√ Pengertian Investasi Jangka Panjang, Tujuan, Jenis, Bentuk & Contoh

Pengertian Investasi Jangka Panjang, Tujuan, Jenis, Bentuk & Contoh – Setelah sebelumnya kami membahas tentang investasi jangka pendek, maka kali ini kami akan menjelaskan tentan investas tasi jangka panjang. Yang didalamnya akan dibahas pula pengertian investasi jangka panjang, tujuan, jenis-jenis investasi jangka panjang, bentuk dan contoh dari investasi jangka panjang yang dibahas dengan lengkap dan ringan. Agar mengetahui lebih jelas, sebaiknya simak ulasan lengkapnya dibawah ini dengan seksama.

Pengertian Investasi Jangka Panjang, Tujuan, Jenis, Bentuk & Contoh

Marikita bahas pengertian investasi jangka panjang terlebih dahulu dengan seksama.

Pengertian Investasi Jangka Panjang

Investasi jangka panjang merupakan investasi dimana daya yang dipergunakan akan dijalankan terus dan baru bisa dicairkan jika sudah tiba jangka waktu tertentu yang seringkali paling cepat 1 tahun. Investasi jangka panjang dapat diartikan pula sebagai penanaman beberapa kekayaan modal dari seseorang atau perusahaan kepada perusahan atau personal lain untuk memperoleh penghasilan tetap atau menguasai objek lain tersebut. Terdapat beberapa jenis investasi jangka panjang, yaitu rumah, tanah, saham, obligasi dan lain sebagainya.

Tujuan Investasi Jangka Panjang

Adapun tujuan investasi jangka panjang yaitu antara lain:

  • Sebagai pembentukan dana khusus, seperti dana untuk kepentingan sosial atau kepentingan ekspansi sebuah perusahaan.
  • Mengendalikan dan mengontrol perusahaan atau orang tertentu dengan kepemilikan usaha tersebut.
  • Terjaminnya ketersediaan bahan baku dan pasar untuk produk yang akan dihasilkan
  • Persaingan antar perusahaan sejenis menjadi berkurang
  • Terjalinnya hubungan antar perusahaan
  • Mendapatkan penghasilan pasif di setiap periode, seperti bunga, royalti, deviden atau uang sewa.

Jenis-Jenis Investasi Jangka Panjang

Jenis-jenis dari investasi jangka panjang adalah sebagai berikut:

Emas

Emas adalah logam mulia 99,99% yang sangat berharga dan langka yang keberadaannya sangat diterima semua kalangan. Emas dengan mudah dibentuk atau sering dipergunakan sebagai hiasan. Investasi emas adalah investasi jangka panjang yang aman dan juga menguntungkan.

Dalam keadaan yang tidak menentu, emas mempunyai nilai jual yang stabil dan dianggap sebagai pengganti mata uang tanpa batasan asset yang penting dan aman kapan saja bisa diuangkan ketika dibutuhkan. Nilai tukar US Dollar yang sama dan searah dengan emas, membuat banyak orang yang berinvestasi terhadap emas.

Properti

Bentuk lain dari investasi jangka panjang yaitu investasi berbentuk properti seperti tanah, rumah, ruko, apartemen, kebun dan lain sebagainya.

Saham

Suatu perusahaan bisa memperoleh dana dari para investor dengan cara mengeluarkan atau menerbitkan saham. Tidak sama dengan obligasi, saham merupakan suatu pernyataan dan bukan surat hutang serta tidak memerlukan penebusan penerbitnya.

Reksa Dana

Sebagian investor bisa melakukan investasi tetapi tidak secara langsung, yaitu menggunakan perantara perusahaan reksa dana. Dana yang telah terkumpul dari para investor dalam jumlah yang banyak akan meningkatkan posisi tawar-menawar terhadap perusahaan reksa dana.

Program Pensiun

Perusahaan asuransi di Indonesia telah banyak dan sudah memasarkan serta memperkenalkan produk unggulan yang dipadukan dengan program investasi dana pensiun. Sampai jika sudah tiba masa pensiun, investor akan memperoleh sejumlah dana yang berasal dari hasil pengembangan dari pihak perusahaan asuransi.

Tetapi, investasi program pensiun tidak banyak memperoleh bunga apabila dibanding dengan menabung di suatu bank tertentu yang sifat bunganya lebih besar. Hasil daripada investasi dengan program pensiun juga tidak menentu daripada investasi lain. Besarnya keuntungan dan bunga yang akan diperoleh biasanya tergantung dari besar kecilnya keuntungan yang diperoleh perusahaan asuransi.

Obligasi

Obligasi adalah surat bukti sudah memberikan pinjaman terhadap pihak yang menerbitkan obligasi dan harus dilunasi pada tanggal jatuh temponya. Obligasi juga memiliki hak atas pembagian keuntungan, jika diterima oleh pemegang obligasi yang berbentuk badan, dengan rekarakterisasi sebagai deviden, sebagian keuntungan yang diperoleh tersebut tidak dikenakan pajak.

Asuransi

Asuransi adalah suatu pernjanjian antara tertanggung yaitu dan penanggung yaitu perusahaan asuransi. Asuransi berasal dari kata Insurance yang berarti pertanggungan. Penanggung harus bersedia menanggung sejumlah kerugian yang sangat mungkin terjadi di masa yang akan datang setelah tertanggung sepakat membayar uang tersebut dengan premi.

Pengertian Investasi Jangka Panjang, Tujuan, Jenis, Bentuk, Contoh
Pengertian Investasi Jangka Panjang, Tujuan, Jenis, Bentuk, Contoh Terlengkap

Bentuk Investasi Jangka Panjang

Ada banyak pilihan untuk suatu perusahaan atau perorangan untuk menentukan bentuk investasi jangka panjang. Misalnya dalam bentuk tanah atau bangungan yang disebut dengan investasi properti. Ada pula yang menginvestasikan kedalam tabungan atau deposito, melakukan pembelian saham atau obligasi.

Untuk suatu perusahaan dapat melaksanakan investasi jangka panjang dalam bentuk obligasi atau saham. Apabila dibandingkan, kedua bentuk investasi itu mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing

Contoh Investasi Jangka Panjang

  • Investasi tanah dan bangunan atau investasi properti
  • Emas batangan
  • Dan lain-lain

Itulah telah dijelaskan tentang Pengertian Investasi Jangka Panjang, Tujuan, Jenis, Bentuk & Contoh semoga dapat bermanfaat untuk kalian. Terimakasih telah mengunjungi blog kami, jangan lupa untuk membaca artikel kami lainnya.