Pengertian Desain, Tujuan, Fungsi, Prinsip, Jenis & Manfaatnya

Pengertian Desain, Tujuan, Fungsi, Prinsip, Jenis & Manfaatnya – Desain menurut bahasanya bersumber dari bahasa Inggris yaitu “Design” yang mempunyai arti rancangan. Untuk itu pada pembahasan kali ini kami akan mengulas secara lengkap apa itu definisi desain, tujuan, fungsi, prinsip, jenis-jenis, manfaat desain dengan pemahaman yang mudah. Agar lebih detailnya silakan baca hingga selesai pembahasan Studinews.co.id dibawah ini.

Pengertian Desain, Tujuan, Fungsi, Prinsip, Jenis & Manfaatnya

Mari kita bahas dulu pengertian desain dengan lengkap.

Pengertian Desain

Desain didefinisikan dengan suatu rancangan yang berupa susunan garis, bentuk, ukuran, warna dan juga nilai (value) serta benda yang diciptakan dengan dasar prinsip-prinsip desain “kata benda. Selain itu desain adalah suatu proses perencanaan bentuk yang memiliki tujuan supaya benda yang dirancang mempunyai fungsi atau bermanfaat serta mempunyai nilai keindahan.

Pengertian desain yang lain yaitu suatu sistem yang berlaku untuk semua jenis perancangan diman titik beratnya dijalankan dengan melihat segala sesuatu persoalan dengan tidak terpisah atau sendiri, namun sebagai suatu kesatuan yang mana satu masalah dengan lainnya saling berkaitan.

Tujuan Desain

Dari beberapa teori tentang desain, ada tujuan yang ingin diraih dari diciptakannya desain. Tujuan tersebut antara lain yaitu:

  • Untuk menyesuaikan antara hasil desain dengan manusia sebagai pemakainya dengan menyadari mengenai kelebihan keterbatasan dan juga kemampuan yang dimilikinya.
  • Dipadukan dengan unsur-unsur seni, dan teknologi yang tujuan untuk mencapai keamanan, kenyamanan dan keindahan
  • Diciptakan untuk tujuan agar dapat meningkatkan efisiensi, produktivitas dan kualitas hidup manusia.

Fungsi Desain

Fungsi dari desain yaitu sebagai berikut:

  • Untuk suatu proses membuat atau menciptakan objek baru
  • Untuk suatu alat berkomunikasi sebuah karya cipta baru seorang desainer kepada masyarakat umum
  • Unduk suatu wadah untuk menunjukkan objek-objek kepada masyarakat dengan suatu gambaran maupun nyata
  • Untuk suatu ilmu pengetahuan dan wawasan kepada manusia, agar dapat mengerti bentuk dalam penggambaran bidang, ruang, susunan, konfirgurasi, komposisi, nilai dan sebagainya.

Prinsip-Prinsip Desain

Dalam mendesain tertentu memerlukan pertimbangan beberapa prinsip-prinsip desain. Prinsip yang awal adalah balance. Dimana balance tersebut sama halnya mempertimbangkan stabilitas atau kesan adanya daya tarik yang sama antara bagian yang satu dengan yang lain tanpa menghilangkan aksentuasi yang merupakan pusat perhatian pada susunan karya seni.

Dalam penerapan prinsip balance ini dalam mendesain harus menentukan balance yang seperti apa. Hal ini disebabkan balance sendiri dibagi menjadi empat yaitu keseimbangan sentral, keseimbangan simetris, keseimbangan inormal dan keseimbangan kontras.

Prinsip desain selanjut merupakan unity yang berarti kesatuan yang diubah dengan unsur yang mendominasi dan kurang mendominasi dan juga kedekatan dalam suatu komposisi karya seni, selain itu prinsip desain lainnya adalah ritme.

Yang mana ritme merupakan susunan yang teratur dari unsur yang berulang dalam suatu karya seni. Prinsip yang terakhir adalah proporsi yang merupakan perbandingan ukuran yang ideal dari suatu objek.

Jenis-Jenis Desain

Desain dibedakan menjadi beberapa jenis, antara lain:

  • Pertama yaitu desain struktur yang berarti suatu wujud dari sebuah benda yang tersusun atas unsur-unsur desain antara susunan garis, bentuk, ukuran, warna tekstur dan nilai gelap terangnya.
  • Kedua adalah desain hiasan yang mempunyai tujuan untuk menghias desain struktur suatu benda atau busana.

Pengertian Desain, Tujuan, Fungsi, Prinsip, Jenis-Jenis, Manfaat

Manfaat Desain

Manfaat desain dalam aktivitas sehari-hari antara lain:

Mempersingkat Proses Pekerjaan
Suatu pekerjaan akan dapat dipersingkat dengan menggunakna desain grafis. Misalnya adalah suatu proposal yang harus menjelaskan setiap detail perusahaan namun dengan menggunakan desain grafis akan lebih dipersingkat dengan membuatnya berupa gambar atau kurva.

Bisa Menyampaikan Pesan dalam Berupa Grafis
Dalam membuat pesan dalam bentu sautu karya seni desain grafis bukanlah hal yang mudah. Hal ini dapat dijalankan dengan ikut dalam kursus desain grafis yan dipercaya supaya pesan yang dibuat dapat tersampaikan kepada masyarakat.

Menjadi Tempat Pengungkapan Perasaan
Masing-masing orang pasti memiliki perasaan yang kadang sulit untuk diungkapkan, setelah belajar desain grafis di dumet school dengan sebuah aplikasi photoshop atau adobe lainnya dapat mengungkapkan perasaan dalam bentuk grafis.

Memberikan Hasil Gambar Yang Lebih Menarik dan Indah
Gambar yang dihasilkan dengan baik dengan suatu Jepretan kamera ataupun karya tangan tidak selalu menghasilkan gambar yang di inginkan, dengan sentuhan desain grafis gambar itu akan menjadi lebih menarik dan indah di lihat.

Dapat Menghasilkan Uang
Dengan sebuah hasil desain yang telah dibuat akan memiliki nilai yang berharga, bisa dibayangkan logo-logo perusahaan yang dibuat dari aplikasi desain bukan sekedar bernilai ratusan ribu saja, bahkan ada yang nilainya milyaran.

Itulah penjelasan tentang Pengertian Desain, Tujuan, Fungsi, Prinsip, Jenis & Manfaatnya semoga dapat menambah pengetahuan kalian. Terimakasih telah mengunjungi blog kami dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.