√ Pengertian Attitude, Karakteristik dan Perannya dalam Pekerjaan

Posted on

Pengertian Attitude, Karakteristik dan Perannya dalam Pekerjaan – Manusia adalah makhluk hidup yang paling sempurna dan juga unik, karena setiap individu memiliki ciri yang berbeda-beda. Walaupun secara fisik sebagian besar memiliki bentuk yang sama, akan tetapi Tuhan membuat manusia memiliki susunan gen yang berbeda sehingga akan menyebabkan sifat, karakter, dan juga penyakit yang satu dengan yang lainnya akan berbeda.

Adapun sikap itu sendiri dikenal sebagai attitude yang merupakan hal yang paling utama dan paling terlihat berbeda di setiap individu bahkan negara. Sehingga setiap negara memiliki ciri dan khasnya tersendiri. Indonesia sendiri dikenal sebagai warga negara yang memiliki sikap ramah, sopan dan juga santun.

Pengertian Attitude, Karakteristik dan Perannya dalam Pekerjaan

Pada kesempatan kali ini StudiNews akan membahas mengenai attitude, yang mencakup pengertian, karakteristik, serta perannya dalam suatu pekerjaan. Untuk mengetahuinya langsung saja kita simak penjelasannya sebagai berikut:

Pengertian Attitude

Secara umum, attitude merupakan suatu sikap, perilaku dan tingkah laku yang seseorang lakukan dalam berinteraksi dengan orang lain yang disertai dengan kecenderungan untuk bertindak sesuai dengan sikap tersebut.

Attitude sering sekali dikaitkan dengan kesiapan mental individu yang mempengaruhi juga menentukan kegiatan individu yang berhubungan dalam merespon obyek atau situasi yang mempunyai arti baginya. Attitude selalu berkenaan dengan suatu objek dan juga sikap terhadap objek yang disertai dengan perasaan positif maupun negatif.

Baca Juga:  √ 20 Pengertian Persepsi Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap)

Pengertian Attitude Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah definisi dari attitude menurut ahlinya.

1. Rakhmat

Attitude merupakan suatu kecenderungan untukbertindak, berfikir, berpersepsi, ide, situasi, nilai dan merasa dalam objek. Sikap bukanlah perilaku akan tetapi sebuah kecenderungan untuk berperilaku dengan cara-cara tertentu terhadap objek sikap.

2. Newcomb dalam Notoatmodjo

Attitude merupakan suatu kesiapan atau kesediaan untuk bertindak dan bukan merupakan pelaksanaan motif tertentu. Fungsi sikap belum merupakan tindakan (reaksi terbuka) atau aktivitas, namun merupakan predisposisi prilaku (tindakan) atau reaksi terbuka.

3. Soetarno

Attitude adalah suatu pandangan atau perasaan yang diikuti oleh kecenderungan untuk bertindak terhadap obyek tertentu.

Karakteristik Attitude

Ada beberapa karakteristik attitude, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Attitude tidak dapat berdiri sendiri, namun senantiasa mengandung relasi tertentu pada suatu objek.
  • Attitude bukan merupakan sikap yang tetap, namun dapat berubah-ubah. Perilaku atau tingkah laku dapat dipelajari seseorang atau sebaliknya sehingga membuat attitude dapat berubah-ubah bila terdapat keadaan-keadaan atau syarat tertentu yang mempermudah berubahnya sikap pada individu tersebut.
  • Attitude bukan merupakan sikap yang dibawa sejak seseorang dilahirkan, melainkan dibentuk atau dipelajari sepanjang perkembangan individu tersebut dalam berhubungan dengan orang lain.
  • Attitude memiliki segi-segi motivasi dan juga segi-segi perasaan.
  • Objek attitude merupakan suatu hal tertentu, namun juga bisa merupakan kumpulan dari hal-hal tersebut. Dengan kata lain attitude dapat berkaitan dengan beberapa objek sekaligus.

Peran Attitude dalam Lingkungan Kerja

Penilaian attitude individu merupakan hasil dari sikap atau respon terhadap lingkungannya. Attitude ini sangat berkaitan sekali dengan lingkungan dan pekerjaannya yakni sikap atau perilaku seseorang sehari-hari yang bekerja dengan hati nurani. Adapun beberapa peran attitude dalam lingkungan kerja diantaranya adalah:

Baca Juga:  √ Pengertian Konvensi, Jenis, Ciri dan Contohnya (Terlengkap)

1. Attitude Mengalahkan Hard Skill

Skill bisa jadi sesuatu yang dapat dipelajari, namun attitude sangat sulit untuk dirubah. Meskipun hal tersebut bukan bawaan dari lahir, namun seseorang dengan sifat dan kepribadian tertentu cukuplah sulit untuk mengalami perubahan yang sangat signifikan.

Biasanya seseorang yang memiliki attitude baik akan mudah beradaptasi dengan baik pada lingkungannya. Oleh karena itu, perusahaan cenderung akan memilih calon karyawan yang memiliki kepribadian terbuka dan juga rendah hati karena dengan itu mereka akan siap dan dapat ditempatkan dimana saja.

Pengertian Attitude, Karakteristik dan Perannya dalam Pekerjaan

2. Attitude Membantu Mengatasi Berbagai Masalah

Dalam dunia kerja, sikap saling menghargai untuk sangatlah penting, dengan memiliki attitude yaang baik maka dapat menciptakan suasana yang nyaman di suatu kerjaan. Hubungan dengan sesama karyawan baik, pun dengan atasan pun juga baik, sehingga segala macam persoalan dapat diatasi dengan baik.

3. Attitude Memungkinkan Pekerja Lebih Kompak

Attitude adalah bagian dari sikap untuk saling menjaga respect sehingga dalam hal ini produktivitas dari perusahaan dapat meningkat dengan optimal.

Nah itulah tadi penjelasan mengenai Pengertian Attitude, Karakteristik dan Perannya dalam Pekerjaan. Semoga dapat bermanfaat dan dapat menambah wawasan kita semua. Terimakasih.

√ Pengertian Attitude, Karakteristik dan Perannya dalam Pekerjaan
5 (100%) 17 vote[s]