Pengertian Kelompok Sosial, Ciri, Jenis dan Contohnya (Lengkap)

Pengertian Kelompok Sosial, Ciri, Jenis dan Contohnya (Lengkap) – Definisi kelompok sosial merupakan suatu kumpulan manusia yang mempunyai keasaran bersama terhadap keanggotaan dan saling melakukan interaksi. Untuk lebih detailnya pada kesempatan kali ini StudiNews.Com akan menjelaskan tentang pengertian, ciri-ciri, jenis dan contoh kelompok sosial dengan lengkap dan mudah dipahami. Agar lebih detailnya silakan simak ulasan dibawah ini dengan seksama.

Pengertian Kelompok Sosial, Ciri, Jenis dan Contohnya (Lengkap)

Mari kita bahas pengertian kelompok sosial dengan seksama.

Pengertian Kelompok Sosial

Pengertian kelompok sosial yaitu kumpulan individu-individu yang mempunyai pola tingkah laku tertentu dan melakukan intearaksi yang berkaitan antara satu dengan yang lainnya, menjadikan mereka timbul perasaan bersama dan juga memiliki hubungan yang erat.

Individu yang ikut dalam kelompok sosial pada umumnya ada kesamaan kegiatan yang umum, berinteraksi, dan juga memiliki perasaan yang membentuk semua secara terorganisir.

Kumpulan individu tersebut secara bersama-sama dan memiliki hubungan yang sifatnya timbal balik. Selain itu, mereka juga mempunyai kesadaran terhadap anggotanya.

Pengertian Kelompok Sosial Menurut Para Ahli

  1. Wikipedia
    Dalam Wikipedia definisi kelompok sosial yaitu kumpulan manusia yang memiliki kesadaran bersama akan keanggotaan dan saling berinteraksi.
  2. George Homans
    Kemudian George Homans juga mendefinisikan kelompok sosial adalah individu yang melakukan, interaksi, dan memiliki perasaan untuk membentuk suatu keseluruhan yang terorganisasi dan berhubungan timbal balik.
  3. Paul B. Horton dan Chester L Hunt
    Paul B. Horton dan Chester L Hunt juga mengemukakan kelompok sosial adalah sebagai kumpulan manusia yang memiliki kesadaran akan keanggotaanya dan saling berinteraksi.
  4. Soerjono Soekanto
    Soerjono Soekanto mengartikan kelompok sosial sebagai himpunan atau kesatuan manusia yang hidup bersama karena saling berhubungan di antara mereka secara timbal balik dan saling mempengaruhi.

Ciri-Ciri Kelompok Sosial

Soerjono Soekanto menyatakan suatu himpunan manusia atau yang disebut sebagai kelompok sosial mempunyai ciri ciri sebagai berikut:

  • Masing-masing anggota kelompok harus mempunyai kesadaran bahwa dia adalah sebagian dari kelompok yang bersangkutan.
  • Terdapat hubungan timbal balik dari anggota yang satu dengan anggota lain
  • Terdapat sebuah faktor yang sama-sama dimiliki, menjadikan hubungan antara mereka bertambah dekat, seperti nasib yang sama, kepentingan yang sama, tujuan yang sama, ideologi politik yang sama dan lain sebagainya.
  • Bestruktur, berkaidah dan memiliki pola perilaku
  • Memiliki sistem dan proses
  • Mempunyai struktur sosial menjadikan kelangsungan hidup kelompok bergantung pada kesungguhan anggotanya dalam menjalankan peran
  • ada norma-norma yang mengatur hubungan antara para anggotanya
  • Mempunyai kepentingan bersama

Jenis Kelompok Sosial

Robert Bierstedt menyatakan bahwa kelompok sosial mempunyai banyak jenis dan diklasifikasikan menurut ada tidaknya organisasi, hubungan sosial antar kelompok, dan kesadaran jenis. Berikut penjelasannya.

  1. Kelompok Statistik

    Adalah kelompok yang bukan organisasi, tidak mempunyai hubungan sosial dan kesadaran jenis antara lain seperti kelompok penduduk di kecamatan dengan umur 5-10 tahun

  2. Kelompok Kemasyarakatan

    Adalah kelompok yang mempunyai persamaan namun tidak memiliki organisasi dan hubugan sosial antara anggotanya

  3. Kelompok Sosial

    Adalah kelompok yang anggotanya mempunyai kesadaran jenis dan berkaitan dengan satu sama lainnya, namun tidak terikat dalam ikatan organisasi.

  4. Kelompok Asosiasi

    Adalah kelompok yang anggotanya memiliki kesadaran jenis dan terdapat persamaan kepentingan pribadi ataupun kepentingan bersama. Dalam asosiasi para anggotanya menjalankan hubungan sosial, kontak dan komunikasi serta mempunyai ikatan organisasi formal.

Pengertian Kelompok Sosial, Ciri-Ciri, Jenis, Contoh

Contoh Kelompok Sosial

Adapun contoh dari kelompok sosial antara lain:

  • Komunitas pecinta Google
  • Remaja Masjid
  • Karang Taruna
  • Pecinta Alam
  • Sosial Arisan Ibu-Ibu
  • Fans artis
  • Dan lain sebagainya

Itulah penjelasan saya tentang Pengertian Kelompok Sosial, Ciri, Jenis dan Contohnya (Lengkap), semoga bisa membantu kalian yang sedang mencari materi tersebut. Terimakasih telah berkunjung di blog kami dan jangan lupa untuk membaca artikel bermanfaat lainnya.