Pengertian Bahasa, Sejarah, Fungsi dan Strukturnya (Lengkap)

Pengertian Bahasa, Sejarah, Fungsi dan Strukturnya (Lengkap) – Mari kita simak penjelasan StudiNews kali ini. Dalam kehidupan sehari-hari, manusia pasti membutuhkan bahasa agar dapat berkomunikasi dengan orang lain. Biasanya bahasa di sampaikan secara lisan maupun tulisan. Untuk mengetahui lebih jelasnya mengenai pengertian bahasa, sejarah, fungsi dan juga strukturnya maka simaklah penjelasannya berikut ini:

Pengertian Bahasa, Sejarah, Fungsi dan Strukturnya (Lengkap)

Mari kita bahas pengertian bahasa terlebih dahulu dengan seksama.

Pengertian Bahasa

Bahasa secara umum adalah suatu alat yang digunakan untuk menyampaikan perasaan dan pikiran seseorang yang dapat disampaikan secara lisan maupun tulisan. Adapun pengertian bahasa menurut para ahli adalah

1. D.P Tambulan

Bahasa adalah suatu cara yang digunakan untuk bisa memahami pikiran dan perasaan orang lain serta untuk menyampaikan isi pikiran dan perasaan yang dimiliki oleh seorang manusia.

2. William A. Haviland

Bahasa adalah sistem bunyi yang ketika digabungkan sesuai aturan akan menimbulkan makna yang bisa ditangkap oleh semua orang yang sedang bercakap-cakap dengan menggunakan bahasa tertentu.

3. Gorys Keraf

Bahasa merupakan alat untuk berkomunikasi dengan orang lain yang berupa simbol bunyi yang bersumber dari alat ucap yang dimiliki oleh setiap manusia.

4. Plato

Bahasa adalah suatu pernyataan yang terdapat dalam pikiran seseorang dengan menggunakan perantara ucapan (rhemata) dan nama benda atau sesuatu (onomata) yang menjadi cermionan ide seseorang dengan menggunakan media mulut.

5. Finoechiaro

Bahasa adalah suatu sistem simbol vokal yang arbitrer yang dapat memungkinkan semua orang untuk berada dalam kebudayaan tertentu ataupun cara berkomunikasi dengan orang lain.

Sejarah Bahasa

Setiap manusia pasti perlu berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang lain. Karena manusia merupakan makhluk sosial yang membutuhkan orang lain dalam kehidupannya. Dalam berkomunikasi, dibutuhkan sebuah bahasa. Harus kalian tahu bahwa bahasa adalah peninggalan zaman purba yang masih digunakan dan terus mengalami perkembangan sampai saat ini.

Awalnya, bahasa ditemukan pada zaman purba. Pada zaman itu, manusia belum mengenal tulisan ataupun mengenal huruf. Mereka hanya mengenal gambar, simbol, dan gerakan tubuh. Pada saat itu, jika mengalami kesulitan maka manusia akan berteriak demi memperoleh bantuan. Akan tetapi kata-kata yang disampaikan tidak terstruktur dengan baik seperti bahasa yang digunakan pada zaman modern ini.

Setelah mengenal tulisan, barulah manusia mengolah tulisan tersebut menjadi bahasa verbal sehingga ia bisa berkomunikasi secara lisan dengan orang lain. Bahasa kemudian mengalami perkembangan seiring dengan berjalannya waktu.

Tanpa sadar, bahasa akan terus berkembang menjadi sangat kompleks dan memiliki berbagai jenis. Hal ini akan terjadi karena pola hidup masyarakat yang dulu suka berpindah-pindah dari satu tempat ke tempat yang lain hingga terjadi percampuran budaya dan peradaban yang mengakibatkan munculnya keberagaman bahasa.

Fungsi Bahasa

Adapun fungsi bahasa secara umum adalah sebagai alat untuk komunikasi dengan orang lain. Walaupun demikian, bahasa juga memiliki fungsi lain dalam masyarakat, yakni sebagai alat untuk:

  1. Mengekspresikan diri.
  2. Menyampaikan keinginan, perasaan, ataupun gagasan tertentu.
  3. Berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang lain.
  4. Berintegrasi dan beradaptasi di lingkungan masyarakat.
  5. Membagikan ilmu pengetahuan kepada orang lain.
  6. Melakukan kontrol sosial.

Struktur Bahasa

Adapun struktur bahasa diantara adalah sebagai berikut:

1. Wacana

Merupakan  satu kesatuan yang tersistem antar bagian di dalam suatu bahasa. Dengan kata lain, wacana dapat diartikan sebagai komunikasi kebahasaan yang biasanya terlihat sebagai pertukaran interaksi, di mana bentuknya dipengaruhi oleh tujuan sosial. Berdasarkan dua pengertian di atas, wacana diartikan sebagai rangkaian pernyataan yang bisa disampaikan secara lisan atau non-lisan dalam konteks tertentu yang mengandung makna tersendiri.

2. Paragraf

Adalah  kumpulan dari beberapa kalimat yang sengaja disusun dalam bentuk satu kesatuan. Adapun nama lain dari paragraf adalah alenia.  Kalimat yang dalam suatu paragraf berhubungan erat dengan kalimat lain.

3. Kalimat

Adalah suatu kumpulan kata yang disengaja dan disusun dengan pola tertentu. Kalimat dapat diartikan juga sebagai satuan bahasa yang berdiri sendiri dan terdiri dari klausa yang digunakan untuk menyusun gagasan atau pemikiran tertentu sehingga bisa dikomunikasikan dengan orang lain. Syarat menjadi sebuah kalimat adalah terdapat subjek, predikat, intonasi dan mengandung makna.

4. Kata

Adalah kumpulan huruf yang sengaja disusun menjadi satu kesatuan dan mengandung makna di dalamnya. Kata juga bisa diartikan sebagai salah satu unsur bahasa berupa perasaan atau pemikiran yang bisa digunakan dalam bahasa.

Pengertian Bahasa, Sejarah, Fungsi dan Strukturnya

5. Fonem

Adalah salah satu unsur bahasa yang berfungsi sebagai pembeda dan membedakan arti dari kata yang disampaikan secara lisan. Biasanya fonem memiliki pelafalan yang berbeda saat mengucapkannya tergantung pada posisinya dalam suatu kata. Contoh huruf e tergantung pada posisinya.

6. Morfem

Adalah suatu unsur terkecil dalam bahasa, yang bentuknya tidak memiliki bagian yang mirip dengan bentuk lain, entah itu diliat dari segi bunyi maupun maknanya.

Demikianlah penjelasan mengenai Pengertian Bahasa, Sejarah, Fungsi dan Strukturnya (Lengkap). Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan. Terimakasih 🙂