Pengertian Jurnal Umum, Fungsi, Tujuan dan Prinsip Dasarnya Lengkap

Pengertian Jurnal Umum, Fungsi, Tujuan dan Prinsip Dasarnya LengkapStudiNews kali ini akan membahas mengenai jurnal umum. Dalam dunia akuntansi, istilah jurnal umum sangatlah tidak asing lagi dan sesuatu hal yang sangat penting. Sebab jurnal umum adalah salah satu tahapan pencatatan dalam siklus akuntansi, yang dijadikan dasar untuk melakukan penghitungan pada tahap selanjutnya.

Pengertian Jurnal Umum, Fungsi, Tujuan dan Prinsip Dasarnya Lengkap

Nah untuk mengetahui lebih jelas mengenai apa itu jurnal umum, kemudian apa fungsinya, tujuan dan juga prinsip dasarnya, maka simaklah penjelasannya sebagai berikut:

Pengertian Jurnal Umum

Berasal dari bahasa perancis yaitu “jour” yang artinya hari. Jurnal umum digunakan untuk mencatat sejumlah transaksi keuangan yang muncul dalam periode waktu tertentu. Jurnal juga dapat diartikan sebagai buku harian yang digunakan perusahaan berisi catatan transaksi yang terjadi secara keseluruhan. Lebih tepat digunakan untuk perusahaan saja.

Adapun pengertian jurnal umum menurut para ahli adalah sebagai berikut:

1. Ahmad Manarul Hakim

Jurnal umum adalah buku harian atau formulir khusus yang digunakan untuk mencatat seluruh transaksi keuangan secara kronologis, dengan mencantumkan urutan tanggal, nama transaki, jenis akun dan nominal saldo di kolom debit ataupun kredit.

2. Wikipedia

Jurnal umum  adalah catatan akuntansi permanen yang digunakan untuk mencatat sejumlah transaksi keuangan perusahaan secara kronologis dengan menyebutkan akun apasaja yang didebit dan akun apasaja yang dikredit.

3. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Jurnal umum merupakan adalah jurnal yang digunakan untuk mencatat transaksi keuangan berdasarkan periode waktu tertentu.

Fungsi Jurnal Umum

Adapun fungsi dari jurnal umum adalah  fungsi historis, fungsi mencatat, fungsi analisis, fungsi instruktif, dan juga fungsi informatif. Berikut penjelasannya:

1. Fungsi Historis

Yakni jurnal umum bisa digunakan sebagai sebuah catatan yang di dalamnya mencatat bukti transaksi keuangan secara berurutan sesuai dengan tanggal terjadinya transaksi.

2. Fungsi Mencatat

Yakni dimanfaatkan sebagai media untuk mencatat transaksi keuangan yang terjadi di dalam suatu perusahaan secara terperinci dan lengkap.

3. Fungsi Analisis

Yakni untuk menganalisis transaksi dan menentukan akun mana yang harus di debit ataupun di kredit.

4. Fungsi Instruktif

Yakni memberi perintah untuk memposting ke buku besar, baik yang di debit ataupun yang di kredit sesuai dengan hasil analisis di jurnal.

5. Fungsi Informatif

Yakni untuk memberikan keterangan seputar transaksi keuangan yang terjadi dalam perusahaan secara jelas dan apa adanya.

Tujuan Jurnal Umum

Adapun tujuan jurnal umum yang dibuat oleh suatu perusahaan dengan tujuan untuk melakukan suatu identifikasi, penilaian, dan juga pencatatan dampak ekonomi yang ditimbulkan dari sejumlah transaksi keuangan.

Pengertian Jurnal Umum, Fungsi, Tujuan dan Prinsip Dasarnya Lengkap

Prinsip Dasar Pembuatan Jurnal Umum

Jurnal umum memiliki prinsip dasar dalam pembuatannya, adapun prinsip dasar pembuatan jurnal umum adalah sebagai berikut:

  1. Melakukan identifikasi bukti transaksi keuangan yang muncul dari transaksi keuangan yang dilakukan perusahaan. Seperti kwitansi, memo, faktur dan lain sebagainya.
  2. Menentukan akun apa saja yang terpengaruh dengan transaksi keuangan yang terjadi. Selanjutnya menggolongkan berdasarkan jenisnya, apakah aktiva, modal, hutang dan lain sebagainya.
  3. Menentukan penambahan atau pengurangan terhadap akun yang berkaitan dengan transaksi tersebut.
  4. Kemudian tentukan, apakah harus mendebit ataukah menkredit akun yang berkaitan dengan transaksi tersebut.
  5. Yang terakhir adalah catat transaksi ke dalam jurnal umum berdasarkan bukti transaksi keuangan yang dimiliki oleh perusahaan.

Demikianlah penjelasan kita kali ini mengenai Pengertian Jurnal Umum, Fungsi, Tujuan dan Prinsip Dasarnya Lengkap. Semoga bisa menambah pengetahuan kita dan dapat bermanfaat untuk kita semua. Sekian dan terimakasih 🙂