20 Pengertian Guru Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap)

20 Pengertian Guru Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap) – Dalam dunia pendidikan kita mengenal dengan guru. Guru adalah orang yang mengajarkan ilmu kepada muridnya atau para mahasiswanya agar mempunyai ilmu dan dapat bermanfaat dikemudian hari. Dengan guru kita mengetahui banyak ilmu. Tetapi seiring perkembangan zaman, sekarang ini guru bukan saja yang ada disekolah atau di kampus.

Tetapi setiap siapa saja yang memberikan ilmu atau mengajarkan sesuatu hal yang bermaat dapat disebut guru, seperti orang yang mengajarkan piano maka dapat disebut dengan guru piano, orang yang mengajarkan bernyanyi dapat disebut dengan guru vokal, guru silat, guru komputer dan lain sebagainya. Lalu sebenarnya apa pengertian guru? Berikut ini kami akan mengulas pengertian guru menurut pendapat para ahli dengan pembahasan lengkap dan mudah dipahami. Untuk lebih rincinya silakan simak ulasan dibawah ini dengan seksama.

20 Pengertian Guru Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap)

Mari kita bahas pengertian guru dengan seksama.

Pengertian Guru Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah definisi guru menurut para ahli.

1. Purwanto

Purwanto mengemukakan pengertian guru adalah orang yang diserahi tanggung jawab sebagai pendidik di dalam lingkungan sekolah.

2. Hadari Nawawi

Hadari Nawawi mengemukakan pengertian guru adalah diartikan kedalam dua sisi. Yaitu pengertian guru secara sempit adalah ia yang berkewajiban mewujudkan program kelas, dengan mengajar dan memberikan pelajaran di dalam kelas. Sedangkan dalam arti luas, guru merupakan orang yang bekerja dalam bidang pendidikan dan pengajaran dan ikut bertanggung jawab dalam membantu anak-anak dalam mencapai kedewasaannya.

3. Noor Jamaluddin

Noor Jamaluddin mengemukakan pengertian guru adalah seorang dewasa yang bertanggung jawab memberikan bimbingan atau bantuan kepada anak didik dalam perkembangan jasmani dan rohaninya agar dapat mencapai kedewasaannya. Kedewasaan tersebut berarti mampu berdiri sendiri dan dapat melaksanakan tugasnya sebagai makhluk Allah khalifah di bumi, sebagai makhluk sosial dan makhluk sosial yang mampu berdiri sendiri.

4. Ngalim Purwanto

Ngalim Purwanto mengemukakan pengertian guru adalah orang yang pernah memberikan suatu ilmu atau kepandaian kepada seseorang maupun kepada sekelompok orang.

5. Dri Atmaka

Dri Atmaka mengemukakan pengertian guru adalah orang dewasa yang bertanggung jawaba dalam memberikan pertolongan dalam perkembangan anak didik, baik jasmani maupun rohaninya. Agar dapat mencapai tingkat kedewasaannya yakni mampu berdiri sendiri dalam memenuhi tugasnya sebagai makhlk Tuhan, makhluk sosial dan makhluk individu yang mandiri.

6. Ahmadi

Ahmadi mengemukakan pengertian guru adalah pendidikan berperan sebagai pembimbing dalam melaksanakan proses belajar mengajar. Menyediakan keadaan-keadaan yang memungkinkan peserta didik merasa nyaman dan yakin bahwa kecakapan dan prestasi yang dicapai akan mendapat penghargaan dan perhatian sehingaa dapat meningkatkan motivasi berprestasi peserta didiknya.

7. Husnul Khotimah

Husnul Khotimah mengemukakan pengertian guru adalah orang yang memfasilitasi proses peralihan ilmu pengetahuan dari sumber belajar ke peserta didik (muridnya).

8. Drs. Moh. Uzer Usman

Drs. Moh. Uzer Usman mengemukakan pengertian guru adalah setiap orang yang memiliki tugas dan wewenang dalam dunia pendidikan dan pengajaran pada lembaga pendidikan formal.

9. Dr. Ahmad Tafsir

Dr. Ahmad Tafsir mengemukakan pengertian guru adalah siapa saja yang bertanggung jawab terhadap perkembangan anak didik. Tugas guru dalam pandangan Islam adalah mendidik. Mendidik merupakan tugas yang amat luas. Sebagian dilakukan dengan cara mengajar, sebagian ada yang dilakukan dengan memberingan dorongan, memberi contoh (suri tauladan), menghukum, dan lain-lain.

10. KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

KBBI mengemukakan pengertian guru adalah orang yagn pekerjaan, mata pencaharian, dan profesinya adalah mengajar.

11. UU. No. 14 Tahun 2005 tentang Guru

UU. No. 14 Tahun 2005 mengemukakan pengertian guru adalah seorang pendidikan profesional dengan tugas utamanya mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini melalui jalur formal pendidikan dasar dan pendidikan menengah.

12. Mulyasa

Mulyasa mengemukakan pengertian guru adalah guru atau pendidik haruslah memiliki kualifikasi akademik dan kompetensi sebagai agen pembelajaran, sehat jasmani dan rohani, serta memiliki kemampuan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional.

13. Surya (2002:5)

Surya mengemukakan pengertian guru adalah pendidik profesional selayaknya mempunyai citra baik di masyarakat, guru itu ditiru atau diturut dan di contoh.

14. Poerwadarminta (1996)

Poerwadarminta mengemukakan pengertian guru adalah orang yng kerjanya mengajar. Dengan definisi ini, guru disamakan dengan pengajar.

15. Zamroni (2001:60)

Zamroni mengemukakan pengertian guru adalah orang yang memegang peran penting dalam merancang strategi pembelajaran yang akan dilakukan.

16. Sardiman

Sardiman mengemukakan pengertian guru adalah salah satu komponen manusiawi dalam proses belajar mengajar, yang ikut berperan dalam usaha pembentukan sumber daya manusia yang potensial di bidang pembangunan.

17. Zakiah Darajat

Zakiah Darajah mengemukakan pengertian guru adalah pendidik profesional karena secara implisit ia telah merelakan dirinya menerima dan memikul sebagian tanggung jawabnya pendidikan yang telah dipikul dipundak para orang tua.

18. Sudarwan Danim (2011:5)

Sudarwan Danim mengemukakan pengertian guru adalah pendidik, yang menjadi tokoh, panutan, dan identifikasi bagi para peserta didik, dan lingkungannya.

19. N. A Ametembun dalam Sayaiful Bahri Djamarah (2009:32)

N.A Ametembun mengemukakan pengertian guru adalah semua orang yang berwenang dan bertanggung jawab terhadap pendidikan murid-murid, baik secara individual atau klasikal, di sekolah maupun di luar sekolah.

Pengertian Guru Menurut Para Ahli

20. Hamid Darmadi (2010:59)

Hamid Darmadi mengemukakan pengertian guru adalah kondisi yang diposisikan sebagai garda terdepan dan posisi sentral di dalam proses pembelajaran.

Itulah telah dijelaskan tentang 20 Pengertian Guru Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap) semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah mengunjungi blog kami dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.