18 Pengertian Kearifan Lokal Menurut Para Ahli (Lengkap)

Posted on

18 Pengertian Kearifan Lokal Menurut Para Ahli (Lengkap) – Para pembaca yang saya banggakan pada kesempatan kali ini Studi News akan membahas pengertian dari kearifan lokan yang mana berdasarkan oleh pendapat para ahlinya. Tanpa berlama-lama mari kita langsung saja menyimak pembahsannya dibawah ini.

18 Pengertian Kearifan Lokal Menurut Para Ahli (Lengkap)

Berikut merupakan pengertian kearifan lokal menurut pendapat para ahlinya

1.. Wikipedia

Dikutip dari Wikipedia yang menjelaskan bahwa Kearifan lokal yaitu termasuk dalam salah satu bagian dari budaya suatu masyarakat yang mana tidak bisa dipisahkan oleh bahasa masyarakat itu sendiri.

Kearifan lokal biasanya diwariskan secara turun temurun dari satu generasi ke generasi melalui cerita dari mulut ke mulu

2. Nasiwan dkk

Menurut pendapat dari Nasiwan dkk bahwa Kearifan lokal yaitu suatu kebijaksanaan maupun nilai-nilai luhur yang mana terkandung pada kekayaan-kekayaan budaya lokal seperti pada tradisi, petatah-petitih serta semboyan hidup.

3. Rosidi

Menurut pendapat nya yaitu suatau hasil terjemahan yang besrasal dari local genius yang diperkenalkan pertama kali oleh Quaritch Wales tahun 1948-1949 yang mana arti dari kemampuan kebudayaan setempat unutk menghadapi pengaruh kebudayaan asing pada saat kedua kebudayaan itu berhubungan.

4. Sedyawati

Kearifan lokal menurut Sedyawati yaitu sebagai kearifan pada kebudayaan tradisional suku-suku bangsa.

Dalam arti luas kearifan lokal disini tidak hanya berupa norma-norma serta nilai-nilai budaya, akan tetapi juga segala unsur gagasan, yang termasuk dalam implikasi pada teknologi, penanganan kesehatan, serta pada estetika.

5. Sibarani

Menurut pendapat dari sibrani bahwa Kearifan lokal yaitu bentuk pengetahuan asli yang ada pada masyarakat yang asalnya dari nilai luhur budaya masyarakat setempat dalam mengatur tatanan kehidupan masyarakat maupun disebut dengan kearifan lokal.

6. Phongphit dan Nantasuwan

Mereka menjelaskan bahwa Kearifan lokal yaitu sebagai pengetahuan yang mana berdasarkan sebuah pengalaman masyarakatdan turun-temurun antargenerasi.

7. Kongprasertamorn

Beliau mengemukakan bahwa Kearifan lokal merupakan pengetahuan yang mana menjadi aturan pada kegiatan sehari-hari masyarakat pada saat berhubungan dengan keluarga, tetangga, masyarakat lain serta pada lingkungan sekitar.

8. Quaritch Wales

ia menjelaskan bawh Kearifan lokal yaitu termasuk dalam salah satu kemampuan budaya setempat untuk menghadapi pengaruh kebudayaan asing pada waktu kedua kebudayaan itu berhubungan.

9. Apriyanto

Disini aprianto berpendapat bahwa Kearifan lokal yatiu berbagai sesuatu nilai yang diciptakan, dikembangkan serta dipertahankan dari masyarakat yang mana menjadi sebuah pedoman hidup mereka.

10. Warigan

Disini Warigan juga berpendapat bahwa berbagai nilai-nilai yang terdapat pada kearifan lokal di Indonesia telah terbukti turut menentukan kemajuan masyarakatnya.

11. S. Swars

Ia menjelaskan bahwa Kearifan lokal yaitu kebijaksanaan manusia yang mana bersandarkan atsa filosofi nilai-nilai, etika, cara-cara, serta perilaku yang melembaga secara tradisional.

12. Mariane

Menuurt Mariane Kearifan lokal merupakan nilai yang dianggap baik dan juga benar sehingga bisa bertahan pada waktu yang lama, dan bahkan melembaga.

13. Haryati Soebadio

Beliau mengemukakan bhwa Kearifan lokal merupakan sebuah identitas maupun kepribadian budaya bangsa yang mana hal ini menyebabkan bangsa ini mampu menyerap serta mengolah kebudayaan asing yang dengan sesuai watak dan kemampuan sendiri.

14. Rahyono

Kearifan lokal menurut pendapat Rahyono yaitu salah satu kecerdasan manusia yang mana hal ini dimiliki oleh kelompok etnis tertentu yang didapatkan melalui pengalaman masyarakat.

15. Paulo Freire

Kearifan lokal menurut pendapat Paulo Freira ialah sebuah pendidikan yang mana dalam hal ini mengajarkan peserta didik agar selalu konkret dengan apa yang sedang mereka hadapi.

18 Pengertian Kearifan Lokal Menurut Para Ahli (Lengkap)

16. Al Musafiri, Utaya & Astina

Kearifan lokal menurut pendapat mereka yakni sesuatu yang berperan dalam mengurangi dampak globalisasi yang dilakukan dengan cara menanamkan nilai-nilai positif kepada remaja.

17. Sartini

Disini sartini berpendapat bahwa Kearifan lokal yaitu termasuk dalam berbagai hal yang bisa untuk dipahami sebagai gagasan-gagasan setempat yang mana sifatnya ini bijaksana, penuh kearifan, bernilai baik, sehingga tertanaman serta diikuti oleh para anggota masyarakatnya.

18. Tjahjono et al

Kearifan lokal menurut pendapat dari Tjahjono et al yang merupakan  suatu sistem nilai serta norma yang disusun, dianut, dipahami dan juga diaplikasikan pada masyarakat lokal yang mana hal ini berdasarkan atas pemahaman serta pengalaman mereka untuk berinteraksi dengan lingkungan.

Demikian penjelasan dari kami mengenai 18 Pengertian Kearifan Lokal Menurut Para Ahli (Lengkap). Semoga dengan adanya artikel ini dapat membatu anda dan menambah wawasan anda.