Pengertian Iman Kepada Allah: Fungsi, Cara, Ciri, & Contohnya

Posted on

Pengertian Iman Kepada Allah: Fungsi, Cara, Ciri, & Contohnya – Pada kesempatan yang membahagiakan ini Studi News akan membahas mengenai pengertian iman kepada Allah Swt beserta cara, ciri, fungsi dan juga contohnya. Seperti apa pembahasannya? mari simak saja ulasannya dibawah ini.

Pengertian Iman Kepada Allah: Fungsi, Cara, Ciri, & Contohnya

Secara bahasa, kata iman sendiri awalmulanya dari bahasa Arab yang mana memiliki arti percaya. Sedangkan bedasarkan istilah, kata Iman memiliki arti membenarkan melalui hati, mengucapkan menggunakan lisan serta diamalkan dalam perbuatan. Maka dari itu pengertian dari Iman Kepada Allah yaitu Meyakini dengan sepenuh hati, serta mengakui secara lisan dan juga dibuktikan yang melaui amal perbuatan bahwa Allah ada dengan segala sifat keagungan serta kesempurnaan nya.

Fungsi Beriman Kepada Allah

1. Menambah Keyakinan

Telah kita ketahui bahwa Allah SWT adalah yang menciptakan segala hal yang ada pada alam semesta ini. Sehingga disini kita harus semakin yakin serta bersyukur kepada Allah SWT, yang mana masih diberikan sebuah kehidupan pada kita.

2. Menambah Ketaatan

Dengan keta beriman kepada Allah, yang mana bisa dijadikan sebafai motivasi untuk selalu taat kepada perintah-perintah serta menghindari larangan-larangan Allah SWT.

3. Mendamaikan Hati

Terdapat pada surah Ar-Ra’ad ayat 28 yang mana disitu dijelaskan bahwa orang-orang yang beriman senantiasa mengingat Allah SWT, serta membuat hati mereka menjadi damai karenanya

4. Menyelamatkan Hidup Manusia di Dunia Maupun Akhirat

Baca Juga:  √ Pengertian Jihad Menurut Islam Beserta Macamnya (Lengkap)

Terdapat pada Quran Surat Al-Mukminin, pada ayat tersebut Allah SWT berfirman bawha: “Sesungguhnya Kami menyelamatkan Rasul-rasul kami serta orang-orang yang beriman ke pada Allah SWT dalam kehidupan dunia”.

Cara Beriman dan Bertaqwa Kepada Allah SWT

  1.   Meyakini akan ”ada-Nya Allah SWT.
  2. Meyakin akan ke-”Esaan-Nya Allah SWT”, baik itu dalam perbuatan-Nya, yang menjadikan alam semesta sert makhluk hidup ini semua, maupun dalam menerima ibadah segenap hamba Allah.
  3. Mengimani bahwa Allah SWT kekal dalam segala sifat dan kesempurnaannya.

Ciri Ciri Beriman Kepada Allah

  • Terdapatnya Rasa Takut Kepada Allah

Orang yang beriman pastinya memiliki rasa Takut yang ada di dalam hatinya kala mendengar nama Allah. Rasa takut ini timbul bagaikan wujud rasa cinta dan pengagungan terhadap- Nya.

Manfaat beriman kepada Allah swt dari munculnya rasa khawatir ini adalah terbebas dari perbuatan maksiat yang menimbulkan dosa. Misalnya, seseorang yang ingin melakukan kemaksiatan, setelah mendengar nama Allah disebutkan oleh seseorang dengan mengatakan, “Ingatlah Allah bahwa apa yang Anda ingin lakukan adalah sesuatu yang Dia larang.”. Setelah itu, ada perasaan khawatir dan dia juga melepaskan keinginan buruknya untuk berbuat dosa.

  • Terenyuh Dikala Mendengar AL Qur’ an

Al-Qur’an adalah kalam Allah subhanahu wa ta’ ala yang diturunkan melalui Nabi Muhammad shalallahu ‘ alaihi wasallam. Kalimat-kalimat yang disusun dalam Al-Qur’an adalah kalimat-kalimat indah yang tiada duanya di dunia ini. Kisah-kisah dan pesan-pesan sebelumnya dari Allah di dalamnya adalah petunjuk terbaik yang diturunkan Allah untuk umat-Nya.

Karakteristik dari orang yang beriman kepada Allah yaitu ia merasa terenyuh pada saat mendengar bacaan  Qur’an. I merasa tersentuh, mencuat pemahaman dan juga keimanannya bertambah kepada Allah Swt.

  • Bertakwa Cuma Kepada Allah
Baca Juga:  Aqidah Islam : Pengertian, Dasar dan Tujuannya

Takwa yaitu sebuah keyakinan penuh terhdap Allah, yang mana membenarkan serta khawatir yang mana hanya kepada- Nya. Bertakwa kepada Allah Swt hukumnya adalah harus. Bagi orang yang beriman pasti bertakwa hnaya thadap Allah subhanahu wa ta’ ala.

  • Tetap Melindungi Shalat

Shalat merupakan ibadah sangat istimewa yang mana hal ini diharuskan untuk setiap umat muslim yang berada di segala penjuru dunia. Orang yang beriman pastinya tetap melindungi shalatnya danjuga tidak meninggalkannya mekipun seperti apapun keadaannya.

Pengertian Iman Kepada Allah: Fungsi, Cara, Ciri, & Contohnya

Contoh Iman Kepada Allah

  • Melaksanakan Sholat
  • Menyedekahkag dari sebagian rezeki
  • Beriman Kepada Kita Allah SWT
  • Membaca serta memahami ayat suci AL-Quran
  • Selalu melakukan kebaikan
  • Mampu menjaga nafsu amarah
  • Mampu untuk memberikan maaf kepada orang yang berbuat salah secara ikhlas
  • Menjalankan perintah Allah SWT
  • Selalu bertaubat di jalan Allah
  • Meyakini dengan sesungguhnya iman, islam dan ihsan

demikian penjelasan dari kami Pengertian Iman Kepada Allah: Fungsi, Cara, Ciri, & Contohnya. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membatu anda dalam menabag ilmu pengetahuan.