Pengertian Asimilasi, Syarat, Ciri dan Contohnya (Lengkap)

Pengertian Asimilasi, Syarat, Ciri dan Contohnya (Lengkap) – Istilah asimilasi ada pada mata pelajaran sosiologi, bagi sebagian orang asimilasi sudah tidak asing lagi, namun tidak sedikit orang yang belum mengetahui secara detail apa itu asimilasi. Nah pada kesempatan kali ini StudiNews akan membahas mengenai asimilasi yang mencakup pengertian, syarat, ciri dan juga contohnya.

Pengertian Asimilasi, Syarat, Ciri dan Contohnya (Lengkap)

Untuk mengetahui penjelasannya langsung saja kita simak penjelasannya sebagai berikut:

Pengertian Asimilasi

Istilah asimilasi berasal dari bahasa Inggris, yaitu “assimilation” yang berarti pembauran, perpaduan, penerimaan, serta pencampuran yang harmonis. Sehingga arti asimilasi adalah proses penyesuaian sifat-sifat asli dengan sifat-sifat lingkungan sekitar sehingga membentuk keteraturan sosial, kebiasaan serta budaya baru yang dianggap sesuai.

Secara umum, asimilasi merupakan suatu kondisi dimana terjadi dua pembauran 2 budaya yang disertai dengan hilangnya ciri khas dari kebudayaan tersebut sehingga akan menghasilkan kebudayaan yang baru.

Pengertian Asimilasi Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah definisi dari asimilasi menurut ahlinya.

1. Koentjaraningrat

Asimilasi adalah proses perubahan sosial yang terjadi dalam masyarakat karena adanya perkembangan dan hubungan interaksi sosial yang terus menerus juga serius sehingga mendorong masyarakat untuk membaurkan kebudayaan yang ada untuk mengakomodir semua pihak dalam menata bentuk keteraturan sosial yang ada.

2. Vander Zanden

Asimilasi adalah suatu proses interaksi sosial yang dilakukan oleh antar kelompok, mulai dari berfikir, saling menghargai, dan bertindak, yang memungkinkan mereka untuk berbaur dengan satu identitas baru sebagai kesatuan sosial.

3. James Garbarino

Asimilasi adalah penggabungan dua unsur kebudayaan dalam suatu masyarakat.

4. Alvin L. Bertrand

Asimilasi adalah suatu proses tingkatan sosial lanjut yang timbul karena adanya kelompok ataupun golongan masyarakat yang memiliki perbedaan antar budaya dan saling berinteraksi secara langsung dalam jangka waktu yang cukup lama dan kemudian menghasilkan suatu perubahan kebudayaan baik dari unsur maupun secara keseluruhannya dan menjadi sebuah budaya yang baru.

Syarat-Syarat Asimilasi

Ada beberapa syarat dalam asimilasi adalah adanya :

  • Sejumlah kelompok masyarakat yang mempunyai kebudayaan yang berbeda
  • Interaksi sosial secara langsung antar individu dan juga kelompok sosial secara terus menerus
  • Perubahan kebudayaan dalam kelompok masyarakat sebagai upaya untuk menyesuaikan diri dengan perkembangan, termasuk penyesuaian terhadap globalisasi yang terjadi.

Pengertian Asimilasi, Syarat, Ciri dan Contohnya

Ciri-Ciri Asimilasi

Asimilasi terjadi karena adanya proses interaksi sosial yang terus menerus. Adapun ciri-ciri asimilasi menurut John Lewis Gillin dan John Philip Gillin adalah

  • Semakin berkurangnya perbedaan dalam masyarakat disebabkan karena adanya usaha untuk mengurangi atau bahkan menghilangkan perbedaan antar individu ataupun kelompok
  • Adanya interaksi secara langsung dan terus menerus antar individu dalam kelompok masyarakat
  • Semakin eratnya kesatuan tindakan, sikap dan juga perasaan serta lebih mementingkan kepentingan dan tujuan bersama.
  • Adanya kesadaran setiap individu untuk memberikan peninjauan terhadap kebudayaan lain demi mewujudkan kepentingan bersama.

Contoh Asimilasi

Proses asimilasi yang terjadi dalam kehidupan masyarakat Indonesia, sangat beragam mulai dari budaya, kebiasaan hingga gaya hidup masyarakat. Berikut beberapa contoh asimilasi

  • Kebiasaan dalam menggunakan sendok ataupun garpu untu memakan bagi sebagaian masyarakat Indonesia. Awalnya hal ini dilakukan oleh kaum elit Indonesia dari masyarakat Eropa, namun saat ini sebagian masyarakat Indonesia menggunakan sendok atau garpu untuk makan.
  • Umat Islam menggunakan baju koko karena dianggap sebagai baju muslim. Baju koko merupakan pakaian khas masyarakat tiongkok di Indonesia pada zaman dahulu.
  • Penyerapan dan penggunaan bahasa Inggris dalam komunikasi masyarakat Indonesia sehari-hari seperti bus, radar, vidio, sorry, jus dan lain sebagainya.

Demikianlah penjelasan kita kali ini mengenai Pengertian Asimilasi, Syarat, Ciri dan Contohnya (Lengkap). Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan. Terimakasih 🙂