Badminton : Pengertian, Sejarah, Lapangan dan Tekniknya

Badminton : Pengertian, Sejarah, Lapangan dan Tekniknya – Pada kesempatan ini Studi News akan membahas tentang Sejarah Badminton. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan pengertian Badminton, sejarah, ukuran lapangan, teknik dan perlengkapannya dengan secara singkat dan jelas. Untuk lebih lengkapnya simak Artikel berikut ini.

Bandminton : Pengertian, Sejarah, Lapangan dan Tekniknya

Permainan olahraga bulutangkis atau yang sering di sebut dengan permainan badminton ini juga sangat populer seperti halnya permainan sepak bola. Akan tetapi berbeda dengan sepak bola, materi badminton permainannya memiliki gerak yang dominan antara kaki dan juga lengan. Gerakan tersebut kemudian menjadikan teknik tertentu agar bisa memainkan raket dan juga kok.

Bulu tangkis merupakan sebuah olahraga raket yang dalam permainannya dilakukan oleh dua orang yang saling berlawanan untuk permainan tunggal. Dan  untuk permainan ganda menggunakan dua pasangan yang saling berlawanan.

Permainan olahraga ini mirip sekali dengan tenis. Bulutangkis atau badminton bertujuan untuk memukul bola permainan yang di sebut kok atau shuttlecock. Kok di pukul agar melewati jaring supaya jatuh dalam bidang permainan lawan yang sudah di tentukan. Dan pemain harus berusaha untuk mencegah lawan melakukan hal yang sama. Untuk lebih jelasnya yuk simak penjelasan di bawah ini.

Pengertian Badminton

Permainan bulu tangkis dikenal juga dengan istilah badminton, awal mulanya permainan ini dinamakan badminton, namun karena melihat pada pengertiannya maka olahraga ini mempunyai nama lain yaitu bulu tangkis.

Secara harfiah bulu tangkis berasal dari dua kata yaitu bulu dan tangkis. Kata bulu diambil dari bentuk kok (shuttlecock)yang terbuat dari bulu angsa.

Sedangkan tangkis diambil dari kata dasar menangkis. Dan inti dari permainan bulu tangkis adalah menangkis pergerakan dari shuttlecock tersebut.

Sejarah Badminton

Permainan bulu tangkis kemungkinan berkembang di Mesir Kuno sekitar 2000 tahun yang lalu, akan tetapi juga disebut-sebut di India dan Republik Rakyat Tiongkok.

Dan seiringnya perkembangan permainan bulu tangkis dikenal luas oleh masyarakat dunia pada abad pertengahan di Inggris, yaitu sebuah permainan tradisional anak-anak setempat yang bernama battledore dan shuttlecocks.

Anak-anak pada waktu itu biasanya akan menggunakan dayung atau tongkat dan bersiasat bersama untuk menjaga kok agar tetap diudara dan mencegah menyentuh tanah.

Dan olahraga bulu tangkis diciptakan oleh petugas tentara Britania di Pune, India pada abad ke-19 pada saat mereka menambahkan jaring dan memainkannya secara bersaingan.

Kemudian para tentara membawa permainan itu kembali ke Inggris pada tahun 1850-an. Dan pada tahun 1877 rancangan peraturan pertama kali ditulis oleh Klub Badminton Bath.

Selanjutnya pada tahun 1893 Asosiasi bulu tangkis Inggris di bentuk dan kejuaraan internasional pertamanya pada tahun 1899 dengan kejuaraan All England.

Setelah itu bulu tangkis menjadi sebuah olah raga populer di dunia, terutama di wilayah Asia Timur dan Tenggara, yang saat ini mendominasi olah raga ini dan di negara-negara Skandinavia.

Karena perkembangannya yang sangat pesat maka perlu didirikannya organisasi internasional untuk mengatur kegiatan bulu tangkis internasional.  Lalu diberi nama international badminton federation (IBF) pada tanggal 5 juli 1934 yang beranggotakan dari beberapa negara. Di negara Indonesia dibentuk organisasi induk bulu tangkis tunggal nasional, yaitu persatuan bulu tangkis seluruh indonesia (PBSI) pada tanggal 5 mei 1951.

Kemudian pada tahun 1953 indonesia menjadi anggota IBF dan berhak untuk mengikuti pertandingan-pertandingan internasional.

Ukuran Lapangan Permainan Badminton

Ukuran lapangan badminton

Lapangan permainan bulu tangkis berbentuk persegi panjang. Kemudian dibagi menjadi dua bidang yaitu bidang permainan yang saling berhadapan dan terpisah dengan net yang membentang ditengah.

Pada umumnya permainan bulu tangkis ada beberapa garis pada masing-masing bidang tersebut. Garis itu meliputi garis servis depan, servis tengah, servis samping (untuk permainan tunggal) sisi kanan dan kiri, dan garis servis belakang (untuk permainan ganda)

Garis-garis tersebut mempunyai ketebalan sekitar 40 mm. Warna garis pada lapangan bulu tangkis harus berwarna kontra dengan warna lapangan, seperti halnya warna kuning atau putih.

Bahan yang digunakan dalam permukaan lapangan bulu tangkis adalah bahan sintetis yang lunak dan kayu serat dan tidak boleh menggunakan bahan yang terbuat dari bhan sintetis yang keras dan beton karena dapat mengakibatkan pemain cidera.

Berikut ini merupakan ukuran lapangan bulu tangkis internasional yang ditetapkan standar internasional.

  • Panjang lapangan :13,40 m
  • Lebar lapangan : 6,10 m
  • Jarak garis servis depan dari garis net :1,98 m
  • Sela garis servis tengah dari garis samping lapangan : 3,05 m
  • Jangka garis servis belakang (untuk pemain ganda) dari garis belakang lapangan : 0,76 m
  • Jarak garis samping permainan tunggal dari garis pinggir lapangan :0,46 m
  • Tinggi tiang net :1,55 m
  • Tinggi net :1,52 m.

Badminton Pengertian Sejarah Lapangan dan Tekniknya

Teknik Permainan Badminton

Dalam permainan bulu tangkis ada banyak tekhnik dasar yang harus dikuasai guna menjadi modal awal atau dasar untuk menjadi seorang pemain bulu tangkis profesional.

Berikut ini adalah teknik dasar dalam permainan bulu tangkis, antara lain:

Cara Memegang Raket (Grip)

Cara memegang raket adalah faktor utama yang paling berpengaruh terhadap kualitas pukulan yang dihasilkan. Sebagai pemula harus benar-benar menguasai teknik dasar terlebih dahulu agar mampu melanjutkan ke tekhnik berikutnya. Jenis memegang raket ada dua macam yaitu : Pegangan forehand, pegangan backhand.

Gerakan kaki (footwork)

Fungsi dari gerakan kaki adalah sebagai penyangga tubuh agar menempatkan badan dalam posisi yang memungkinkan untuk melakukan gerakan pukulan yang efektif.

Jika ingin memukul dengan posisi yang baik maka seorang pemain harus mempunyai kecepatan gerak.

Posisi Badan Ketika Memukul (Hitting Position)

Posisi memukul bola sering disebut dengan preparation. Waktu sekian detik yang ada pada waktu persiapan juga dipakai untuk menentukan pukulan apa yang akan dilakukan.

Oleh karena itu posisi persiapan ini sangat penting dilakukan dengan baik dalam upaya menghasilkan pukulan berkualitas.

Servis

Yaitu pukulan pertama untk mengawali permainan bulu tangkis. Dilakukan setelah bola mati. Jika terjadi kesalahan dalam servis maka akan menguntungkan lawan main. Tehknik service dilakukan dengan cara mengarahkan kok kekanan, kekiri, kedepan ataupun kebelakang pemain lawan.

Hal yang harus di hindari dalam service adalah kok dengan posisi tanggung dan berada tepat di depan lawan. Karena sama halnya kita bunuh diri karena service kita dapat dikembalikan dengan mudah dan mematikan pergerakan kita. Service ada tiga macam yaitu forehand pendek, forehand tinggi dan backhand.

Overhead

Overhead yaitu pukulan yang dilakukan jika kok mengarah kebelakang posisi tubuh kita sendiri. Dan overhead ini dilakukan seperti orang yang hanya melempar dan raket dipegang dengan teknik forehand.

Smash

Smash yaitu pukulan yang keras dan tajam. Pukulan smash bertujuan untuk mematikan lawan secepat-cepatnya.

Pada intinya salah satu manfaat pukulan smash adalah meningkatkan kualitas permainan.

Dropshot (Pukulan Potong)

Dropshot (Pukulan Potong) yaitu pukulan yang dilakukan sama seperti smash. Perbedaannya pada posisi raket saat perkenaan dengan kok. Pukulan dropshot ialah  jenis pukulan yang meluncurkan kok ke daerah lawan sedekat mungkin dengan net.

Perlengkapan Permainan Badminton

Berikut ini adalah perlengkapan yang digunakan dalam permainan bulu tangkis, sebagai berikut :

Raket

Hampir seluruh raket pemain bulu tangkis prefisional terbuat dari kombinasi serat karbon (plastik bertulang grafit)

Karena serat karbon mempunyai kekuatan hebat dalam pertandingan berat, kaku, serta memberi perpindahan energi kinetik yang hebat. Akan tetapi beberapa model rendahan masih memakai baja atau alumunium untuk sebagaian ataupun keseluruhan raket.

Senar

Senar adalah salah satu alat atau perlengkapan yang sangat harus diperhatikan dalam permainan bulu tangkis. Karena senar mempunyai beberapa ciri-ciri yang berbeda satu sama lainnya. Kuat dan kokoh atau keawetan senar tergantung pada kinerjanya. Pada umumnya senar mempunyai ketebalan 21 ukuran dan diuntai dengan ketegangan 18 sampai 30+ lb.

Kok

Yaitu bola yang digunakan dalam permainan bulu tangkis dinamakan dengan kok. Dan kok terbuat dari rangkaian bulu angsa yang disusun membentuk kerucut terbuka dengan pangkal berbentuk setengah bola yang terbuat dari gabus.

Sepatu

Digunakan untuk melakukan percepatan sepanjang lapangan. Sepatu bulu tangkis sangat memerlukan sol karet yang berfungsi untuk cengkraman yang baik. Selain itu terdapat pula dinsing sisi yang bertulang pada sepatu yang berfungsi untuk agar tahan lama selama tarik menarik yang dilakukan.

Demikian penjelasan tentang Badminton : Pengertian, Sejarah, Lapangan dan Tekniknya. Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda. Terimakasih.