√ Pengertian Hakikat dan Definisinya (Pembahasan Terlengkap)

Posted on

Pengertian Hakikat dan Definisinya (Pembahasan Terlengkap) – Di dalam suatu kata pastinya memiliki inti dari apa yang di bicarakan atau di bahas. Dan pada pembahasana tersebut kita dapat mengerti sedang apa atau apa yang di maksud oleh si pembicara atau dari kalimat itu.

Pembicaraan atau kalimat yang di ungkapkan harus terdapat inti yang membuat kita focus untuk mendengarkan atau membaca kalimat tersebut agar tidak terjadi kesalah pahaman. Untuk itu hakikatnya harus jelas dan dapat kita mengerti.

Pengertian Hakikat dan Definisinya (Pembahasan Terlengkap)

Hakikat yang jelas akan memberikan tahu kita akan makna yang ada di dalam pembicaraan atau kalimat tersebut. Untuk mengerti lebih jelas apa itu makna akan di jelaskan dengan definisi dari hakikat juga sebagai berikut.

Pengertian Hakikat

Hakikat atau haqiqat yang merupakan suatu kata benda yang berasal dari bahasa Arab “Al-Haqq” yang di dalam bahasa Indonesia yaitu “hak” dengan artian memilik atau ke-punyaan, kebenaran, atau juga yang benar-benar ada. Secara etimologi kata hakikat sendiri berarti inti sesuatu, puncak atau juga sumber dari segala sesuatu.

Dapat di simpulkan bahwa hakikat ialah suatu kalimat atau ungkapan yang dapat di gunakan untuk menunjukan makna yang sebenarnya atau juga makna yang paling mendasar dari sesuatu.

Seperti pada kondisi atau pemikiran, atau benda, tetapi bisa juga beberapa yang menjadi ungkapan yang seudah sering kita gunakan di dalam kondisi tertentu sehingga akan menjadi semacam konvensi dan hakikat seperti itu dapat di sebut sebagai hakikat secara adat kebiasaan.

Baca Juga:  √ Pengertian Syair, Golongan, Ciri & Contoh Syair (Bahas Lengkap)

Definisi Hakikat

Hakikat di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia KBBI memiliki dua definisi yakni:

Definisi berarti : intisari atau dasar.
Contohnya : dia yg menanamkan “hakikat” ajaran Islam di hatiku;

Pengertian Hakikat Dan Definisi Hakikat Lengkap

Definisi berarti : kenyataan yang sebenarnya atau sesungguhnya.
Contoh : pada “hakikat”nya mereka adalah orang baik-baik; syariat palu-memalu, pd — nya adalah balas-membalas, pb kebaikan yang harus dibalas dengan kebaikan juga

Demikianlah penjelasan kita kali ini mengenai Pengertian Hakikat dan Definisinya (Pembahasan Terlengkap). Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan. Terimakasih

√ Pengertian Hakikat dan Definisinya (Pembahasan Terlengkap)
5 (100%) 10 vote[s]