Pengertian Chatting, Fungsi, Manfaat, Dampak & Contohnya Lengkap

Pengertian Chatting, Fungsi, Manfaat, Dampak & Contohnya Lengkap – Saat ini aplikasi chatting sudah menggantikan sms dan mengirim pesan dengan cepat. Chatting sudah menjadi kebiasaan orang ketika menggunakan media sosial ataupun untuk keperluan berbisnis. Namun taukah kalian definisi chatting?

Berikut ini kami akan mengulas lengkap tentang Chatting, yang meliputi pengertian, fungsi, manfaat, dampak dan contohnya dengan lengkap dan mudah dipahami. Untuk lebih detailnya silakan simak ulasan Studinews.co.id berikut ini.

Pengertian Chatting, Fungsi, Manfaat, Dampak & Contohnya Lengkap

Mari kita bahas pengertian chatting terlebih dahulu dengan seksama.

Pengertian Chatting

Pada umumnya chatting didefinisikan dengan aktivitas komunikasi yang dilakukan oleh dua orang atau lebih, dengan memakai aplikasi dan jaringan internet.

Definisi lain dari chatting yaitu program yang menggunakan sambungan internet untuk saling bertukar pesan antara dua orang atau lebih. Chatting adalah salah satu bentuk komunikasi yang efektif dan efisien

Sekarang aplikasi chatting semakin berkembang dan maju. Karena selain dapat mengirimkan pesan teks, juga dapat mengirimkan emoticon, pesan suara, pesan animasi, sampai dengan mengirimpan file video, dokumen dan lain sebagainya.

Fungsi Chatting

Diseluruh dunia dapat dikatakan sekarang ini telah mengenal dan menggunakan aplikasi chatting, oleh sebab itu aplikasi chatting mempunyai beberapa fungsi, yaitu:

  • Menjalin komunikasi yang cepat, mudah dan efisien
  • Untuk curhat atau melakukan konsultasi tanpa harus bertatap muka
  • Sebagai alat untuk menjalin hubungan sosial dengan orang lain, misalnya keluarga, sahabat, rekan kerja dan lain sebagainya.
  • Dapat dimanfaatkan untuk membuat suatu komunitas, grup/perkumpulan
  • Dan lain sebagainya.

Manfaat Chatting

Melakukan chatting pada aplikasi memiliki manfaat yang antara lain yaitu:

Sarana Komunikasi
Chatting pada dasarnya untuk mempermudah dalam komunikasi dengan orang lain, utamanya yang posisinya berjauhan dengan kita. Kita juga dapat dengan mudah memberikan informasi penting dengan seseorang/beberapa orang sekaligus dengan memanfaatkan fitur chatting.

Sumber Informasi Tercepat
Chatting dianggap sebagai alat penyampai informasi yang sangat cepat. Karena kita tidak harus bersusah susah menemui orang yang berkaitan demi bertukar informasi. Kita juga tidak harus melakukan panggilan telepon dan menghabiskan pula karena pertukaran informasi dapat kita lakukan lewat kegiatan chatting

Menghemat Waktu
Tidak dapat di elakkan bahwa kehadiran aplikasi chatting sangat memudahkan dalam beraktivitas sehari-hari. Apabila ingin membuat janji atau pertemuan mendadak dengan orang banyak, kita tidak harus mengirimkan surat yang resmi. Kita dapat dengan mengirim undangan lewat aplikasi chatting. Hal itu sebab akan menghemat waktu. Sebab kita tidak kesulitan menyebarkan undangan ke beberapa orang.

Media Untuk Berkomunikasi Dengan Pelanggan
Manfaat ini seringkali dialami oleh perusahaan/pebisnis. Dengan adanya chatting, perusahaan akan lebih mudah dalam komunikasi dengan pelanggan tentang pemesanan produk, jasa, komplain dan lain sebagainya.

Sarana Pemasaran
Selain memudahkan dalam berkomunikasi dengan pelangan, chatting juga dapat membantu para pebisnis dalam mempromosikan produknya.

Pebisni tidak perlu mengeluarkan uang yang banyak. Hanya dengan membuat bahan promosi dalam bentuk digital, kemudian menyebarkannya di kontak chatting. Cara seperti ini sangat akan memangkas waktu dan biaya sehingga banyak diterapkan di kalangan para pebisnis, khususnya yang mempunyai bisnis online.

Pengertian Chatting, Fungsi, Manfaat, Dampak, Contoh

Dampak Chatting

Adapun dampak dari aplikasi atau menggunakan chatting adalah:

  • Banyak penipuan yang menggunakan chat
  • Perangkat komputer dan gadget lebih cepat terkena virus
  • Bertemu atau berhubungan dengan orang yang tidak dikenal
  • Mengakibatkan ketagitah menjadikan malas berinteraksi di dunia nyata
  • Dapat memunculkan beberapa masalah kesehatan apabila terlalu lama menjalankan chatting, seperti masalah penghilihatan.

Contoh Aplikasi Chatting

Contoh dari aplikasi chatting antara lain:

  • Whatsapp (WA)
  • BBM (Blacberry Messenger
  • Yahoo Messenger (YM)
  • Line
  • Skype

Itulah penjelasan yang bisa saya berikan tentang Pengertian Chatting, Fungsi, Manfaat, Dampak & Contohnya Lengkap semoga dapat menambah wawasan kalian. Terimakasih telah berkunjung di blog kami dan jika bermanfaat.