasi Negara, Ciri, Tujuan & Ruang Lingkupnya

Posted on

Pengertian Administrasi Negara, Ciri, Tujuan & Ruang Lingkupnya – Administrasi negara merupakan salah satu ilmu yang ada dalam cabang sosial. Hal ini bisa terlihat dari banyaknya jurusan AN dalam kampus yang berada di fakultas FISIP. Mungkin diantara kita masih ada yang belum mengetahui apa itu administrasi negara. Pada kesempatan kali ini StudiNews akan membahas mengenai administrasi negara yang mencakup pengertian, ciri, tujuan, ruang lingkup dan juga contohnya. Untuk mengetahui penjelasannya langsung saja kita simak penjelasannya sebagai berikut:

Pengertian Administrasi Negara, Ciri, Tujuan & Ruang Lingkupnya

Berikut penjelasan mengenai pengertian administrasi negara.

Pengertian Administrasi Negara

Secara umum, administrasi negara merupakan suatu pengaturan kebijakan yang dilakukan oleh pemerintah atau aparatur negara agar tujuan negara dapat tercapai secara efektif dan juga efisien. Administrasi negara juga membahas mengenai kebijakan publik, administrasi pembangunan, tujuan negara, serta etika yang mengatur penyelenggarakan negara.

Pengertian Administrasi Negara Menurut Para Ahli

Pengertian administrasi menurut para ahli:

1. Edward H. Litchfield

Administrasi negara adalah studi yang membahas mengenai bagaimana bermacam-macam badan pemerintah diorganisir, diperlengkapi dengan tenaga-tenaganya, digerakkan, dibiayai dan dipimpin.

2. Dwight Waldo

Administrasi negara adalah suatu manajemen dan organisasi dari manusia dan peralatannya guna mencapai tujuan pemerintah.

Baca Juga:  √ Pengertian Profesional Beserta Ciri-Cirinya (Pembahasan Lengkap)

3. Pfiffner dan Preshtus

Administrasi negara merupakan suatu proses yang berhubungan dengan pelaksanaan kebijakan negara.

4. Dimocks

Administrasi negara merupakan suatu kegiatan negara dalam melaksanakan suatu kekuasaan atau wewenang politiknya.

5. Prof Dr. Prajudi Atmosudirjo

Administrasi negara merupakan seluruh proses, baik yang dilakukan organisasi ataupun perseorangan yang berhubungan dengan penerapan atau pelaksanaan hukun dan peraturan yang dikeluarkan oleh badan legislatif, eksekutif dan peradilan.

Ciri Administrasi Negara

Ada beberapa ciri administrasi negara, diantaranya adalah

  • Memiliki prioritas, yakni suatu pelayanan dan pengarahan terhadap masyarakat umum.
  • Merupakan suatu aktivitas yang tidak dapat dihindari (unavoidable) yang berpusat pada hubungan antara negara dan masyarakat yang sifatnya pasti.
  • Mempunyai monopoli dalam menggunakan kekuasaan dan wewenang untuk memaksakan kehendak pada masyarakat. Hal tersebut bertujuan agar masyarakat dapat tunduk terhadap hukum.
  • Top management Administrasi Negara yang sifatnya politis. Birokrasi adalah suatu organisasi masyarakat yang dikepalai pejabat pilihan publik yang bersifat non-karir dan menjabat dalam periode tertentu.
  • Administrasi negara adalah suatu institusi publik yang memberikan suatu pelayanan pada masyarakat dengan tujuan untuk mencapai peningkatan kualitas hidup tatanan negara.

Tujuan Administrasi Negara

Pada hakikatnya, tujuan administrasi negara adalah untuk mencapai tujuan negara sesuai dengan keinginan rakyatnya. Adapun beberapa keinginan yang ditetapkan oleh rakyat diantaranya adalah keamanan, kesejahteraan, ketertiban, keadilan, sehingga kehidupan masyarakat akan menjadi lebih baik.

Sehingga para pelaksana administrasi negara untuk memberikan pelayanan yang baik kepada kepentingan rakyat. Tujuan administrasi tersebut dapat tercapai, maka harus terdapat beberapa hal berikut:

  • Social participation yakni tindakan nyata dari masyarakat dengan ikut serta dalam administrasi negara.
  • Social responsibility yakni suatu pertanggungjawaban yang harus dilakukan oleh pelaksana administrasi negara kepada masyarakat.
  • Social supprot yakni suatu dukungan yang diberikan oleh rakyat kepada pelaksanaan administrasi negara.
  • Social control yakni suatu kontrol atau pengawasan yang dilakukan oleh masyarakat terhadap kegiatan administrasi negara.
Baca Juga:  √ 18 Pengertian Hukum Adat Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap)

Pengertian Administrasi Negara, Ciri, Tujuan & Ruang Lingkupnya

Ruang Lingkup Administrasi Negara

Adapun ruang lingkup administrasi negara menurut Nicholas Henry adalah sebagai berikut:

  • Organisasi masyarakat yang memiliki prinsip mengenai birokrasi dan model organisasi
  • Manajemen publik yang mencakup beberapa hal penting seperti ilmu dan juga sistem manajemen, anggaran publik, evaluasi program, produktivitas dan lain sebagainya.
  • Implementasi, yaitu suatu pendekatan untuk kebijakan publik serta penerapannya administrasi pemerintah, privatisasi dan etika birokrasi.

Contoh Administrasi Negara

Berikut ini adalah beberapa contoh administrasi negara yang dilakukan di negara demokrasi:

  • Presiden yang mengatur tentang reshuffle kabinet atau mentri
  • Aturan tentang bagaimana tata cara pembentukan badan dan komisi di pemerintahan
  • Aturan mengenai tata cara memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Demikianlah penjelasan kita kali ini mengenai Pengertian Administrasi Negara, Ciri, Tujuan & Ruang Lingkupnya. Semoga dapat bermanfaat. Terimakasih.

√ Pengertian Administrasi Negara, Ciri, Tujuan & Ruang Lingkupnya
5 (100%) 6 vote[s]