Pengertian Film : Sejarah, Fungsi, Unsur, & Jenis (lengkap)

Posted on

Pengertian Film : Sejarah, Fungsi, Unsur, & Jenisn (lengkap) – Para pembaca yang saya banggakan, pada artikel ini Studi News akan menjelaskan menenganai pengertian dari film. Yang mana dalam pembahasan film ini akan meliputi atas sejarah dari terbentuknya film, fungsi dari film itu sendiri, beserta dengan unsur dan jenisnya.

Pengertian Film : Sejarah, Fungsi, Unsur, & Jenis (lengkap)

Film (sinema) merupakan suatu cinematographie yang asanya bermula dari kata cinema yang artinya gerak, tho atau phytos berarti cahaya, serta graphie atau grhap tulisan, gambar, citra.

Film yaitu salah satu hasil cipta karya seni yang mempunyai keutuhan yang berasal dari jumlah komponen seni serta untuk memenuhi keperluan yang berbentuk psikis.

Komponen seni yang terdapat serta membantu sebuah film diantaranya yaitu seni rupa, seni fotografi, serta seni arsitektur, seni tari, terdapat pula seni puisi sastra, seni teater, seni musik, seni pantomin dan juga novel.

Dikutip dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Film yaitu selaput tipis yang terbuat dari seluloid untuk tempat gambar negatif (yang akan dibuat potret) maupun sebagai tempat gambar positif (yang akan dimainkan di bioskop).

Sejarah Film

Untuk pertama kalinya film diciptakan oleh Lumiere Brothers pada tahun 1805. Kemudian pada 1899, George Melies mulai sebuah menampilkan film dengan adanya gaya editing, film tersebut berjudul Trip To The Moon. Pada 1902, Edwin Peter juga membuat film yang judulnya adalah Life Of In American Fireman.

Baca Juga:  √ Pengertian Tradisi, Tujuan, Fungsi Serta Penyebabnya

Untuk di Indonesia, film mencapai puncak kejayaannya sendiri pada era 70-an hingga 80-an atau lebih tepatnya sebelum masuknya Broadcast-Broadcast TV pada tahun 1988 (RCTI).

Masyarakat sangat apresiatif untuk menanggapi film di Indonesia. Hal ini terkait dengan kualitas dari film tersebut yang memang dapat memenuhi kebutuhan psikologi serta spiritual bagi masyarakat Indonesia.

Bioskop di Indonesia pertama kali muncul di Batavia (Jakarta), yang berada di Tanah Abang Kebonjae, pada 5 Desember 1900. Namun, kehadiran dari bioskop ini tidak bisa langsung dikatakan sebagai tonggak awal sejarah film yang ada Indonesia. Alasannya, pada saat itu film banyak yang impor dari luar negeri.

Film cerita pertamakali yang diproduksi di Indonesia itu pada tahun 1926, tepatnya di Bandung . Film tersebut berjudul Loetoeng Kasaroeng.

Film tersebut bisa dikatakan sebagai acuan tonggak dari sejarah perfilman yang ada Indonesia. Kesuksesan produksi film tersebut tidak lepas dengan adanya keterlibatan bupati Bandung, Wiranatakusumah V.

Fungsi Film

  • Sebagai wadah untuk berekspresi dan artistik sutradara
  • Sebagai media hiburan
  • Sebagai media komunikasi massa
  • Sebagai media pendidikan
  • Khalayak menonton film terutama untuk hiburan

Jenis-Jenis Film

Berikut ini adalah jenis-jenis dari film diantaranya yaitu:

1. Film Cerita

Film cerita (story film) yaitu salah satu jenis film yang didalamnya mengandung suatu cerita yang lazim untuk dipertunjukkan di gedung-gedung bioskop yang terdapat bintang film tenar serta didistribusikan sebagai barang dagangan.

2. Film Berita

Film berita atau newsreel yaitu jenis film yang menceritakan mengenai fakta, peristiwa yang benar-beanr terjadi. Karena bersifat berita maka film yang disajikan untuk publik maka harus mengandung nilai berita. Kriteria dari berita yaitu penting dan menarik.

Baca Juga:  √ Pengertian Mitos, Ciri, Fungsi, Jenis, Unsur dan Contohnya

3. Film Dokumenter

Film dokumenter yaitu sebuah karya ciptaan yang menceritakan tentang kenyataan(creative treatment of actuality) berbeda dengan film berita yang merupakan hanya rekaman dari kenyataan, maka film dokumenter merupakan hasil dari interpretasi pribadi (pembuatnya juga tentang kenyataan).

4. Film Kartun

Film kartun (cartoon film) adalah jenis film yang dibuat untuk konsumsi anak-anak, dan sudah bisa dipastikan kita semua mengenal tokoh seperti Donald bebek (Donald duck), Putri Salju (Snow White), Miki Tikus (Mickey Mouse) yang mana tokoh-tokoh tersebuat diciptakan oleh seniman Amerika Serikat Walt Disney.

Sebagian film kartun, sepanjang cari dari film ini diputarkan akan membuat kita terhibur dan juga tertawa sebab kelucuan dari tokoh-tokohnya.

Pengertian Film : Sejarah, Fungsi, Unsur, & Jenis (lengkap)

Unsur-Unsur Film

  • Produser
  • Sutradara
  • Penulis Skenario
  • Penata Kamera (Kameramen)
  • Penata Artistik (Art Director)
  • Penata Musik
  • Editor
  • Pengisi dan penata suara
  • Pemeran (aktris dan aktor)

Itulah penjelasan dari Studi News mengenai Pengertian Film : Sejarah, Fungsi, Unsur, & Jenis (lengkap). Semoga dangan adanya rtikel ini bisa menambah wawasan ilmu pengetahuan anda. Terima Kasih.