Pengertian Dataran Tinggi, Jenis, Ciri dan Tanaman yang Cocok

Pengertian Dataran Tinggi, Jenis, Ciri dan Tanaman yang Cocok –  Jika sebelumnya kita membahas mengenai apa itu dataran rendah, sekarang StudiNews akan membahas mengenai dataran tinggi. Kita tahu bahwasanya bumi memiliki bentuk permukaan yang tidak rata sehingga ada istilah dataran rendah dan juga dataran tinggi.

Pengertian Dataran Tinggi, Jenis, Ciri dan Tanaman yang Cocok

Untuk mengetahui lebih jelas mengenai pengertian dataran tingggi, jenis, ciri dan juga tanaman yang cocok untuk dataran tinggi. Simak penjelasannya sebagai berikut:

Pengertian Dataran Tinggi

Dataran tinggi yang disebut juga sebagai plato adalah suatu wilayah yang berada di permukaan bumi berbentuk datar, yang memiliki ketinggian lebih dari 500 meter diatas permukaan laut. Dataran ini terbentuk dari hasil erosi dan sedimentasi. Namun bisa juga terbentuk karena bekas kaldera yang sangat luas yang tertimbun material-material dari lereng gunung yang ada di sekitarnya.

Pengertian Dataran Tinggi Menurut Para Ahli

Adapun pengertian menurut para ahli:

1. Yessi Hardi Yanti

Dataran tinggi adalah dataran luas yang berada di area tinggi atau pegunungan.

2. Wikipedia

Dataran tinggi adalah dataran yang terletak pada ketinggian di atas 700 meter dari permukaan laut yang terbentuk sebagai hasil erosi dan juga sedimentasi.

3. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Dataran tinggi adalah bagian permukaan bumi yang mendatar dan berada pada ketinggian lebih dari 600 meter dari permukaan laut.

Jenis-Jenis Dataran Tinggi

Adapun jenis-jenis dataran tinggi diantaranya adalah

1. Dataran Tinggi Terpotong (Dissected Plateaus)

Dataran tinggi terpotong adalah dataran tinggi yang terbentuk dari gerakan ke atas yang terjadi pada kerak bumi. Gerakan ini terjadi karena adanya tumbukan lambat dari lempeng-lempeng tektonik. Adapun contoh dataran tinggi terpotong ini adalah Dataran Tinggi Colorado yang ada di Amerika Serikat bagian barat. Dataran ini terbentuk dari 10 juta tahun lalu dan telah mengalami peningkatan sekitar 0,03 cm setiap tahunnya.

2. Dataran Tinggi Vulkanik (Volcanic Plateaus)

Dataran tinggi adalah dataran tinggi yang terbentuk akibat beberapa letusan gunung api yang kecil dan menumpuk secara perlahan-lahan dari waktu ke waktu dan hingga akhirnya membentuk dataran tinggi akibat aliran lava yang dihasilkan. Contohnya dataran tinggi yang berada di sebagian besar tengah pulau utara selandia baru. Dataran ini memiliki tiga gunung berapi yang masih aktif, yaitu Gunung Ngaruhoe,Gunung Ruapehu, dan Gunung Tongariro.

Ciri-Ciri Dataran Tinggi

Adapun ciri-ciri dataran tinggi diantaranya adalah

1. Beriklim Sejuk

Dataran tinggi termasuk ke dalam salah satu daerah yang memiliki iklim sejuk. Hal ini terjadi karena dipengaruhi oleh faktor ketinggiannya. Semakin tinggi suatu tempat, maka tingkat kesejukan udaranya semakin tinggi pula. Sehingga datarn tinggi cocok sekali dijadikan sebagai tempat wisata.

2. Pertanian Dibuat Terasering

Terasering merupakan tanah yang dibuat dengan sengaja menyerupai bentuk tangga yang bertujuan untuk mencegah terjadinya erosi. Terasering adalah salah satu ciri khas yang dimiliki oleh dataran tinggi. Di Indonesia sendiri, terasering banyak ditemukan di daerah Jawa Barat.

3. Memiliki Udara Yang Kering

Walaupun dataran tinggi memiliki iklim yang sejuk, namun sebenarnya dataran tinggi memiliki udara yang kering daripada daerah lainnya.

4. Jarang Turun Hujan

Dataran tinggu memiliki iklim yang sejuk dan dingin pada daerah lainnya, namun  kendati demikian dataran tinggi justru jarang turun hujan. Hujan lebih sering terjadi pada daerah yang memiliki ketinggian lebih rendah daripada daerah yang memiliki dataran tinggi. Karena itulah jarang sekali menemukan banjir di daerah dataran tinggi. Walaupun musim hujan tiba, curah hujan pada dataran tinggi tetap terkontrol.

5. Memiliki Amplitudo

Yakni memiliki amplitudo suhu harian dan juga suhu tahunan yang besar.

6. Memiliki Kelembapan Udara Nisbi Sangat Rendah

Pengertian Dataran Tinggi, Jenis, Ciri dan Tanaman yang Cocok

Tanaman Yang Cocok Pada Dataran Tinggi

Adapun tanaman yang cocok di tanam pada dataran tinggi diantaranya adalah

1. Kubis

Sangat mudah ditemukan di dataran tinggi. Kubis merupakan salah satu jenis sayuran yang banyak dicari oleh masyarakat. Tanaman ini sangat bagus jika ditanam di dataran tinggi.

2. Kentang

Merupakan jenis umbi-umbian yang bisa menjadi pengganti makanan pokok. Kentang sangat bagus jika ditanam di daerah dataran tinggi.

3. Strawberry

Adalah salah satu buah-buahan yang dapat diolah menjadi berbagai macam makanan dan juga minuman. Strawberry ini sangat mudah tumbuh di daerah yang sejuk, seperti dataran tinggi. Buah ini hanya membutuhkan penyinaran sekurangnya 10 jam sehari. Buah ini membutuhkan suhu sekitar 20 derajat celcius.

Demikianlah penjelasan kita kali ini mengenai Pengertian Dataran Tinggi, Jenis, Ciri dan Tanaman Yang Cocok. Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan kamu. Terimakasih 🙂