Pengertian Bintang : Jenis dan juga Contohnya Secara Lengkap

Posted on

Pengertian Bintang : Jenis dan juga Contohnya Secara Lengkap – Pasti kebanyakan orang mengetahui yang namanya bintang, namun ada juga beberapa orang yang mengetahui bintang akan tetapi tidak bisa mendefinisikan mengenai apa itu bintang? Oleh sebab itu pada kesempatan kali ini Studi News akan menjelaskan mengenai apaitu bintang yang meliputi atas jenis dan contoh dari bintang. Seperti apa pembahasannya, mari simak saja penjelasannya berikut ini.

Pengertian Bintang : Jenis dan juga Contohnya Secara Lengkap

Bintang yaitu sebuah bola yang memiliki bentuk plasma besar yang mana ia memancarkan cahaya ke seluruh alam semesta. Sementara, hanya terdapat satu bintang yang berada pada tata surya kita, dan masih ada miliaran bintang yang ada di seluruh galaksi kita yang mana secara eksponensial lebih banyak di miliaran galaksi alam semesta ini.

Tak hanyaitu bintang disini juga bisa diartikan sebagai salah satu benda langit yang mana ia dapat memancarkan cahayanya sendiri. Menurut pendapat dari ilmu astronomi, bintang diartikan seabagai semua benda massif (mempunyai massa antara 0,08 sampai 200 kali lipat dari massa matahari) yang sedang.

Penamaan Bintang

Ada suatu konsep yang sudah digunakan oleh manusia sejak zaman dulu hingga zaman sekarang. Prinsip dari konsep ini yaitu dengan membayangkan pola tebentuk yang mana dibentuk dari beberapa bintang yang menonjol selanjutnya menghubungkannya dengan aspek tertentu oleh alam maupun mitologi mereka, konsep ini disebut juga dengan konsep rasi bintang.

Satu satunya otoritas yang telah diakui secara internasional untuk penamaan benda angkasa yaitu Persatuan Astronom Internasional “IAU” tak hanya itu banyak juga nama bintang yang diwarisi sebelum IAU dibentuk.

Baca Juga:  √ Pengertian Cerebrum (Otak Besar), Struktur dan Fungsinya

Nama bintang ini juga bisa berasal dari kebudayaan kuno, nama ini kebanyak berasal dari bahasa latin dan juga dari bahasa arab, mungkin hal ini disebabkan bangsa Arab sendiri sangat familiar dengan bintang-bintang tersebut.

Jenis-Jenis Bintang

Jenis-jenis bintang sendiri dibedakan menjadi 2 yaitu berdasarkan Efek Luminosistas dan Berdasarkan suhunya, unyuk lebih jelasnya simak saja penjelasan dibawah ini

1. Jenis Bintang Berdasarkan Efek Luminosistas

  • 0 (Maha-Maha Raksasa)
  • I (Maharaksasa)
  • II (Raksasa Terang)
  • III (Raksasa)
  • IV (Sub-Raksasa)
  • V (Deret Utama)
  • VI (Sub-Katai)
  • VII (Katai Putih)

2. Jenis Bintang Berdasarkan Suhunya

  • O (Lebih dari 33.000° Kelvin)
  • B (10.500-30.000° Kelvin)
  • A (7.500-10.000° Kelvin)
  • F (6.000-7.200° Kelvin)
  • G (5.500-6.000° Kelvin)
  • K (4.000-5.200° Kelvin)
  • M (2.600-3.850° Kelvin)

Pengertian Bintang : Jenis dan juga Contohnya Secara Lengkap

Contoh Bintang

1. Alpha Centauri

Alpha Centauri atau yang disebut dengan Rigil Kentaurus yaitu jenis bintang paling cerah yang terdapat dalam rasi Centaurus. Meskipun memiliki bentu yang seperti satu titik jika dilihat langsung dengan menggunakan mata telanjang, bintang ini sebenarnya mempunyai tiga komponen bintang.

Diantaranya yaitu :

  • Alpha Centauri A (α Cen A)
  • Alpha Centauri B (α Cen B
  • Proxima Centauri (α Cen C)

Alpha Centauri yaitu suatu sistem bintang yang terdekat dengan Bumi kita, yaitu dengan jarak mencapai 4,2 sampai 4,4 tahun cahaya.

2. Wolf 359

Wolf 359 yaitu jenis bintang katai merah yang mana letaknya yaitu berada di konstelasi Leo, serta dekat denganekliptika. Yang mana jaraknya berkisar 7,8 tahun cahaya dari Bumi, dan juga mempunyai magnitudo yang terlihat sebesar 13,5 dan hanya dapat dilihat dengan menggunakan teleskop besar.

Wolf 359 ini yaitu salah satu bintang yang paling dekat dengan tata surya kita, setelah Alpha Centauri, Proxima Centauri, dan juga bintang Barnard. Sebab dekatnya pada Bumi inilah yang menyebabkan Bintang ini banyak disebut dalam beberapa karya fiksi.

Baca Juga:  √ Taman Hutan Raya : Pengertian, Syarat Beserta Tujuan

3. Lalande 21185

Lalande 21185 ialah jenis bintang merah kecil pada konstelasi Ursa Major. Yang mana mamailiki jarak antara 8,3 tahun cahaya dari Bumi. Meskipun bintang ini relatif dekat, akan tetapi bintang ini terlalu redup jika dilihat dengan menggunakan mata telanjang.

Pada waktu birkisar antara 19.900 tahun, Lalande 21185 ini nantinya akan berada dengan jarak terdekatnya yaitu sekitar 4,65 ly (1,43 pc) dari Matahari.

4. Sirius

Sirius merupakan jenis bintang yang paling terang di langit malam yang mana letaknya berada di rasi Canis Major. Sirius ini bisa dilihat di semua tempat pada permukaan Bumi kecuali pada orang yang tinggal berada dalam lintang di atas 73,284° utara. Sirius ini yaitu sistem bintang yang letaknya dengan Bumi yang mana dengan jarak 2,6 parsec atau 8,6 tahun cahaya.

Demikian penjelasan menganai Pengertian Bintang : Jenis dan juga Contohnya Secara Lengkap dari kami. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu anda dalam mencari informasi dan menambah wawasan.