Pengertian Demografi, Manfaat, Tujuan dan Komponennya (Lengkap)

Pengertian Demografi, Manfaat, Tujuan dan Komponennya (Lengkap)– Kali ini, StudiNews akan membahas mengenai demografi. Demografi merupakan catatan mengenai kependudukan yang ada pada suatu negara. Terlebih saat ini banyak sekali masalah kependudukan yang membutuhkan ilmu demografi untuk mengatasinya.

Untuk mengetahui pengertian demografi, manfaat, tujuan dan juga komponennya, maka simaklah penjelasan berikut ini:

Pengertian Demografi, Manfaat, Tujuan dan Komponennya (Lengkap)

Mari kita bahas lengkap pengertiannya terlebih dahulu dengan seksama.

Pengertian Demografi

Kata demografi berasal dari bahasa latin yaitu demos dan nomos. Demos yang berarti rakyat, sedangkan nomos artinya menulis. Sehingga demografi merupakan suatu catatan mengenai kependudukan yang ada pada suatu negara, tak terkecuali Indonesia.

Pengertian Demografi Menurut Para Ahli

Adapun pengertian demografi menurut para ahli adalah sebagai berikut:

  1. George W. Barclay

    Demografi adalah suatu cabang ilmu yang menggambarkan penduduk dalam bentuk statistika. Selain itu, demografi juga mempelajari bagaimana tingkah laku penduduk secara keseluruhan.

  2. D.V. Glass

    Demografi merupakan suatu ilmu yang mempelajari tentang hal penduduk yang di dalamnya termasuk fersilitas, mortalitas, dan migrasi.

  3. United Nations Multilingual Demographic

    Demografi adalah studi ilmiah tentang kependudukan, yang di dalamnya terdapat informasi tentang jumah penduduk, struktur dan juga perkembangannya.

  4. Philip M Hauser dan Duddley Duncan

    Demografi adalah ilmu yang membahas tentang ukuran, struktur dan distribusi penduduk. Serta terjadinya perubahan penduduk akibat kelahiran, perpindahan penduduk, kematian dan lain sebagainya.

Manfaat Demografi

Adapun manfaat dari demografi adalah sebagai berikut:

  1. Membantu pemerintah dalam melakukan evaluasi kinerja pembangunan. Dalam hal ini, pemerintah bisa melihat jumlah komposisi penduduk di masa lalu dan masa sekarang. Dan faktor-faktor yang mempengaruhinya.
  2. Membantu pemerintah dalam merencanakan pembangunan di berbagai bidang, mulai dari bidang pendidikan, pertanian, perpajakan, kemiliteran dan lain sebagainya.
  3. Dapat mengetahui tingkat perkembangan ekonomi suatu negara, dengan cara melihat jumlah ketersediaan lapangan pekerjaan, jumlah persentasi penduduk yang sudah bekerja dan lain sebagainya.
  4. Dapat mengetahui tingkat harapan hidup rata-rata penduduk.

Tujuan Demografi

Demografi memiliki tujuan, adapun menurut para ahli ilmu demografi umumnya dilakukan untuk mencapai empat tujuan pokok, yaitu

  1. Menjelaskan setiap perkembangan penduduk, seperti apa masa lalu mereka, bagaimana tingkat perkembangannya, dan bagaimana tingkat persebarannya dengan cara memanfaatkan data yang tersedia.
  2. Mempelajari tingkat kuantitas dan distribusi penduduk yang berada pada daerah atau wilayah tertentu.
  3. Dapat mencoba untuk memprediksi tingkat pertumbuhan penduduk di masa yang akan datang serta kemungkinan konsekuensinya.
  4. Menemukan hubungan sebab akibat antara perkembangan penduduk dengan beberapa jenis aspek organisasi sosial.

Komponen Demografi

Komponen demografi adalah segala sesuatu yang menggambarkan dinamika sosial dikalangan masyarakat. Adapun komponen-komponen demografi adalah sebagai berikut:

1. Fertilitas (kelahiran)

Fertilitas ini berhubungan dengan kelahiran penduduk. Umumnya, fertilitas ini menyangkut jumlah bayi yang lahir hidup. Namun terkadang, tingkat fertilitas juga di ukur dari jumlah anak per pasangan.

2. Mortalitas

Mortalitas ini berhubungan erat dengan tingkat kematian penduduk yang ada pada suatu daerah. Tidak semua kejadian kematian dicatat dalam demografi. Karena menurut PBB dan WHO, kematian merupakan peristiwa hilangnya tanda-tanda kehidupan secara permanen beberapa saat setelah lahir hidup. Karena itulah, jumlah keguguran tidak dihitung sebagai kematian.

Tingkat kematian di suatu daerah dengan daerah lainnya tentu saja berbeda, tergantung dari berbagai jenis faktor yang mempengaruhinya. Besar kecilnya tingkat kematian ini, akan memberikan petunjuk kepada pemerintah tentang bagaimana tingkat kesehatan dan kesejahteraan penduduk tersebut yang ada di suatu daerah.

3. Perkawinan

Perkawinan merupakan faktor yang mempengaruhi jumlah dan perubahan pendduduk. Dengan bertambahnya angka perkawinan, akan berdampak pada kenaikan tingkat fertilitas.

4. Mobilitas Sosial

Mobilitas sosial atau gerak sosial merupakan suatu perubahan atau pergeseran status penduduk. Dengan kata lain, mobilitas sosial adalah perpindahan posisi seseorang maupun kelompok dari lapisan yang satu ke lapisan yang lain. Misalnya Pegawai yang pensiun, beralih profesi jadi pengusaha.

5. Migrasi

Merupakan perpindahan penduduk dari satu daerah ke daerah lain, dengan tujuan untuk sementara waktu ataupun menentap dalam jangka waktu yang lama. Migrasi terbagi menjadi dua jenis, yaitu internasional dan nasional.

  • Migrasi Internasional

Yaitu diartikan sebagai perpindahan penduduk dari suatu negara ke negara lain. Migrasi internasional dibagi menjadi dua yaitu, imigrasi dan emigrasi. Imigrasi adalah proses masuknya penduduk ke dalam suatu negara. Orang yang melakukan imigrasi disebut dengan istilah imigran. Sedangkan emigrasi adalah suatu proses keluarnya penduduk suatu negara. Orang yang melakukan suatu emigrasi disebut dengan istilah emigran.

  • Migrasi Nasional

Merupakan perpindahan yang terjadi dalam satu negara. Seperti pindah kota atau pindah provinsi. Migrasi nasional dibagi menjadi dua jenis yaitu urbanisasi dan transmigrasi. Urbanisasi adalah perpindahan penduduk dari desa ke kota. Sedangkan transmigrasi merupakan perpindahan penduduk dari kota ke desa.

Demikianlah penjelasan mengenai Pengertian Demografi, Manfaat, Tujuan dan Komponennya (Lengkap). Semoga dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk kita semua. Sekian dan terimakasih.