Pengertian Birokrasi, Karakteristik, Fungsi dan Perannya (Lengkap)

Pengertian Birokrasi, Karakteristik, Fungsi dan Perannya (Lengkap) – Dalam menjalankan sebuah roda pemerintahan suatu negara tentulah membutuhkan sebuah sistem. Sistem pemerintahan inilah yang kemudian disebut sebagai birokrasi. Di Indonesia sendiri, birokrasi yang dijalankan penguasa (pimpinan) dan pekerja yang disebut ASN (Aparatur Sipil Negara) yang dulunya bernama PNS (Pegawai Negeri Sipil).

Sistem birokrasi ini lebih kuat, berbeda dengan sistem organisasi lainnya. bersifat hirarki dengan aturan yang ketat karena menyangkut kepentingan banyak orang.

Pengertian Birokrasi, Karakteristik, Fungsi dan Perannya (Lengkap)

Untuk mengetahui lebih jelas mengenai pengertian birokrasi, karakteristik, fungsi dan juga perannya, simaklah penjelasannya sebagai berikut:

Pengertian Birokrasi

Secara etimologi birokrasi berasal dari dua kata yakni biro yang berarti meja dan kratein yang berarti pemerintahan. Birokrasi merupakan kekuasaan yang dijalankan berdasarkan prinsip-prinsip organisasi dan mengacu pada peraturan perundang-undangan.

Adapun menurut G. Roskin, birokrasi merupakan suatu organisasi skala besar yang terstruktur dan rasional dan berfungsi dalam melaksanakan kebijakan yang ditetapkan oleh pengambil keputusan. Dalam birokrasinya terdapat pelayanan publik kepada masyarakat yang tentunya diharapkan dapat berjalan dengan efektif dan efisien.

Karakteristik Birokrasi

Menurut Max Weber yang dijuluki sebagai Bapak Birokrasi, karakteristik birokrasi terbagi menjadi 8 bagian, diantaranya adalah:

1. Susunan Organisasi

Organisasi telah diatur dengan ketat menyerupai piramid dimana kekuasaan tertinggi dipegang oleh pemerintah pusat.

2. Pengaturan Bagian

Dalam setiap bagian, telah diatur pembagian kerjanya.

3. Staffing

Orang-orang yang bekerja dalam birokrasi adalah yang diangkat (bukan dipilih) oleh penguasa berdasarkan hasil rekruitmen (biasanya diseleksi). Setiap pekerja tersebut memiliki wewenang, kontrak kerja, serta tanggung jawab masing-masing.

4. Budgeting

Orang dalam birokrasi digaji sesuai dengan jabatan atau posisinya.

5. Tempat Kerja

Para pelayan publik ini biasanya kerja dikantor yang sudah disediakan (bukan dari kantor sendiri).

6. Jenjang Karir

Terdapat jenjang karir dari para pekerja dalam sistem birokrasinya.

7. Aturan

Setiap pekerja senantiasa dikontrol oleh atasan dan harus menaati setiap aturan yang telah ditetapkan.

8. Promosi

Terdapat promosi jabatan dari atasan berdasarkan kinerja dari pekerja.

Fungsi dan Peran Birokrasi

Menurut Michael G. Roskin, terdapat 4 fungsi dan peran birokrasi diantaranya adalah:

1. Fungsi Administrasi

  • Planing
    Birokrasi menjalankan tugasnya untuk merencanakan kegiatan ataupun menetapkan aturan.
  • Organizing
    Berkomunikasi dengan anggota-anggota organisasi dalam hal ini pejabat pemerintah, untuk menyusun rencana demi mencapai tujuan.
  • Coordinating
    Mengatur segala aktivitas dalam pemerintahan.
  • Reporting
    Melaporkan hasil kegiatan selama menjalankan roda pemerintahan.
  • Budgeting
    Mengelola keuangan dalam hal ini anggaran negara.
  • Staffing
    Merekrut, mengembangkan, dan menempatkan pekerja pada posisi pemerintahan yang sesuai.
  • Directing
    Memberi pengarahan dan bimbingan pada elemen- elemen pemerintahan.

2. Fungsi Pelayanan

Birokrasi adalah pelayanan masyarakat. Birokrasi bekerja untuk kepentingan umum demi terciptanya masyarakat yang tertib dan taat terhadap aturan yang sudah ditetapkan.

3. Fungsi Pengaturan

Birokrasi mengatur atas warga negara. Birokrasi harus berfokus kepada kepentingan kesejahteraan masyarakat umum, bukan untuk kepentingan individu ataupun kelompok.

4. Fungsi Pengumpul Informasi

Birokrasi merupakan pusat informasi yang bertugas sebagai pengumpulan data, mengelola dan menyampaikan informasi kembali kepada khalayak umum. Sebagai contoh, birokrasi melakukan data sensus, data tersebut kemudian dikelola dan dikelompokkan. Setelah datanya terkumpul, hasilnya akan diumumkan masyarakat untuk menjadi acuan dalam melakukan kegiatan atau penetapan kebijakan.

Demikianlah penjelasan kita kali ini mengenai Pengertian Birokrasi, Karakteristik, Fungsi dan Perannya (Lengkap). Semoga dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk kita semua. Sekian dan terimakasih 🙂