Pengertian Intranet, Fungsi, Manfaat dan Contohnya (Lengkap)

Pengertian Intranet, Fungsi, Manfaat dan Contohnya (Lengkap) – Dijaman yang modern sekarang ini tentu saja istilah internet tidak asing ditelinga kita. Suatu jaringan intranet merupakan jaringan privat atau privat network yang difungsikan untuk berkomunikasi dan berbagi informasi dalam area tertentu. Agar lebih memahaminya, kesempatan kali ini kami akan menjelaskan tentang intranet, seperti pengertian, fungsi dan contoh intranet. Simak ulasan lengkapnya dibawah ini.

Pengertian Intranet, Fungsi, Manfaat dan Contohnya (Lengkap)

Mari kita bahas pengertian intranet terlebih dahulu dengan seksama.

Pengertian Intranet

Intranet merupakan jaringan komputer yang saling terhubung atau tersambung yang dimanfaatkan oleh suatu sistem organisasi atau lembaga. Definisi lain dari intranet yaitu suatu jaringan komputer yang berbasis protokol TCP/IP, sepertin jaringan internet namun pemakaiannya terbatas atau lebih tertutup apabila tidak semua pengguna atau orang bisa secara mudah mengakses jaringan intranet dan juga hanya orang atau pengguna tertentu saja yang bisa masuk dan memakai jaringan intranet.

Intranet menyambungkan atau mengkomunikasikan komputer satu dengan komputer lain, sama dengan internet tetapi mempunyai batasan pada layanannya, tidak seluas jaringan internet.

Fungsi Intranet

Pada jaringan komputer, intranet berfungsi sebagai penghubung komputer satu dengan komputer yang lain serta pernagkat jaringan yang lain seperti: Switch, server, printer dan access point, namun layanannya terbatas hanya satu lokasi saja.

Manfaat Intranet

Pemakaian intranet di jaringan komputer memiliki banyak keuntungan atau manfaat yang bisa dinikmati oleh user, antara lain sebagai berikut:

  • Bisa meningkatkan produktivitas kerja
  • Bisa meningkatkan kerja sama sebab terdapat sambungan komunikasi antar perangkat
  • Mempermudah komunikasi antar pengguna
  • Meringankan biaya dan waktu
  • Memudahkan mempeorleh informasi dalam lingkup tertentu
  • Pemakaian perangkat secara bersama-sama

Perbedaan Intranet dengan Internet

Berikut adalah perbedaan antara jaringan intranet dengan internet, yaitu:

Jaringan Intranet

  • Bersifat tidak terbuka, maksudnya yang mana hanya bisa diakses oleh orang-orang atau user yang mempunyai akses kepada jaringan intranet
  • Menjangkau luas namun terbatas, maksudnya dimana hanya bisa menjangkau di area-area yang dibutuhkan untuk jaringan intranet saja.

Jaringan Internet

  • Sedangkan untuk jaringan internet bersifat terbuka, maksudnya bisa diakses oleh siapa saja asal bisa tersambung dengan jaringan internet.
  • Menjangkau area yang luas dan tidak terbatas, maksudnya para pengguna bisa mengakses seluruh jaringan di belahan dunia tanpa dibatasi.

https://www.studinews.co.id/2017/11/pengertian-keyboard-jenis-jenis-fungsi.html

Kekurangan Jaringan Intranet

Selain memiliki kelebihan atau manfat, jaringan intranet juga terdapat kekurangan, yaitu:

  • Keamanan data tidak terjaga atau tidak aman
  • Jangkauan area jaringan sangat sempit atau kecil (hanya di satu kantor, sekolah, kampus)
  • Dapat terjadi overload sebab terjadi pengiriman data secara bersamaan.

Contoh Intranet

Adapun contoh jaringan intranet adalah:

  • Jaringan antar komputer di sekolah, di perkotaan, di perusahaan, di area gedung, kampus , dan sebagainya

Itulah penjelasan tentang Pengertian Intranet, Fungsi, Manfaat dan Contohnya (Lengkap), semoga bisa bermanfaat. Terimakasih telah mengunjungi blog kami. Jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.