Pengertian Galaksi Andromeda : Sejarah, Ciri, dan Karakteristik

Posted on

Pengertian Galaksi Andromeda : Sejarah, Ciri, dan Karakteristik – Apakah anda pernah medengar nama galaksi andromeda ? Lantas apakah itu galaksi andromeda ? Pada kesempatan kali ini Studi News akan menjelaskan mengenai apa itu galaksi andromeda yang meliputi atas sejarah, ciri dan karakteristiknya. Untuk lebih jelasnya mari simak penjelan berikut ini.

Pengertian Galaksi Andromeda : Sejarah, Ciri, dan Karakteristik

Galaksi Andromeda merupakan salah satu jenis galaksi spiral yang memiliki jarak berkisar antara  780 kiloparsec (2.5 juta tahun cahaya; 2.4 x 1019 km) dari bumi. Nama lain dari galaksi andromeda yakni Messier 31/NGC 224/UGC 454/PGC 2557.

Galaksi Andromeda yaitu salah satu jenis galaksi berada di luar Galaksi Bima Sakti yang mana bisa kita lihat dengan mata telanjang, asalkan dilihat pada saat malam yang cerah, tanpa bulan dan tanpa adanya polusi cahaya.

Struktur dari galaksi ini sendiri mirip dengan galaksi Bima Sakti yaitu berbentuk spiral. Jarak antara galaksi andromeda dengan galaksi bima sakti yaitu berkisar antara 2,5 juta tahun cahaya.

Letak galaksi andromeda di langit yang mana lebih tepatnya berada di belahan langit utara, sekitar 41 derajat di sebelah utara khatulistiwa langit, yang mana bisa kita amati sekitar bulan September, Oktober, November.

Dengan mata telanjang, galaksi andromeda ini terlihat seperti kabut tipis kecil yang berada di langit utara, akan tetapi apabila diamati dengan menggunakan teropong yang dapat menampakkan bintang-bintang redup di tepian galaksi Andromeda, ternyata ukuran dari galaksi Andromeda bisa lebih dari 7 kali diameter dari sudut bulan.

Baca Juga:  Pengertian Angin, Sifat, Proses dan Kecepatannya

Galaksi andromeda ini berisi bintang berkiar antara 1 triliun, serta bergerak mendekati Bima Sakti dengan kecepatan sekitar 300 km/detik.

Sejarah Terbentuknya Galaksi Andromeda

Dari berbagai perkiraan galaksi Andromeda usianya lebih mudah dibandingkan dengan galaksi Bima Sakti. Beberapa ribuan tahun setelah galaksi bima saksi terbentuk, maka debu sisaan tersebut membentuklah galaksi Andromeda.

Ada juga yang memperkirakan pada saat galaksi Bima Sakti ini terbentuk, terdapat pula beberapa bintang purba yang membelah serta  membentuk calon galaksi yang mana hinga akhirnya terbentuk beberapa galaksi yang berukuran kecil.

Ada dua galaksi dengan ukuran kecil yang mana pergerakannya ini mendekati bahkah sampai saling bertabrakan satu sama lainnya. Karena bertabrakan itulah terbentuklah galaksi Andromeda yang mana didalamnya itu terdapat bintang yang terhubung dengan gravitasinya.

Sehingga, galaksi Andromeda akan terus mengalami perkembangan sehingga membentuk beberapa komponen yang ada di dalamnya. Komponen tersebut diantaranya yaitu bintang, cincin gas dan debu.

Hingga saat ini sudah diperkirakan bintang-bintang tersebut jumlahnya berkisar antara 1 triliun bintang. Tabrakan kedua galaksi kecil itu terjadi sekitar 9 milyar tahun yang lalu. Perkembangan terus terjadi sampai Galaksi Andromeda berbentuk seperti saat ini.

Ciri-Ciri Galaksi Andromeda

  • Berbentuk spiral
  • Strukturnya mirip dengan galaksi Bima Sakti
  • Berada di belahan langit utara berkisar anata 41 derajat di sebelah utara garis khatulistiwa langit
  • Pada bagian tepi galaksi Andromeda terlihat lebih redup dibandingkan dengan bagian tengahnya
  • Pergerakan cenderung dekat dengan galaksi Bima Sakti dengan kecepatan 300 km/s
  • Dapat kita lihat dengan jelas pada saat tidak ada cahaya bulan (pada saat terjadi gerhana bulan)
  • Dikelilingi oleh piringan gas dan debu
  • Jarak galaksi andromeda dengan galaksi bima saktiyaitu berkisar antara 2,5 juta tahun cahaya
  • Dikelilingi bintang yang berwarna jambu
Baca Juga:  √ Metode Ilmiah : Pengertian, Unsur, Kriteria dan Langkahnya

Pengertian Galaksi Andromeda : Sejarah, Ciri, dan Karakteristik

Karakteristik Galaksi Andromeda

  • Terdapat 1 triliun bintang didalam galaksi andromeda
  • Apabila diamati bentuk dari galaksi andromeda tampak seperti pita yang bentuknya lonjong.
  • Piringan gas serta debu yang mengelilinginya mempunyai lebar berkisar antara 260.000 tahun cahaya.
  • Ukurannya lebih kecil dari pada galaksi bima sakti.
  • Magnitudo terlihat pada galaksi andromeda ialah berkisar antara 3,44 V.
  • Warna yang dipancarkan galaksi andromeda yait berwarna biru tua sebab komposisinya tersusun atas bintang berukuran besar.
  • Diameter galaksi andromeda diperkirakan berkisar antara 70.000-80.000 tahun cahaya. Terdapat pula yang menyatakan sekitar 220.000 tahun cahaya.
  • Jari-jari galaksi ini sulit untuk di tentukan sebab memiliki bentuk yang spiral namun apabila dilihat dari diameternya, maka jari-jari dari galaksi andromeda yaitu berkisar 35.000 tahun cahaya sampai 40.000 tahun cahaya.

Demikian ulasan mengenai Pengertian Galaksi Andromeda : Sejarah, Ciri, dan Karakteristik dari kami. Semoga dengan adanya artikel ini bisa menjadi sumber referensi anda. Terima kasih.