√ Pengertian Kinerja, Karakteristik, Faktor dan Tujuannya (Lengkap)

Posted on

Pengertian Kinerja, Karakteristik, Faktor dan Tujuannya (Lengkap) – Jika kamu bekerja di suatu perusahaan sebagai seorang karyawan, pasti istilah kinerja sudah tidak asing lagi. Sebab perusahaan umumnya akan memantau dan menilai kinerja para karyawannya secara rutin.

Nah lalu apa sih pengertian kinerja, karakteristiknya, faktor dan tujuannya. StudiNews akan membahasnya, maka simaklah penjelasannya sebagai berikut:

Pengertian Kinerja, Karakteristik, Faktor dan Tujuannya Lengkap

Kita akan terlebih dahulu membahas mengenai pengertian kinerja.

Pengertian Kinerja

Kinerja berasal dari kata “job performance” yang berarti  prestasi kerja yang dicapai oleh seseorang. Kinerja adalah hasil kerja secara kualitas dan kuantitas, yang dicapai oleh seorang karyawan dalam melaksanakan tanggung jawab yang diberikan kepadanya. Adapun pengertian kinerja menurut para ahli adalah:

1. Luthans (2005)

Kinerja adalah kualitas atau kuantitas yang dihasilkan atau jasa yang diberikan oleh seseorang yang melakukan pekerjaan.

2. Nurlaila (2010)

Kinerja adalah hasil atau keluaran dari suatu proses.

3. Rivai dan Basri (2005)

Kinerja merupakan tingkat keberhasilan seseorang secara keseluruhan dalam melakukan tugasnya selama periode tertentu. Yang dibandingkan dengan sejumlah kemungkinan seperti target yang telah ditentukan, standar hasil kerja, dan lain sebagainya.

4. Dessler (2000)

Kinerja adalah suatu prestasi kerja atau perbandingan antara hasil kerja dengan standar yang telah ditetapkan.

Baca Juga:  √ Pengertian Ceramah, Jenis, Komponen dan Metodenya (Lengkap)

Karakteristik Kinerja

Adapun karakteristik orang yang memiliki kinerja tinggi menurut Mangkunegara (2002) adalah sebagai berikut:

  1. Berani mengambil resiko.
  2. Memiliki tanggung jawab pribadi yang sangat tinggi.
  3. Mempunyai tujuan atau target yang realistis.
  4. Memanfaatkan umpan balik (feedback) yang konkrit dalam seluruh kegiatan yang dilakukannya.
  5. Mempunyai rencana kerja yang menyeluruh serta berjuang untuk mewujudkan tujuannya.
  6. Mencari kesempatan untuk mewujudkan rencana yang telah ia program.

Faktir-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kinerja seseorang, diantaranya adalah

1. Efektifitas

Jika seseorang melakukan sesuatu , dan tujuannya tercapai maka kegiatan tersebut dapat dikatakan berjalan dengan efektif.

2. Otoritas (Wewenang)

Otoritas adalah sifat dari suatu komunikasi dalam organisasi formal yang dimiliki seorang anggota organisasi kepada anggota yang lain untuk melakukan kegiatan kerja sesuai dengan kontribusinya.

3. Disiplin

Menurut Prawirosentono, disiplin berarti taat terhadap aturan yang berlaku dan juga taat pada hukum. Sehingga dengan demikian, disiplin karyawan berarti karyawan harus menghormati dan menaati perjanjian kerja dengan perusahaan tempat ia kerja.

4. Inisiatif

Inisiatif berarti berkaitan dengan daya pikir dan kreativitas dalam membentuk ide untuk merencanakan sesuatu yang berkaitan dengan keperluan perusahaan.

Pengertian Kinerja, Karakteristik, Faktor dan Tujuannya

Tujuan Evaluasi Kinerja

Evaluasi kinerja dapat dilakukan karena ada beberapa tujuan tertentu. Secara umum, tujuan dari evaluasi kinerja karyawan adalah untuk memperbaiki atau meningkatkan kinerja perusahaan. Sedangkan menurut Agus Sunyoto, secara spesifik, tujuan evaluasi kinerja adalah sebagai berikut:

  1. Menciptakan suatu kondisi yang saling pengertian diantara karyawan tentang persyaratan kinerja.
  2. Memberikan peluang kepada para karyawan untuk menceritakan keinginan dan aspirasinya serta meningkatkan kepedulian terhadap karir atau pekerjaan yang dimilikinya sekarang.
  3. Mencatat serta mengakui prestasi kerja para karyawan, sehingga mereka terdorong untuk berbuat yang lebih baik, atau setidaknya mempertahankan prestasi mereka.
  4. Merumuskan kembali target perusahaan di masa depan, sehingga para karyawan terdorong untuk berprestasi sesuai dengan potensinya.
  5. Memeriksa rencana pelaksanaan dan pengembangan yang sesuai dengan kebutuhan pelatihan serta menyetujuinya apabila tidak ada hal-hal yang perlu diubah.
Baca Juga:  √ Pengertian Kompetensi, Jenis, Manfaat dan Faktornya (Lengkap)

Demikianlah penjelasan kita kali ini mengenai Pengertian Kinerja, Karakteristik, Faktor dan Tujuannya (Lengkap). Semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan dan wawasanmu khususnya mengenai kinerja. Sekian dan terimakasih 🙂