Pengertian Galaksi : Ciri, Teori, Macam (Dibahas Lengkap)

Posted on

Pengertian Galaksi : Ciri, Teori, Macam (Dibahas Lengkap) – Apakah anda pernah mendengar istilah galaksi ? Pada kesempatan ini Studi News akan menjelaskan mengenai apa tu galaksi yang akan di bahas secara lengkap dan sesifik. Mari Simak pembahasn berikut.

Pengertian Galaksi : Ciri, Teori, Macam (Dibahas Lengkap)

Galaksi yaitu termasuk dalam salah satu sistem yang memiliki ukuran sangat besar, yang terdiri atas kumpulan milyaran bintang-bintang serta materi materi yang terletak diantara bintang tersebut.

Galaksi sendiri mempunyai sebuh inti yang terdiri atas bintang-bintang yang biasanya umur sudah tua dengan jarak yang berdekatan.

Galaksi memiliki beberapa bentuk, seperti spiral, elips, serta terdapat juga yang tidak beraturan. Luas galaksi sediri dapat mencapai 100.000 TC atau tahun cahaya.

Ciri-Ciri Galaksi

Ciri-ciri dari galaksi diantaranya yaitu :

  • Sumber cahayanya asalnya dari galaksi itu sendiri serta cahaya tersebut adalah bukan cahaya pantulan.
  • Antara galaksi satu dengan yang lain jaraknya mencapai jutaan tahun cahaya.
  • Galaksi-galaksi yang lain bisa terlihat berada di luar Galaksi Bimasakti.
  • Galaksi sendiri memiliki bentukan tertentu, misalnya seperti ada yang berbentuk spiral, bentuk elips, serta bentuknya juga tidak beraturan.

Teori Asal Usul Terbentuknya Galaksi

Terdapat dua teori yang membahas mengenai asal usul terbentuknya galaksi yaitu terori big bang dan teori keadaan tetap, berikut adalah pembahasannya

Baca Juga:  √ Metode Ilmiah : Pengertian, Unsur, Kriteria dan Langkahnya

1. Teori Big Bang

Teori big bang sendiri dikemukakan oleh Georges Lemaitre pada tahun 1930, seorang padri serta astronom yang berasal dari bangsa Belgia. Menurut Teori ini, alam semesta ini terbentuk yang berasal dari suatu ledakan hebat yang melemparkan jasad-jasad ke segala arah. Lambat laun, jasad-jasad tersebut membentuk lah galaksi.

2. Teori Keadaan Tetap

Teori ini dikemukakan oleh 3 orang ahli, yaitu Hermann Bondi, Thomas Gold, dan Fred Hoyle pada tahun 1948. Menurut teorinya merekan menjelaskan bahwa alam semesta berada pada keadaan yang serba tetap.

Meskipun galaksi-galaksi ini bergerak saling menjauhi, kepadatan alam semesta tidak berubah sebab secara terus-menerus akan terjadi pembentukan jasad baru.

Untuk para ilmuwan sekarang lebih mendukung Teori Big Bang (yang merupakan dentuman besar atau ledakan besar). Menurutnya, dentuman atau ledakan tersebut menandai terciptanya suatu alam semesta yang terjadi antara 12 hingga 25 ribu juta tahun yang lampau. Awan gas berlompatan, lambat laun akan mendingin dan terbentuklah galaksi.

Jenis-Jenis Galaksi

Berikut ini adalah jenis-jenis dari galaksi diantaranya yaitu:

A. Galaksi Bimasakti

Galaksi Bimasakti ditemukan oleh seorang astronom asal Inggris yang bernaman William Hershel, pada tanggal 18 Juli 1783, . Galaksi Bimasakti sendiri terdiri atas 400 milyar bintang, dengan garis tengah berkisar antara 130.000 tahun cahaya ( untuk 1 tahun cahaya setara seperti 9.500 milyar kilometer). Galaksi Bimasakti yaitu sebagai rumah bagi matahari kita dan juga planet-planet yang mengelilinginya.

B. Galaksi Magellan

Galaksi Magellan yaitu jenis galaksi yang letaknya paling dekat dengan galaksi Bimasakti. Jaraknya kurang lebih berikisar anatar 150.000 tahun cahaya yang berada di belahan langit selatan. Galaksi ini bentuknya tak beraturan.

Baca Juga:  Sinar Gamma : Pengertian, Manfaat, Sifat, & Sumbernya

C. Galaksi Ursa Mayor

Galaksi Ursa Mayor jaraknya dengan galaksi bima sakti mencapai 10.000.000 tahun cahaya. Galaksi berbentuk elips dan rapat.

D. Galaksi Andromeda

Galaksi Andromeda dikategorikan sebagai galaksi raksasa sebab galaksi ini mempunyai diameter sekitar 200 ribu tahun cahaya atau bahkan dua kali lebih besar dibandingkan dengan galaksi Bimasakti. Andromeda mempunyai massa mencapai 300 hingga 400 biliun kali masa matahari.

Pengertian Galaksi : Ciri, Teori, Macam (Dibahas Lengkap)

E. Galaksi Jauh

Letal galaksi ini dari galaksi bima sakti mencapai lebih dari 10.000.000 tahun cahaya, dan termasuk galaksi jauh. Contoh galaksi jauh lainnya adalah seperti galaksi Silvery, Triangulum, dan Whipool.

F. Galaksi Black Eye

Pada tahun 1781 seorang astronom yang berasal dari Prancis, Charles Messier menemukan sebuah galaksi yang sifatnya aneh yakni mempunyai cincin kabut dan berwarna gelap. Cincin kabut ini mengelilingi intinya yang terang benerang, sebab terlihat seperti mata manusia, Messier memberi nama galaksi ini dengan Black Eye.

Itulah Pembahasan mengenai Pengertian Galaksi : Ciri, Teori, Macam (Dibahas Lengkap) dari Studi News. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan ilmu pengetahuan anda.