Pengertian Interaksi Sosial, Syarat Terjadi, Proses dan Jenisnya

Pengertian Interaksi Sosial, Syarat Terjadi, Proses dan Jenisnya – Dalam suatu hubungan terdapat istilah interaksi sosial. Interaksi sosial merupakan hubungan antar individu dan kelompok atau kelompok dengan kelompok. Lalu apa saja syarat terjadi interasksi sosial, bagaimana prosesnya dan jenis-jenis interaksi sosial? Berikut di artikel ini kami akan mengulasnya dengan lengkap dan tentu saja mudah dipahami. Agar lebih detailnya silakan simak penjelasan dibawah ini dengan seksama.

Pengertian Interaksi Sosial, Syarat Terjadi, Proses dan Jenisnya

Mari kita bahas pengertian interaksi sosial terlebih dahulu dengan seksama.

Pengertian Interaksi Sosial

Interaksi Sosial adalah hubungan-hubungan sosial yang berkaitan hubungan antarindividu, individu (seseorang) dengan kelompok, dan kelompok dengan kelompok. Dalam Wikipedia, interaksi sosial adalah suatu fondasi dari hubungan yang berupa tindakan yang berdasarkan norma dan nilai sosial yang berlaku dan diterapkan di dalam masyarakat.

Pengertian Interaksi Sosial Menurut Para Ahli

Pengertian Interaksi Sosial, Syarat Terjadi, Proses, Jenis-Jenis
Pengertian Interaksi Sosial, Syarat Terjadi, Proses, Jenis-Jenis
  1. Shaw

    Shaw mengemukakan interaksi sosial adalah suatu pertukaran antarpribadi yang masing-masing orang menunjukkan perilakuknya satu sama lain dalam kehadiran mereka dan masing-masing perilaku mempengaruhi satu sama lain.

  2. Thibaut dan Kelley

    Thibaut dan Kelley mengemuakkan interaksi sosial adalah sebagai peristiwa saling mempengaruhi satu sama lain ketika dua orang atau lebih hadir bersama, mereka menciptakan suatu hasil satu sama lain atau berkomunikasi satu sama lain.

  3. Bonner dalam Ali (2004)

    Bonner mengemukakan interaksi adalah suatu hubungan antara dua orang atau lebih individu, dimana kelakukan individu mempengaruhi, mengubah atau mempengaruhi individu lain atau sebaliknya.

  4. Homans dalam Ali (2004:87)

    Homans mengemukakan interaksi adalah suatu kejadian ketika suatu aktivitas yang dilakukan oleh seseorang terhadap individu lain diberi ganjaran atau hukuman yang mempergunakan suatu tindakan oleh individu lain yang menjadi pasangannya.

Syarat Terjadinya Interaksi Sosial

Syarat terjadinya interasksi sosial terdiri atas kontak sosial dan komunikasi sosial. Kontak sosial bukan saja berhubungan dengan fisik, seiring berkembangnya teknologi manusia bisa berhubungan tanpa bersentuhan, seperti menggunakan telepon, telegrap dan lain-lain. Komunikasi bisa didefinisikan apabila seseorang bisa memberikan manfaat pada perilaku orang lain atau perasaan-perasaan yang hendak disampaikan oleh orang tersebut.

Proses Interaksi Sosial

Suatu interaksi sosial pada masyarakat bersumber dari faktor imitasi, sugesti, simpati dan identifikasi dan empati.

  • Imitasi
    Imitasi adalah suatu perbuatan sosial seseorang untuk mengikuti sikap, tindakan, atau perilaku dan penampilan fisik seseorang.
  • Sugesti
    Sugesti adalah rangsangan, pengaruh, atau stimulus yang diberikan seseoragn kepada orang lain sehingga menjalankan apa yang disugestikan tanpa berfikir rasional
  • Simpati
    Simpati adalah suatu sikap seseorang yang merasa tertarik kepada orang lain disebabkan penampilan, kebijaksanaan atau pola pikirnya sesuai dengan nilai-nilai yang dianut oleh orang yang menaruh simpati.
  • Identifikasi
    Identifikasi adalah kehendak sama atau identik bahkan serupa dengan orang lain yang ditiru (idolanya)
  • Empati
    Empati adalah proses ikut serta merawsakan sesuatu yang dialami oleh orang lain. Proses empati seringkali ikut juga merasakan penderitaan orang lain.

Apabila proses interaksi sosial tidak terjadi secara maksimal akan membuat terjadinya kehidupan yang terasing. Faktor yang membuat kehidupan terasing seperti sengaja dikucilkan dari lingkungan, mengalami cacat, pengaruh perbedaan ras dan perbedaan budaya.

Jenis-Jenis Interaksi Sosial

Bentuk atau jenis-jenis interaksi sosial menurut Soerjono Soekanto (2010:64) antara lain:

Asosiatif

Asosiatif tersusun dari kerjasama (cooperation), akomodasi (accomodation). Dalam hal ini kerjasama diartikan sebagai suatu upaya bersama antara orang perorangan atau kelompok manusia untuk meraih satu atau beberapa tujuan bersama. Akomodasi adalah suatu cara untuk menyelesaikan pertentangan tanpa menghancurkan pihak lawan menjadikan lawan tidak kehilangan kepribadiannya.

Disasosiatif

Disasosiatif tersusun atas persaingan (competition), dan kontraversi (contravertion) dan pertentangan (conflict). Persaingan dimaksudkan sebagai suatu proses sosial yang mana individu atau kelompok-kelompok manusia yang bersaing mencari keuntungan pada bidang-bidang kehidupan yang di suatu masa tertentu menjadi pusat perhatian umum (baik secara perseorangan ataupun kelompok manusia.

Dengan cara menarik perhatian umum atau dengan menajamkan prasangka yang sudah ada tanpa menggunakan ancaman atau kekerasan.

Itulah tadi telah dijelaskan tentang Pengertian Interaksi Sosial, Syarat Terjadi, Proses dan Jenisnya semoga bisa bermanfaat untuk kalian. Terimakasih telah mengunjungi blog kami dan jangan lupa untuk membaca artike lainnya.