√ Pengertian Ceramah, Jenis, Komponen dan Metodenya (Lengkap)

Posted on

Pengertian Ceramah, Jenis, Komponen dan Metodenya (Lengkap) – Istilah ceramah bukanlah hal yang asing lagi dalam kehidupan kita. Pasalnya sering kali kita melihat orang yang sedang memberikan ceramah kepada para audiens nya disuatu tempat umum atau acara tertentu.

Ceramah adalah suatu kegiatan yang dilakukan seseorang untuk menyampaikan ajaran atau nasihat kepada para pendengarnya secara lisan. Untuk mengetahui lebih jelas mengenai arti ceramah, jenis, komponen dan juga metodenya studinews akan membahas nya secara jelas. Berikut penjelasannya:

Pengertian Ceramah, Jenis, Komponen dan Metodenya (Lengkap)

Mari kita bahas lengkap pengertiannya terlebih dahulu dengan seksama.

Pengertian Ceramah

Secara umum, ceramah adalah salah satu kegiatan yang dilakukan seseorang untuk menyampaikan ajaran atau nasihat kepada para pendengarnya secara lisan. Adapun ceramah dapat dilakukan kapan dan dimana saja. Ceramah juga dapat dilakukan dengan cara kreatif serta inovatif seperti seminar, lokakarya, pelatihan, dan lain sebagainya.

Adapun pengertian menurut para ahli:

1. Winarno Surahmad

Ceramah adalah suatu informasi yang disampaikan seseorang kepada para penonton secara lisan.

2. Matthew

Ceramah adalah suatu informasi yang disampaikan secara lisan kepada masyarakat, dimana informasi tersebut sifatnya menambah wawasan serta ilmu pengetahuan masyarakat.

3. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Ceramah adalah pidato yang dilakukan dengan tujuan untuk memberikan nasihat ataupun petunjuk kepada sejumlah orang yang bertindak sebagai pendengar.

Baca Juga:  √ 20 Pengertian Persepsi Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap)

Jenis-Jenis Ceramah

Jenis ceramah dapat dibedakan menjadi 2 jenis, yakni ceramah umum dan ceramah khusus. Simak penjelasannya sebagai berikut:

1. Ceramah Umum

Yaitu pidato yang dilakukan dengan tujuan untuk memberikan nasihat dan juga petunjuk kepada sejumlah orang yang berperan sebagai pendengar. Sedangkan maksud dari umum artinya keseluruhan, untuk siapa saja, khalayak ramai atau masyarakat. Dengan kata lain, ceramah umum merupakan pidato yang berisi nasihat atau petunjuk yang ditujukan kepada masyarakat luas. Isi ceramah umu bersifat keseluruhan dan tidak ada batasan antara audiens tua maupun audiens muda.

2. Ceramah Khusus

Yaitu ceramah tersendiri, spesial, istimewa, dan tidak ada yang lain. Sehingga ceramah khusus adalah ceramah yang dilakukan dengan tujuan untuk memberikan nasihat kepada khalayak ataupun kalangan tertentu dan materi yang dibawakan bersifat khusus. Memiliki banyak batasan yang dibuat mulai dari audiens sampai materi yang disesuaikan dengan kondisi acara. Contoh: ceramah untuk memperingati hari besar Islam, ceramah memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW, ceramah bulan puasa, dan lain sebagainya.

Komponen Ceramah

Adapun komponen ceramah yang harus kamu ketahui diantaranya adalah:

1. Penceramah

Penceramah harus mengetahui bahwa dirinya adalah seorang penceramah. Artinya penceramah harus tau apa saja yang menjadi tugas seorang penceramah serta modal dan bekal apa saja yang harus disiapkan sebelum memberikan ceramah kepada publik.

2. Audiens

Audiens atau penonton merupakan pihak pendengar ceramah. Audiens pun terdiri dari berbagai jenis kelompok manusia yang berbeda-beda, baik itu dari segi ekonomi, status sosial, tingkat pendidikan, tingkat intelektual, jenis kelamin, usia dan lain sebagainya.

3. Materi

Agar audiens tertarik untuk mendengarkan materi yang disampaikan, maka penceramah harus bisa memilih materi yang tepat dan menarik. Kalau bisa disesuaikan dengan inti acaranya. Materi yang akan disampaikan harus dikuasai semaksimal mungkin agar ceramah bisa tampil dengan baik didepan publik.

Baca Juga:  √ Pengertian Teknologi, Jenis dan Manfaatnya (Pembahasan Lengkap)

Pengertian Ceramah, Jenis, Komponen dan Metodenya

Metode Ceramah

Metode ceramah merupakan metode untuk menyampaikan informasi dan nasihat secara lisan kepada audiens yang biasanya mengikuti ceramah secara pasif. Menurut Muhibbin Syah, metode ceramah adalah satu-satunya metode yang paling ekonomis untuk menyampaikan informasi kepada publik. Metode ini juga termasuk metode yang paling efektif untuk mengatasi kelangkaan rujukan yang sesuai dengan jangkauan pengetahuan audiens. Sedangkan sumber metode ceramah bisa berasal dari mana saja seperti kitab suci, buku-buku, dan lain sebagainya.

Demikianlah penjelasan kita kali ini mengenai Pengertian Ceramah, Jenis, Komponen dan Metodenya (Lengkap). Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan kamu. Terimakasih 🙂