Pengertian CPU : Fungsi, Komponen dan Cara Kerjanya

Posted on

Pengertian CPU : Fungsi, Komponen dan Cara Kerjanya – Apakah anda pernah mendengar istilah CPU ? Lantas apakah itu CPU ? Pada kesempatan ini Studi News akan menjelaskan menganai apa itu CPU yang meliputi atas Fungsi, komponen dan cara kerja dari Cpu itu sendiri. Untuk mengetahui penjelasannya mari simak penjelasannya dibawah ini.

Pengertian CPU : Fungsi, Komponen dan Cara Kerjanya

CPU atau kepanjangan dari Central Processing Unit marupakan salah satu perangkat keras atau hardware pemroses data utama yang terdapat dalam sebuah komputer.

CPU bisa disebut juga sebagai otak komputer sebab CPU ini mengatur semua aktifitas dan jalannya dari semua program termasuk aplikasi maupun software di dalamnya.

Fungsi CPU

Berikut merupakan fungsi-fungsi yang terdapat dalam CPU diantaranya yaitu:

1. Fetching

Fetching merupakn istilah yang dipakai dalam ilmu komputer yang mana memiliki arti sebagai proses pengambilan maupun pemanggilan data. Pada perangkat komputer, data disimpan dalam harddisk pada CPU dengan menggunakan sebuah alamat.

Bisa kita ibaratkan data yang terdapat dalam prosesor atau CPU disusun dalam kumpulan alamat serta pada saat suatu program dijalankan CPU nantinya akan mengambil data dari alamat yang sudah tersimpan dalam komponennya itu.

2. Decoding

Pada sistem CPU, suatu program yang akan dijalankan atau, yang mana harus sesuai dengan kode instruksi dan nantinya akan diterjemahkan supaya CPU dapatbisa mengenalinya dalam kode instruksi biner.

Bisa kita simpulkan bahwa decoding merupakan suatu proses penterjemahan dalam sebuah program ke dalam bahasa yang dapat dimengerti oleh CPU.

Baca Juga:  Pengertian IPTEK, Dampak Positif dan Negatifnya

Decoding terjadi pada CPU serta semua program yang berjalan dalam perangkat komputer perlu melewati proses decoding terlebih dahulu.

3. Executing

Keikta sebuah program dijalankan maka CPU nantinya akan mengeksekusi program itu. Artinya yaitu CPU akan melakukan satu hal yaitu melakukan kalkulasi maupun perhitungan dengan memakai suatu komponen didalamnya yang dikenal sebagai ALU (Arithmetical Logical Unit).

Kompenen ALU sendiri mempunyai tanggung jawab atas semua proses perhitungan matematika serta logika dalam komputer.

Tak hanya itu fungsi eksekusi pada CPU diartikan sebagai proses pemindahan suatu data dari suatu perangkat memori menuju perangkat memori lainnya.

4. Storing

Storing atau menyimpan data juga termasuk dalam fungsi dari CPU. Ketika seseorang sedang menjelaskan komputer maka ia memerlukan perangkat sebagai penyimpanan baik itu secara sementara atau permanen.

Apabila seseorang memerlukan data dengan cepat serta memyimpannya dengan sementara maka disini CPU akan menyimpannya pada RAM, sementara data yang akan disimpan secara permanen maka akan masuk ke harddisk. Kedua fungsi ini dikendalikan sepenuhnya melalui CPU.

Kegunaan CPU

  • Untuk memproses segala bentuk instruksi dari pengguna.
  • Memiliki fungsi guna mengontrol serta mengendalikan hardware input ataupun output.
  • Mengambil data dari memory dan selanjutnya akan diproses.
  • Memastikan apakah ALU apakah dapat bekerja dengan baik.
  • Apabila memproses data telah selesai, selanjutny CPU akan menyimpannya pada memory.

Proses CPU

1. Tahap I (Instruction Fetch)

Tahap-I isinya mengenai pemrosesan CPU yang mana Control Unit mengambil data dan juga instruksi dari main-memory ke register.

2. Tahap II (Instruction Execute)

Tahap-II isinya menganai pemrosesan CPU yang mana Control Unit ini memberikan data maupun instruksi dari register ke main-memory dan akan ditampung di MAA, apabila Instruction Fetch sudah dilakukan. Waktu pada panggung-I ditambah waktu pada panggung-II dikenal dengan waktu siklus mesin.

Baca Juga:  Cara Kerja Wireless dan Contohnya

Pengertian CPU : Fungsi, Komponen dan Cara Kerjanya

Cara Kerja CPU

Kerika terdapat input atau instruksi yang diperintahkan ke CPU, maka langkah awal akan dimasukkan ke MAA (Media input storage). Jikaber bentuk instruksi disimpan oleh Contro Unit pada program storage.

Apabila register sudah siap untuk menerima proses pekerjaan, maka selanjutnya control unit akan melakukan sebuah instruksi dari program storage yang mana untuk dikumpulkan di Instruction Register. Selanjutnya alamat memori yang menampung instruksi ini akan disimpan di program counter.

Sedangkan disini data dijalankan melaui Control Unit Kerja-Storage yang ditampaung di register yang tujuannya umum pada Operand daftar.

Jika pengerjaan inin dijalankan melalui instruksi yang aritmatika dan logika, nantinya ALU akan melanjutnkan operasi yang harus dijalankan menurut intruksi yang sebelumnya telah diatur. Hasilnya ini akan disimpan pada akumulator.

Apabila hasil yang diolah ini telah selesai, maka control unit akan melanjutjan hasil pengolahan ini pada akumulator untuk ditampung kembali ke Working storage.

Jika pembangunan secara menyeluruh telah diselesaikan, selanjutnya control unit akan melanjutkan proses kerja penyimpanan agar disimpan pada output-storage. Kemudian output-storage dari hasil pengolahan nantinya akan ditampilkan pada perankat output yang bernama monitor.

Demikian penjelasan menganai Pengertian CPU : Fungsi, Komponen dan Cara Kerjanya dari kami. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu anda dalam mencari informasi mengenai apaitu CPU. Terima kasih.